Kamis, 5 September 2019 - 18:52 WIB

Rapat Evaluasi Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) di Kantor Balai Penyuluh Pertanian Lubuk Sikaping, Kamis (5/9).

Rapat Evaluasi Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) di Kantor Balai Penyuluh Pertanian Lubuk Sikaping, Kamis (5/9).

Penggunaan Pupuk Bersubsidi di Pasaman Bila Diluar Ketentuan Dijatuhi Sanksi Hukum

Pasaman, – Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis yang diwakili Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Ir . Yuspi menyebutkan setiap tindakan diluar ketentuan terhadap penyelewengan dan penggunaan Pupuk Bersubsidi akan dapat dijatuhi sanksi hukum sesuai peraturan dan perundangan.

Hal ini ia sampaikam ketika membuka resmi Rapat Evaluasi Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) di Kantor Balai Penyuluh Pertanian Lubuk Sikaping, Kamis (5/9).

Turut hadir Kepala Satpol PP dan Damkar Pasaman, Sekretaris Pertanian Azwardi, Kabag OP Polres Pasaman, Kepala dan Penyuluh Pertanian Kecamatan  se Pasaman, Distributor Pupuk, Penyalur / Kios Pupuk dan Instansi terkait.

Yuspi yang membacakan amanat Bupati Pasaman menyebutkan, peranan Pertanian bukan saja untuk ketahanan pangan wilayah dan nasional, tetapi juga memberikan pengaruh besar terhadap PDRB Kabupaten Pasaman serta sebagai lahan lapangan kerja untuk tujuh puluh 70% lebih penduduk Pasaman.

BACA JUGA : Dokter dan Ambulans Tak Ada Ditempat, Keluarga Pasien Ngamuk

LSM Fopbindo Desak Bupati Pasaman Evaluasi Kepala SD dan SMP

Kesediaan Pupuk salah satu faktor yang mempengaruhi terhadap pengembangan dan produktifitas pangan, sebagian besar terserap untuk padi sawah dengan luas sebesar 21.581 hektar dengan luas pertanaman untuk tahun 2018 mencapai 44. 938 hektar.

“Sesuai dengan peraturan Menteri Perdagangan No. 21 Tahun 2008 telah menetapkan Pupuk Bersubsidi harus di distribusikan dengan sistem tertutup, sistem ini berprinsip bukanlah barang / Komuditas Dagang, untuk itu penyaluranya atau penggunaanya dan lokasinya di atur dan diawasi sedemikian rupa yang diatur dengan peraturan menteri Pertanian, Gubernur, dan Bupati pada setiap tahunya,” kata Yuspi.

Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman mengharapkan kerjasama dan manajemen penyaluran yang baik dengan mitra kerja Pupuk Iskandar Muda (PIM) Aceh dan Petrokimia sebagai perusahaan BUMN yang di tugaskan  Pemerintah untuk mendistribusikan pupuk bersubsidi di Kabupaten Pasaman.

Pemerintah Kabupaten Pasaman telah membentuk Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) sesuai dengan Surat menteri Pertanian RI nomor : 140/SR-130/ M/5/2013 tertanggal 27 Mei 2013.

KP3 dijabat oleh Bupati Pasaman, dan KP3 terdiri dari tiga bagian, Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida, Tim Pengawas, dan Tim Verifikasi.

Sekeretaris Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman Azwardi menyebutkan rapat evaluasi  monitoring pendistribusian Pupuk dan Pestisida berharap tercipta Pendistribusian Pupuk yang tepat sasaranya.

Jadwal rapat monitoring hasil  pengawasan terhadap pendistribusian Pupuk dan pestisida tersebut dilakukan pengawasan sekali Enam bulan.

Kemudian pengelola pendistribusian Pupuk dan Pestisida di Kabupaten Pasaman sebanyak 6 Distributor dan  Penyalur / Kios sebanyak 80 buah  yang aktif. Merek Pupuk yang ada di Kabupaten Pasaman sudah terbagi di masing perusahaan, Iskandar Muda menyediakan Pupuk merek Urea dengan 3 orang  Distributor dan Petrokimia menyediakan merek MPK, Podska, SP 36 dan ZA, dengan 3 orang  Distributor.

(Darlin/hm)

Artikel ini telah dibaca 328 kali

loading...
Baca Lainnya

Tiga Hari Operasi Zebra, Satlantas Pasaman Keluarkan 90 Lembar Tilang

Pasaman, – Memasuki hari ketiga Operasi Zebra Singgalang 2020, Satlantas Polres Pasaman sudah mengeluarkan 90...

29 Oktober 2020, 23:44 WIB

Reuni Perak SMANTIQ Kupang ’95, Sahabat Sepanjang Masa Bersama Kita Satu

Kupang – Alumni siswa SMA Negeri 3 (SMANTIQ) Kupang angkatan 1995 mengadakan baksos dan bantuan...

29 Oktober 2020, 23:25 WIB

Polres Payakumbuh dan 50 Kota Gagalkan Peredaran 135 Kg Ganja

Sumbar, – Polres Payakumbuh beserta Polres 50 Kota berhasil menggagalkan peredaran 135 Kg ganja kering...

Konferensi Pers Dirnarkoba Polda Sumbar Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro, S.Ik didampingi Wadirnarkoba AKBP Fery Herlambang, S.Ik beserta Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira, S.Ik dan Kapolres 50 Kota AKBP Trisno Eko Santoso, S.Ik, Kamis (29/10/20).

29 Oktober 2020, 23:08 WIB

Ribuan Masyarakat Padati Lapangan Bola Kecamatan Amandraya

Nias Selatan, Deliknews.com – Ribuan masyarakat Kecamatan Amandraya menghadiri pengukuhan Tim Kampanye dan Tim Relawan...

29 Oktober 2020, 16:26 WIB

KPU Nisel Gelar Sosialisasi PKPU Nomor 8 Tahun 2017

Nias Selatan, Deliknews.com – KPU Kabupaten Nias Selatan menggelar Sosialisasi Pendaftaran pemantau pemilihan, lembaga survei...

28 Oktober 2020, 19:11 WIB

Kapolresta Tangerang Dorong Generasi Muda Jadi Pelopor Ini

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mendorong generasi muda untuk senantiasa...

28 Oktober 2020, 19:02 WIB

loading...