Senin, 28 Oktober 2019 - 15:31 WIB

Nevi Zuairina saat menyampaikan materi pada Seminar Sosialisasi Peran Perempuan dalam Pengawasan Pemilu di Padang, Sumatera Barat, di Padang, Senin (28/10).

Nevi Zuairina saat menyampaikan materi pada Seminar Sosialisasi Peran Perempuan dalam Pengawasan Pemilu di Padang, Sumatera Barat, di Padang, Senin (28/10).

Peran Perempuan dalam Politik Tidak Terlepas dari Laki – laki Hebat

Padang, – Anggota DPR RI Hj. Nevi Zuairina menyampaikan pentingnya peran perempuan di parlemen dan dalam pengawasan Pemilu 2019.

Kaum perempuan dapat lebih idealis terjun di dunia politik ketika mendapat karpet merah dari kaum laki-laki dalam ruang publik.

Hal ini disampaikannya saat jadi narasumber Seminar Sosialisasi Peran Perempuan dalam Pengawasan Pemilu di Padang, Sumatera Barat, di Padang, Senin (28/10).

Menurutnya, perempuan tidak serta merta menjadi anggota dewan memikirkan gaji atau take home pay.

BACA JUGA : Kata Hendropriyono, Jokowi Salah Tempatkan Menteri

Perempuan di pentas politik tidak memikirkan kebutuhan untuk keluarganya karena kebutuhan itu dipenuhi oleh suaminya. Ini keyakinannya terbentuk, seorang perempuan di parlemen secara fitrah tidak mungkin menjadi korup akibat memikirkan harta kekayaan.

“Sepanjang berkiprah di parlemen dan mendapat dukungan penuh dari suaminya, jiwa perempuannya akan terbangun sehingga dunia politik lebih halus yang pada akhirnya di parlemen menjadi institusi ramah pada perempuan. Keadaan ini akan berlaku bila kaum laki – laki yang duduk di parlemen memberikan kehormatan pada perempuan di parlemen”, jelas anggota DPR RI Komisi VI ini.

BACA JUGA : Gedung IGD Diresmikan Kabar Baik Buat Masyarakat Pasaman

Pepatah sudah berlaku bahwa dibalik pria hebat, ada peran peran perempuan hebat di belakangnya.

Untuk itu, para laki – laki hebat perlu memberikan ruang yang lebih luas bagi kaum perempuan yang mendukungnya terutama di ranah publik .

Keterwakilan perempuan di Parlemen di DPR RI dari masa- kemasa, sudah menunjukan peningkatan keterpilihan sejak tahun 2004 hingga 2019.

“Banyak perempuan berada dalam lembaga publik bukan hanya sebagai anggota dewan atau menteri. Penyelenggara dan pengawas pemilu pun ada pos-pos komisionernya adalah perempuan baik tingkat pusat maupun daerah. Sejarah perkembangan peradaban Indonesia banyak diisi oleh kaum perempuan mulai dari Ratu Shima, Nyak Dien, Kartini hingga Megawati Sukarno Putri dan Ketua DPR RI sekarang dipikul perempuan yakni ibu Puan Maharani”, ungkap Nevi.

Intinya semua tergantung kaum laki-lakinya bersedia memberikan kesempatan bagi perempuan dan bagaimana juga perempuan mampu membangun kualitas demokrasi yang ditandai dengan keseimbangan peran gender dalam pengambilan keputusan politik.

Artikel ini telah dibaca 304 kali

loading...
Baca Lainnya

Operasi Yustisi, Puluhan Masyarakat Tidak Bermasker Disanksi Polsek Balaraja

TANGERANG – Upaya pendisiplinan masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan terkait COVID-19 gencar dilakukan jajaran Polsek...

27 September 2020, 20:33 WIB

Cerita Polsek Balaraja Sanksi 33 Pengendara Tidak Kenakan Masker

TANGERANG – Jajaran Polsek Balaraja Polres Kota Tangerang Polda Banten gencar melaksanakan kegiatan pendisiplinan masyarakat...

27 September 2020, 20:28 WIB

Kapolresta Tangerang Pimpin Operasi Yustisi Malam Minggu, Ini Hasilnya

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi kembali memimpin Operasi Yustisi bersama...

27 September 2020, 20:07 WIB

Datangi Kediaman KH. Uci, Kapolresta Tangerang Pastikan Tidak Ada Penyerangan

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mendatangi kediaman KH. Uci Turtusi...

27 September 2020, 19:56 WIB

PKN Minta Polda Aceh Usut Dugaan Korupsi Pembangunan Jembatan Dusun Durin

Gayo Lues-Polda Provinsi Aceh diminta untuk mengusut dugaan korupsi pembangunan jembatan Dusun Durin, Kecamatan Rikit...

26 September 2020, 12:31 WIB

Bhayangkari Daerah Banten dan Cabang Kota Tangerang Beri Bantuan untuk Anggota Nakes

TANGERANG – Pengurus Bhayangkari Daerah Banten dan Pengurus Bhayangkari Cabang Kota Tangerang memberikan bantuan tali...

25 September 2020, 22:35 WIB

loading...