Kamis, 17 Oktober 2019 - 19:21 WIB

Kades se Nagan Raya Ikuti Penyuluhan Hukum

Nagan Raya-Sebanyak 222 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh mengikuti penyuluhan hukum penggunaan Dana Desa (DD) dan fungsi Kejaksaan dalam penanganan dana desa. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Aula Kejaksaan Negeri (Kejari) kabupaten setempat, Kamis (17/10/2019).

Kegiatan itu langsung dihadiri Pasi Intel Kejari, Roni, Kepala Inspektorat, Eka Suhanans dan Kadis DPMGP4, Bukari, SE.

Dengan tema “Melakukan Penyuluhan dan Penerangan Hukum, Penggunaan Dana Desa dan Fungsi Kejaksaan Dalam Penanganan Dana Desa” itu, juga sekaligus pembahagian buku yang di tulis oleh tim Pengawalan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D).

Kepala Kejaksaan Negeri, Sri Kuncoro, SH.MH, melalui Pasi Intelnya Roni menuturkan, penyuluhan hukum terkait penggunaan dana desa ini merupakan bagian dari tugas dan kewenangan kejaksaan.

“Selama ini, kejaksaan bukan hanya melakukan penindakan saja, tapi juga melakukan pencegahan dan ini merupakan bagian dari pencegahan korupsi,” terangnya.

Roni berharap adanya penyuluhan dan penerangan hukum yang dilaksanakan TP4D, kedepannya agar kepala desa semakin mengerti dan memahami pengelolaan keuangan desa sesuai aturan yang berlaku.

“Kami berharap, tidak ada keuangan desa yang disalahgunakan maupun dikorupsi. Semua ini, bertujuan untuk membangun  desa khususnya di wilayah Kabupaten Nagan Raya,” harapnya.

Dalam melakukan pencegahan mereka membentuk TP4D sekaligus mensosialisasikannya,  sebagai bentuk tindak lanjut pencegahan dalam tindak pidana korupsi di pemerintahan desa. “Faktanya, tidak semua pemerinta desa memanfaatkan pendampingan tersebut,”kata Roni.(Sukma)

Artikel ini telah dibaca 219 kali

loading...
Baca Lainnya

Tenang Aja, Polsek Kronjo Juga Sosialisasi Covid-19 di Minimarket

TANGERANG – Sosialisasi Maklumat Kapolri No.Mak/2/III/2020 Tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran virus...

2 April 2020, 16:20 WIB

Wali Nagari Binjai dan Kapolsek Penggerak Penyemprotan Disinfektan di Tigo Nagari

Pasaman, – Mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19 di wilayah Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Wali Nagari...

2 April 2020, 15:59 WIB

Menarik, Polsek Cisoka Tak Lelah Bubarkan Anak Muda Nongkrong

TANGERANG – Tak ada kata lelah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona Covid-19. Hal...

2 April 2020, 15:39 WIB

Catat, Angka Laka Lantas di Kabupaten Tangerang Turun

TANGERANG – Jumlah angka Kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polresta Tangerang Polda Banten dua...

2 April 2020, 14:55 WIB

Ketika Polsek Panongan Semprotkan 3000 Liter Disinfektan di Mekar Bhakti

TANGERANG – Gerakan serentak dan masif dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dengan penyemprotan cairan disinfektan dilakukan...

2 April 2020, 14:26 WIB

Catat, Tim Reaksi Cepat Covid-19 Polresta Tangerang Siaga 24 Jam

TANGERANG – Polresta Tangerang Polda Banten membentuk Tim Reaksi Cepat untuk mengantisipasi keadaan terkait penanganan...

2 April 2020, 14:01 WIB

loading...