Rabu, 25 September 2019 - 16:53 WIB

Antisipasi Penyakit ISPA Akibat Kabut Asap, Dinkes Bersama BPBD Nisel Bagikan Masker

Nias Selatan, Deliknews – Untuk mencegah timbulnya penyakit Infeksi Pencernaan atas (ISPA), akibat kabut asap yang melanda Kabupaten Nias, Dinas Kesehatan bersama BPBD Kabupaten Nias Selatan Dan dibantu sejumlah Personil Sat Lantas Polres Nias Selatan membagikan masker kepada para pengendara maupun pejalan kaki, Rabu (25/09/2019) di Simpang Lima Pasar, Simpang jalan Baloho Indah dan Pasar Jepang Telukdalam Nias Selatan.

Pada kesempatan itu, tampak hadir : Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan, Megawati You, SKM., M.PH, Kalaksa BPBD Kabupaten Nias Selatan Ampuni Dakhi, S.Pd, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan Sittinurani Lase.

Selanjutnya, Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit Berkat Baene ,SKM., M.Kes, Kabid Kesehatan Masyarakat Asniawati Lase, SKM, Kabid Sumber Daya Kesehatan Sri Rahmawati Wau, SKM dan sejumlah Staf.

Dari pantauan awak media ini saat berada dilokasi, tampak petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Selatan menghentikan para pengendara sepeda motor dan pejalan kaki untuk membagikan masker kepada para pengendara sepeda motor dan pejalan kaki tersebut.

Seperti yang terlihat pada foto ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan, Megawati You, SKM., M.PH dan Kalaksa BPBD Kabupaten Nias Selatan, Ampuni Dakhi, S.Pd, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan, Sittinurani Lase dan sejumlah Kabid di Dinas Kesehatan memasangkan masker tersebut kepada para pengendara dan pejalan kaki, yang mayoritas Pelajar.

Sementara, Dari jumlah masker yang disediakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan sebanyak 10.000. Lembar, dan yang sudah dibagikan sekiranya 7000 lembar lebih.

hal ini sesuai pantauan sejumlah wartawan dari berbagai Media dan informasi yang diperoleh dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan, Megawati You.

Diselah pembagian masker itu, Kadis Kesehatan Kabupaten Nias Selatan, Megawati You, SKM., M.PH kepada sejumlah wartawan dari berbagai Media, mengatakan bahwa pembagian marker ini, salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Nias Selatan kepada masyarakat, untuk mencegah timbulnya penyakit gangguan pernafasan.

“Kabut asap ini dapat menimbulkan penyakit, Infeksi saluran pencernaan atas (ISPA), seperti : pilek, batuk dan sesak nafas. Dengan memakai Masker dapat membantu masyarakat agar terhindar dari penyakit tersebut akibat polusi udara yang tidak sehat yang disebabkan kabut asap”, ucapnya.

Untuk mencegah Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Selatan dan sejumlah Personil Sat Lantas Polres Nias Selatan turut membantu membagikan masker tersebut.

Selain di Kota Telukdalam Kabupaten Nias Selatan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan telah menginstruksikan kepada seluruh Kepala Puskesmas di setiap Kecamatan untuk membagikan masker. Hal ini, upaya mencegah timbulnya penyakit Infeksi Pencernaan atas (ISPA) Akibat terjadinya kabut asap yang melanda Kabupaten Nias Selatan khususnya, ujar Megawati You.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan, Megawati You, SKM., M.PH menghimbau seluruh masyarakat Kabupaten Nias Selatan agar menggunakan masker saat bepergian atau keluar rumah. Karna hal ini upaya mencegah timbulnya penyakit Infeksi Pencernaan atas, ujarnya. (Sabar Duha (

Artikel ini telah dibaca 297 kali

loading...
Baca Lainnya

PKN Pertanyakan Obat-Obatan yang Diduga Belum Disalurkan Dinkes Sejak Januari 2020 ke Sejumlah Puskesmas

Gayo Lues-Pemantau Keuangan Negara (PKN) Kabupaten Gayo Lues mempertanyakan pengadaan obat-obatan yang hingga kini belum...

8 Agustus 2020, 15:33 WIB

Publik Menunggu Titik Terang Dugaan Korupsi Program Seribu Hafiz

Gayo Lues- Mencuatnya dugaan kasus korupsi uang makan minum di Dinas Syariat Islam, Kabupaten Gayo...

8 Agustus 2020, 10:09 WIB

Orang Tua Murid SDI Laensukaer Mengeluhkan Pulsa Data Dan Sinyal Lemot

Malaka – Orang tua murid SDI Laensuker Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka NTT, merasa sangat rugi...

7 Agustus 2020, 21:33 WIB

Longsor Di Desa Tuho’owo Akan Segera Ditangani

Nias Selatan, Deliknews.com – Longsor yang menimbun badan jalan dari Desa Lolohowa Kecamatan Lolowau menuju...

6 Agustus 2020, 20:42 WIB

Polsek Sikakap bersama Tim Gugus Beri Sanksi Tidak Pakai Masker

Kepulauan Mentawai, – Presiden Jokowi mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disipilin...

6 Agustus 2020, 16:46 WIB

Tim Wasrik Rutin Itwasum Polri Nilai Keberhasilan Polda Sumbar

Padang, – Polda Sumbar kedatangan tim dari Itwasum Polri. Kedatangan tersebut dalam rangka melaksanakan pengawasan...

6 Agustus 2020, 08:03 WIB

loading...