Duka Cita Presiden Jokowi Untuk Mahasiswa Kendari

- Tim

Minggu, 29 September 2019

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Oleh : Aldia Putra (Pengamat Sosial Politik)

Indonesia berduka, demonstrasi berujung ricuh yang menelan korban di Sulawesi Tenggara kini sedang disoroti. Pemerintah pun ikut berbela sungkawa dan mendorong Kepolisian untuk segera menangkap pelakunya.

Aneka tagar bertuliskan Indonesia Berduka banyak bertebaran dijagat maya. Mengundang banyak simpati. Mulai dari ucapan belasungkawa hingga pengecaman terhadap insiden ini. Ditengarai aksi ini tertuju akan peristiwa meninggalnya demonstran yang menggelar aksi unjuk rasa di Gedung DPRD Sultra. Ia ditengarai ditembak mati saat aksi ini berlangsung. Ia mengembuskan napas terakhirnya di rumah sakit tempat ia diberi perawatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Korban bernama Yusuf ini tercatat sebagai mahasiswa Jurusan Teknik D-3 Universitas Halu Oleo (UHO) di Kendari. Sementara korban meninggal sebelumnya ialah mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan di Unirversitas yang sama. Korban Yusuf dikabarkan mendapat rujukan dari RS Ismoyo Korem 143/Haluoleo guna mendapatkan tindakan operasi karena cidera serius yang dialaminya.

Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, beserta Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, Abdurrahman Shaleh, yang juga didampingi jajaran Forkopimda telah menjenguk korban Yusuf Kardawi. Saat dirinya masih berada di ruang perawatan RSU Bahtermas.

Kabarnya Unjuk rasa terjadi di sekitar Gedung DPRD Sulawesi Tenggara, Kamis malam itu. Dari aksi ini didapatkan sejumlah laporan jika korban luka-luka yang dirawat intensif di rumah sakit terdiri dari 11 orang peserta unjuk rasa, tiga aparat kepolisian serta seorang staf sekretariat DPRD Sulawesi Tenggara. Selain Yusuf, korban sebelumnya bernama Randi ini juga meninggal setelah berdemo menolak RKUHP serta Revisi UU KPK di Gedung DPRD Sultra.

Ia dilaporkan tewas ditembak di area dada kanannya.
Randi mengembuskan napas terakhirnya saat mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Ismoyo Korem 143 Haluoleo Kendari. Diduga pada bagian tulang selangka kanan terdapat lubang akibat luka tembak.

Namun kasus ini juga tengah didalami apa penyebab pasti kematian mahasiswa fakultas perikanan dan kelautan ini. Dokter yang merawat korban menyebutkan jika terdapat luka sebesar 5 sentimeter dengan kedalaman 10 sentimeter. Yang mana dugaan ini tertuju akibat luka tembakan, namun disebutkan tidak terdapat proyektil pada luka di tubuh korban.

Peristiwa penembakan ini terjadi saat aparat keamanan memukul mundur mahasiswa di depan Kantor DPRD Sultra. Hal ini diperkirakan sekitar pukul 15.30 waktu setempat. Peristiwa tersebut menyebabkan beberapa orang mengalami luka-luka. Mendengar kabar tersebut Jokowi Sampaikan Dukacita atas Meninggalnya 2 Mahasiswa di Sultra tempo hari.

Ia menyampaikan rasa belasungkawanya secara mendalam. Ia turut meminta peristiwa yang melatarbelakangi meninggalnya kedua mahasiswa tersebut untuk terus digali. Sebelumnya, Jokowi mendapatkan laporan dari Jenderal Tito Karnavian terkait insiden tersebut.

Berkenaan dengan kasus yang menewaskan Randi, Jokowi mengatakan, pihak kepolisian masih belum bisa mengetahui identitas pelaku. Maka dari itu, Jokowi meminta masyarakat untuk tidak berspekulasi lebih jauh lagi. Juga masyarakat diharap ikut bersabar guna menunggu kepastian investigasi selesai. Sehingga tidak akan timbul dugaan-dugaan yang nantinya membuat situasi makin keruh.

