Senin, 28 Oktober 2019 - 23:42 WIB

Pemkab Nisel Akan Serahkan 14 Unit Mobil Kepada Sejumlah BUMDes

Nias Selatan, Deliknews – Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melalui Dinas Perhubungan akan menyerahkan 14 unit mobil kepada sejumlah BUMDes diberbagai Kecamatan dengan peruntukkan angkutan Pedesaan ke Kota.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Nisel, Drs Faatulo Gulo kepada wartawan saat ditemui diruang kerjanya, Senin (28/10/2019) Jalan arah Lagundri-Sorake Km 7, Fanayama.

“14 unit mobil tersebut terdiri dari 10 unit jenis Pick-up L300 dan 4 unit jenis Estrada 2 Gardan singel kabin yang akan dimodifikasi menjadi Angkutan Desa ke Kota. dan kita serahkan kepada sejumlah BUMDes di sejumlah Kecamatan.

Adapun Bumdes yang akan menerima mobil tersebut diantaranya : Kecamatan Gomo, Toma, Luahagundre, Fanayama, Maniamolo, Onohazumba, Hilimegai, Lolowau, Ulunoyo, Hilisalawa’ahe dan di Kecamatan Lolomatua.

Dia mengatakan bahwa ini merupakan program Pemerintah Kabupaten Nias Selatan membantu masyarakat di Bidang transportasi dari desa ke kota dan sebaliknya, ujar Fa’atulo Gulo.

Anggaran untuk 14 unit mobil itu, bersumber dari DAK Afirmasi transportasi Tahun 2019 Kementerian Desa dan PDT sebesar RP. 6,5 miliar, termasuk pengadaan 2 unit Speedboat yang nantinya juga diperuntukan untuk transportasi di Kepulauan.

Speedboat tersebut, saat ini masih dalam proses pengerjaan. Sedangkan ke-14 unit mobil itu sudah ada yang diserahkan kepada pihak BUMDes untuk dikelola.

“Pengoperasian mobil tersebut kita awasi dan kita kontrol. Sementara pihak BUMDes memberikan kontribusi kepada Pemerintah daerah sebesar Rp. 500.000./bulan dan pemeliharaannya oleh pengelola Bumdes, sesuai dengan Perbup Nomor 53 Tahun 2014.

“Memang besaran kontribusi itu kecil dan kita juga sudah mengajukan perubahan Perda tersebut tentang penambahan kontribusi kepada Pemerintah Daerah. kita ajukan sebesar Rp. 1.000.000./bulan. Namun, sampai saat ini masih belum dibahas,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Perhubungan Drs. Faatulo Gulo berharap agar pihak pengelola dapat memberikan pelayanan transportasi yang baik kepada masyarakat. (Sabar Duha)

Artikel ini telah dibaca 360 kali

loading...
Baca Lainnya

Sertifikasi Tunggu Proses, Sekolah Ajaran Baru Akan Tatap Muka

Gayo Lues-Dana sertifikasi guru tahap dua saat ini sedang menunggu prose dan anggaran sudah berada...

7 Juli 2020, 15:48 WIB

LPKPD-NTB Adukan Dinas PPKBPPPA Sumbawa Ke Diskrimsus Polda NTB

Sumbawa – Lembaga Pemantau Kebijakan Pembangunan Daerah (LPKPD), Provinsi NTB mengadukan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga...

7 Juli 2020, 14:31 WIB

New Normal Diberlakukan, Lapas IIA Sumbawa Besar Kembali Terima Tahanan Baru

Sumbawa РPasca  diberlakukannya New Normal, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sumbawa Besar kembali menerima tahanan...

7 Juli 2020, 10:23 WIB

Nelayan Bali Harus Selektif Memilih Mitra Exportir Benih Lobster

Denpasar – Bali diharapkan agar selektif memilih pengepul atau perusahaan exportir benih lobster alias benur....

I Ketut Purianta selaku Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Dinas Kelautan dan Perikanan (KP) Provinsi Bali.

7 Juli 2020, 08:01 WIB

Polsek Sikakap Tetapkan WNA Tersangka Penganiayaan Anak

Kepulauan Mentawai, – Polsek Sikakap menetapkan warga negara asing (WNA) Amerika inisial E (38) tersangka...

Ilustrasi penganiayaan anak. Sumber: Merdeka.com

6 Juli 2020, 17:15 WIB

Polsek Sikakap Tekan Kekerasan Terhadap Anak

Kepulauan Mentawai, – Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, SH bersama jajaran terus bersinergi dalam mewujudkan...

5 Juli 2020, 21:00 WIB

loading...