Kamis, 19 September 2019 - 14:23 WIB

KESBANGPOL TUBAN GELAR SOSIALISASI DAN FASILITASI FKDM KABUPATEN TUBAN

TUBAN – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tuban menggelar Sosialisasi dan Fasilitasi Forum Kewaspadaan Dini dan Masyarakat (FKDM) Kabupaten Tuban tahun 2019 di Ruang RH. Ronggolawe Setda Tuban, Rabu (18/09/2019).

Kegiatan Forum Kewaspadaan Dini dan Masyarakat (FKDM) Kabupaten Tuban yang diikuti 180 peserta terdiri Camat se-kabupaten Tuban, FKUB dan FKDM Kabupaten Tuban, Tokoh agama, masyarakat dam pemuda se-kabupaten Tuban.

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Tuban, Didik Purwanto, S.Pd., M.Si. mengungkapkan kegiatan tersebut wujud dari implementasi Permendagri no. 2 tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah. Selain itu, sebagai bentuk pembinaan kepada FKDM di tingkat Kabupaten dan Kecamatan.

“Sehingga dapat meningkatkan peran FKDM dalam pembangunan kabupaten Tuban. FKDM Kabupaten Tuban diharapkan dapat meminimalisir terjadinya pontesi ancaman ketentraman masyarakat melalui upaya-upaya strategis. Pertama, meningkatkan sumber daya manusia FKDM. Kedua, menjalin komunikasi dan koordinasi bersama stakeholder” ujar Didik Purwanto, S.Pd., M.Si.

Selanjutnya, terus lakukan pengumpulan data sehingga mampu mengambil langkah pencegahan. Masyarakat Bumi Wali relatif aman dan kondusif. Meski demikian, harus memperhatikan berbagai potensi terjadinya konflik maupun disintegrasi.  Di samping itu, masyarakat Kabupaten Tuban tergolong heterogen sehingga perlu diciptakan pola pikir yang bijak untuk menyikapi perbedaan.

Potensi dan kerawanan sosial merupakan hal inheren dalam kehidupan bermasyarakat. Perlu dilakukan cegah dini dan upaya preventif lainnya. Selain itu, harus menjalin komunikasi yang intens dengan maksud menjaga masyarakat yang kondusif, pungkasnya.

Sementara itu, Ketua FKDM Kabupaten Tuban, Letkol. Inf. (Purn) Ibung Sukarjo menyatakan bahwa sebagai upaya pencegahan dan kewaspadaan dini perlu partisipasi masyarakat untuk menjaga ketertiban lingkungan masing-masing.

Tidak hanya itu, kehadiran Pemkab Tuban mendorong peningkatan kesadaran masyarakat tentang Kewaspadaan dini. Hal ini sejalan tema yang diangkat yaitu Sinergitas Peningkatan Kewaspadaan Dini Masyarakat di tingkat Kecamatan.

Pada kesempatan ini, peserta akan mendapat pemahaman tentang Permendagri no. 2 tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini. Adapun narasumber pada kegiatan ini anggota FKDM Provinsi Jawa Timur; Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Tuban dan Ketua FKDM Kabupaten Tuban. (jat)

Artikel ini telah dibaca 595 kali

loading...
Baca Lainnya

PWI Tuban Menggelar Diskusi Politik, Pandangan 3 Paslon Pilkada Tuban

Tuban – Diskusi politik yang di prakarsai oleh PWI Tuban di ikuti 3 Pasangan Calon...

27 Oktober 2020, 14:48 WIB

Koramil 0811/20 Grabakan Diresmikan Pangdam V Brawijaya

Tuban – Bupati Tuban, H. Fathul Huda mendampingi Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Widodo Iriansyah...

20 Oktober 2020, 22:54 WIB

SIG Serahkan Hadiah Ibadah Umrah kepada Pengemudi Berprestasi

Gresik – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) memberikan apresiasi atas kinerja pengemudi ekspeditur yang...

7 Oktober 2020, 20:23 WIB

Agung Supriyanto Sebut Peran Jurnalis Bisa Menentukan Karir Seorang Politisi

Tuban – Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Agung Supriyanto menggelar silaturahmi dan ngopi bareng bersama...

4 Oktober 2020, 00:01 WIB

Pengcab IWbA Tuban Menyiapkan 1 Atlet Perkuat Kontingen Jatim di PON 2021

Tuban – Rapat pengurus Cabang (Pengcab) Indonesia Woodball Association (IWbA) Kabupaten Tuban melakukan penyegaran pengurus...

30 September 2020, 16:59 WIB

SIG Kerjasama dengan Balitjestro Budidayakan Tanaman Buah di Lahan Green Belt Pabrik Tuban

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) bekerjasama dengan Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan...

28 September 2020, 15:50 WIB

loading...