Kamis, 5 September 2019 - 08:01 WIB

Wakil Ketua Pansus Tatib DPRD Pasaman, Yulisman

Wakil Ketua Pansus Tatib DPRD Pasaman, Yulisman

DPRD Pasaman Targetkan Pembahasan Tatib Satu Bulan Tuntas

Pasaman, – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman membentuk Panitia Khusus (Pansus) Tata Tertib DPRD. Pansus yang berjumlah sekitar 18 orang anggota ini diharapkan secepatnya merampungkan Tatib DPRD.

Pansus Tatib terbentuk dalam rapat paripurna internal DPRD Pasaman, Rabu 4 September 2019 siang hingga berakhir sore. Pansus Tatib diketuai Bona Lubis, Wakil Ketua, Yulisman dan Sekretaris, Jusran.

“Dengan terbentuknya Panitia khusus ini kita berharap Tata Tertib DPRD segera terbentuk. Tata tertib DPRD ini sangat penting karena sebagai dasar bagi pembentukan alat perlengkapan dewan dan ketugasannya” kata Wakil Ketua Pansus Tata Tertib DPRD Pasaman, Yulisman ketika dikonfirmasi, Kamis (5/9).

Pansus Pembahas Tata Tertib DPRD ini segera bekerja setelah SK dari pimpinan. Rapat perdana akan dilaksanakan besok pagi, Jumat 6 September 2019.

Dalam rapat tersebut nanti, kita akan membicarakan jadwal rapat-rapat selanjutnya. Dan target penyelesain dari Tatib itu sendiri. “Kita menargetkan paling lama satu bulan pembahasan Tatib tuntas, tapi kalau bisa cepat kenapa harus lambat. Sebab, masih banyak tugas-tugas lain yang akan dilaksakan” tegasnya.

Menurut Yulisman yang juga Ketua Fraksi PAN DPRD Pasaman ini, pembahasan Tata Tertib ini berpedoman kepada Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang penyusunan tata tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota, UU nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, majelis permusyawaratan rakyat, dewan perwakilan rakyat, DPD, DPRD.

Tata Tertib DPRD Pasaman itu nanti memuat hal-hal antara lain, fungsi tugas dan wewenang DPRD, keanggotaan DPRD, alat kelengkapan DPRD, rencana kerja DPRD, pelaksanaan hak DPRD dan anggota DPRD.

Kemudian, persidangan dan rapat DPRD, pengambilan keputusan, pemberhentian serta pergantian antar waktu dan pemberhentian, fraksi, kode etik, konsultasi DPRD, pelayanan atas aspirasi masyarakat.

(Darlin)

Artikel ini telah dibaca 280 kali

loading...
Baca Lainnya

Jual ‘Canang’ ! Wanita Dianiaya Bos Villa Kubu Dituduh Gelapkan Rp 7,1 M

Denpasar – Dikatakan telah dilaporkan menggelapkan uang perusahaan mencapai Rp 7,1 miliar dalam pemberitaan, seorang...

Made Widyastuti Pramesti saat membuat canang. (Deliknews.com)

4 Juli 2020, 21:09 WIB

Ormas Islam dan LKAAM Pasaman Tolak RUU HIP

Pasaman, – Pimpinan Ormas lslam dan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Pasaman Provinsi...

 Pimpinan Ormas Islam dan LKAAM Pasaman sampaikan pernyataan penolakan terhadap RUU HIP di halaman Masjid Raya Pauh, Lubuk Sikaping, Jum'at 3 Juli 2020.

4 Juli 2020, 20:00 WIB

Sembako PDAM Badung untuk Warga Terdampak Banjir Akhirnya Terealisasi

Denpasar – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Mangutama, Kabupaten Badung (PDAM Badung) akhirnya merealisasikan bantuan...

Penyerahan bantuan paket sembako PDAM Badung untuk warga. (Deliknews.com)

4 Juli 2020, 08:16 WIB

Ketua DPRD Nisel : 1 Bendera Dibakar, Sejuta Bendera Berkibar

Nias Selatan, Deliknews.com – Insiden Pembakaran bendera PDI Perjuangan beberapa waktu lalu, 1 (satu) bendera...

3 Juli 2020, 19:00 WIB

Safari Jum’at, Kapolsek Sikakap Silaturrahmi dan Sosialisasi

Kepulauan Mentawai, – Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, SH melakukan safari Jum’at di Masjid Raya...

3 Juli 2020, 13:59 WIB

Dukcapil Pasaman Wujudkan Masyarakat Tertib Administrasi

Pasaman, – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pasaman terus bersinergi dalam mewujudkan masyarakat...

3 Juli 2020, 13:14 WIB

loading...