Rabu, 25 September 2019 - 16:53 WIB

Antisipasi Penyakit ISPA Akibat Kabut Asap, Dinkes Bersama BPBD Nisel Bagikan Masker

Nias Selatan, Deliknews – Untuk mencegah timbulnya penyakit Infeksi Pencernaan atas (ISPA), akibat kabut asap yang melanda Kabupaten Nias, Dinas Kesehatan bersama BPBD Kabupaten Nias Selatan Dan dibantu sejumlah Personil Sat Lantas Polres Nias Selatan membagikan masker kepada para pengendara maupun pejalan kaki, Rabu (25/09/2019) di Simpang Lima Pasar, Simpang jalan Baloho Indah dan Pasar Jepang Telukdalam Nias Selatan.

Pada kesempatan itu, tampak hadir : Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan, Megawati You, SKM., M.PH, Kalaksa BPBD Kabupaten Nias Selatan Ampuni Dakhi, S.Pd, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan Sittinurani Lase.

Selanjutnya, Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit Berkat Baene ,SKM., M.Kes, Kabid Kesehatan Masyarakat Asniawati Lase, SKM, Kabid Sumber Daya Kesehatan Sri Rahmawati Wau, SKM dan sejumlah Staf.

Dari pantauan awak media ini saat berada dilokasi, tampak petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Selatan menghentikan para pengendara sepeda motor dan pejalan kaki untuk membagikan masker kepada para pengendara sepeda motor dan pejalan kaki tersebut.

Seperti yang terlihat pada foto ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan, Megawati You, SKM., M.PH dan Kalaksa BPBD Kabupaten Nias Selatan, Ampuni Dakhi, S.Pd, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan, Sittinurani Lase dan sejumlah Kabid di Dinas Kesehatan memasangkan masker tersebut kepada para pengendara dan pejalan kaki, yang mayoritas Pelajar.

Sementara, Dari jumlah masker yang disediakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan sebanyak 10.000. Lembar, dan yang sudah dibagikan sekiranya 7000 lembar lebih.

hal ini sesuai pantauan sejumlah wartawan dari berbagai Media dan informasi yang diperoleh dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan, Megawati You.

Diselah pembagian masker itu, Kadis Kesehatan Kabupaten Nias Selatan, Megawati You, SKM., M.PH kepada sejumlah wartawan dari berbagai Media, mengatakan bahwa pembagian marker ini, salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Nias Selatan kepada masyarakat, untuk mencegah timbulnya penyakit gangguan pernafasan.

“Kabut asap ini dapat menimbulkan penyakit, Infeksi saluran pencernaan atas (ISPA), seperti : pilek, batuk dan sesak nafas. Dengan memakai Masker dapat membantu masyarakat agar terhindar dari penyakit tersebut akibat polusi udara yang tidak sehat yang disebabkan kabut asap”, ucapnya.

Untuk mencegah Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Selatan dan sejumlah Personil Sat Lantas Polres Nias Selatan turut membantu membagikan masker tersebut.

Selain di Kota Telukdalam Kabupaten Nias Selatan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan telah menginstruksikan kepada seluruh Kepala Puskesmas di setiap Kecamatan untuk membagikan masker. Hal ini, upaya mencegah timbulnya penyakit Infeksi Pencernaan atas (ISPA) Akibat terjadinya kabut asap yang melanda Kabupaten Nias Selatan khususnya, ujar Megawati You.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan, Megawati You, SKM., M.PH menghimbau seluruh masyarakat Kabupaten Nias Selatan agar menggunakan masker saat bepergian atau keluar rumah. Karna hal ini upaya mencegah timbulnya penyakit Infeksi Pencernaan atas, ujarnya. (Sabar Duha (

Artikel ini telah dibaca 251 kali

loading...
Baca Lainnya

Sejumlah Anggota DPRD Nisel Dapil 4 Apresiasi Program Siwa Sanuwu Sihono

Nias Selatan, Deliknews – Sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Nias Selatan dari Daerah Pemilih 4 (empat)...

19 November 2019, 09:35 WIB

Tahun 2020 Jembatan Ulunoyo dan Sialema Hibala Dinangun

Nias Selatan, Deliknews – Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melalui Dinas PUPR Kabupaten Nias Selatan memastikan...

19 November 2019, 01:32 WIB

12 Program Diskominfo Nisel T.A 2020, Diantaranya Media Massa

Nias Selatan, Deliknews – Usai pembahasan Ranperda APBD Tahun Anggaran 2020 oleh Komisi I DPRD...

18 November 2019, 20:14 WIB

Sambut HUT KE-5 Lanal Nias, Gelar Lomba PBB Tingkat SMA/SMK

Nias Selatan, Deliknews – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Nias menggelar lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB)...

18 November 2019, 10:37 WIB

Sumbar Akan Miliki Mall Pelayanan Publik

Padang, – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dibawah pimpinan Gubernur Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Nasrul...

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menerima kunjungan institusi pelayan publik terbaik dunia, Sabtu (16/11).

17 November 2019, 12:51 WIB

Pemkab Nisel Launching Strategis Pola Pencegahan Korupsi “Sokhi Soyo”

Nias Selatan, Deliknews – Pemerintah Kabupaten Selatan melalui Inspektorat melaunching strategi “Sikho Soyo” sebagai salah...

16 November 2019, 00:17 WIB

loading...