Jumat, 20 September 2019 - 18:20 WIB

DPRD Kabupaten Blitar Umumkan Nama Fraksi dan Pimpinan DPRD Periode 2019-2024

Blitar.deliknews – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar gelar rapat Paripurna kusus guna mengumumkan sejumlah nama – nama yang tergabung dalam fraksi di lembaga dewan.

Dipimpin ketua sementara, Suwito Saren Satoto, Sidang ini digelar Jumat (20/9/2019) di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, jalan Kota Baru, Kanigoro, Kabupaten Blitar.

Suwito mengatakan, paripurna khusus internal dewan ini memiliki dua agenda yakni penyampaian nama-nama unsur pimpinan dan anggota fraksi dan pengumuman nama-nama calon pimpinan dewan yang diusulkan dari masing-masing tiap partai peraih kursi terbanyak, kemudian dikirimkan kepada Gubernur Jawa Timur.

Adapun susunan fraksi tersebut yakni Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan ketua Sugeng Suroso dengan jumlah 19 kursi, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan ketua Idris Marbawi 9 kursi, Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) dengan ketua Andi Wibowo 6 kursi.

Kendati demikian, ada sejumlah Parpol yang harus bergabung karena tak bisa membentuk fraksi sendiri, seperti Partai Demokrat 2 kursi bergabung dengan Partai Golongan Karya (Golkar) 3 kursi yang diketuai Suswati dari Partai Golkar, total 5 kursi. Lalu, Fraksi Gerakan Pembangunan Nasional terdiri dari Partai Gerindra 6 kursi, PPP 1 kursi, Nasdem 2 kursi dan PKS 1 kursi, diketuai oleh Sugianto dari Partai Gerinda

“Dari nama – nama yang telah diusalkan tadi, selanjutnya akan kita usulkan ke Gubenur Jawa Timur untuk ditetapkan,” ungkap Suwito.

“Selain nama – nama fraksi juga ada daftar calon pimpinan yakni, Ketua dari PDIP dipilih Suwito Saren Satoto. Disusul wakil ketua dari PKB Abdul Munib, PAN Susi Narulita, dan Gerindra Mujib,” sambungnya.

Lebih lanjut, setelah penyampaian nama – nama anggota fraksi beserta pimpinannya dan juga calon pimpinan DPRD, maka kata dia kurang lebih sekitar satu minggu untuk memproses pendefinitifan dari Gubenur.

Diterangkan juga, setelah dilakukan pengesahan pimpinan dan anggota fraksi hingga pimpinan dewan, pihaknya baru bisa melakukan pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD).

“Setelah itu baru bisa membentuk AKD dan melakukan aktivitas untuk penyempurnaan,” pungkas Suwito. (*)

Artikel ini telah dibaca 28348 kali

loading...
Baca Lainnya

PWI Tuban Menggelar Diskusi Politik, Pandangan 3 Paslon Pilkada Tuban

Tuban – Diskusi politik yang di prakarsai oleh PWI Tuban di ikuti 3 Pasangan Calon...

27 Oktober 2020, 14:48 WIB

Koramil 0811/20 Grabakan Diresmikan Pangdam V Brawijaya

Tuban – Bupati Tuban, H. Fathul Huda mendampingi Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Widodo Iriansyah...

20 Oktober 2020, 22:54 WIB

SIG Serahkan Hadiah Ibadah Umrah kepada Pengemudi Berprestasi

Gresik – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) memberikan apresiasi atas kinerja pengemudi ekspeditur yang...

7 Oktober 2020, 20:23 WIB

Agung Supriyanto Sebut Peran Jurnalis Bisa Menentukan Karir Seorang Politisi

Tuban – Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Agung Supriyanto menggelar silaturahmi dan ngopi bareng bersama...

4 Oktober 2020, 00:01 WIB

Pengcab IWbA Tuban Menyiapkan 1 Atlet Perkuat Kontingen Jatim di PON 2021

Tuban – Rapat pengurus Cabang (Pengcab) Indonesia Woodball Association (IWbA) Kabupaten Tuban melakukan penyegaran pengurus...

30 September 2020, 16:59 WIB

SIG Kerjasama dengan Balitjestro Budidayakan Tanaman Buah di Lahan Green Belt Pabrik Tuban

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) bekerjasama dengan Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan...

28 September 2020, 15:50 WIB

loading...