Kapolda Sultra juga menegaskan, pihaknya tetap akan bertanggung jawab dalam proses pengamanan penyampaian aspirasi yang mengakibatkan Randi serta Yusuf meninggal dunia. Maka dari itu, pihaknya meminta waktu guna melakukan pengusutan terhadap kasus ini. Ia Berjanji jika manakala terdapat anggotanya yang terbukti sebagai tersangka, maka akan diberlakukan proses hukum melalui peradilan umum.

Pihak kepolisian mengaku sudah melakukan tindakan sesuai dengan SOP. Kapolda Sultra juga menegaskan jika dalam proses pengamanan unjuk rasa ini tidak boleh menggunakan proyektil karet, apalagi peluru tajam, serta pelaksanaannya juga melalui SOP (Standar Operasional).

Sebelum proses pengamanan dilakukan, pihaknya juga telah mengecek keseluruhan perlengkapan. Sehingga dalam pelaksanaan pengamanan ini dinilai telah sesuai dengan SOP tersebut
Banyak pihak menyayangkan insiden ini, namun seluruh masyarakat diimbau agar tetap tenang sembari menunggu laporan kepastian penyebab kedua korban meninggal. Jangan sampai ada dugaan-dugaan yang berdampak negatif.

Sangat disesalkan kejadian semacam ini menimpa negeri. Semangat berkorban demi penyampaian aspirasi harus diakhiri dengan kematian. Semoga insiden-insiden semacam ini tidak akan terjadi lagi di kemudian hari. Pun dengan pihak kepolisian akan segera mampu mengungkap pelaku sebenarnya. Sehingga akan ada penindaklanjutan terhadap pelaku yang telah dengan sengaja menghilangkan nyawa seseorang ini.

 

Berita Terkait

Posko THR Tutup, Kemnaker Terima 1.539 Aduan Dari 965 Perusahaan
Posko THR Tutup H+7 Lebaran
Halalbihalal, Menaker Minta Pegawai Tingkatkan Etos Kerja dan Pelayanan Terbaik kepada Masyarakat
Menaker : Tradisi Mudik Lebaran Tak Boleh Berhenti
Menaker Dukung Mudik dan Arus Balik Gratis jika Produktivitas Pekerja Meningkat
Wamenaker Lepas Mudik Gratis 767 Mitra Usaha Warmindo
Wamenaker Optimis Mudik Bersama Mampu Tingkatkan Produktivitas Pekerja
Wamenaker Imbau Dunia Usaha Fasilitasi Mudik Gratis bagi Pekerja

Berita Terkait

Kamis, 18 April 2024 - 21:39 WIB

Posko THR Tutup, Kemnaker Terima 1.539 Aduan Dari 965 Perusahaan

Selasa, 16 April 2024 - 18:35 WIB

Posko THR Tutup H+7 Lebaran

Selasa, 16 April 2024 - 17:17 WIB

Halalbihalal, Menaker Minta Pegawai Tingkatkan Etos Kerja dan Pelayanan Terbaik kepada Masyarakat

Minggu, 7 April 2024 - 09:53 WIB

Menaker : Tradisi Mudik Lebaran Tak Boleh Berhenti

Sabtu, 6 April 2024 - 13:50 WIB

Menaker Dukung Mudik dan Arus Balik Gratis jika Produktivitas Pekerja Meningkat

Sabtu, 6 April 2024 - 11:32 WIB

Wamenaker Lepas Mudik Gratis 767 Mitra Usaha Warmindo

Jumat, 5 April 2024 - 20:37 WIB

Wamenaker Optimis Mudik Bersama Mampu Tingkatkan Produktivitas Pekerja

Jumat, 5 April 2024 - 19:31 WIB

Wamenaker Imbau Dunia Usaha Fasilitasi Mudik Gratis bagi Pekerja

Berita Terbaru

Sumatera Selatan

Kapolda Menerima Ka BNNP Sumsel Beserta Staff

Jumat, 19 Apr 2024 - 11:58 WIB

Regional

BUPATI NISEL HILARIUS DUHA BUKA GEBYAR PAUD TAHUN 2024

Kamis, 18 Apr 2024 - 22:26 WIB