Kamis, 31 Oktober 2019 - 19:27 WIB

Kepala Sekolah SMKN 1 Kademangan, Drs.Yulianto M.Pd bersama Kepala Disnaker Kabupaten Blitar, Haris Susianto, SH., M.Si saat meninjau stand 'Job Matching'. (foto/istimewa)

Kepala Sekolah SMKN 1 Kademangan, Drs.Yulianto M.Pd bersama Kepala Disnaker Kabupaten Blitar, Haris Susianto, SH., M.Si saat meninjau stand 'Job Matching'. (foto/istimewa)

Seribu Lebih Lowongan, Job Matching Yang Digelar Pemkab Blitar

Blitar.deliknews – Ribuan lulusan SMK, SMA dan setingkatnya menyerbu ‘Job Matching’ yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) di SMK Negeri 1 Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Kamis (19/9/2019).

Menurut Bupati Blitar, H. Rijanto melalui kepala Disnaker, Haris Susianto, SH., M.Si kegiatan yang digelar selama 1 hari ini, diharapkan dapat menekan angka kemiskinan dan penanggulangan pengangguran, utamanya para lulusan SMK dan setingkatnya.

Dari data yang ia peroleh, kepada deliknews.com mengatakan, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), satuan kerja nasional (Sakernas) tahun 2018 jumlah angkatan kerja sebanyak 638.460 orang. Sedangkan jumlah pengangguran yakni 21.508 orang. Lalu, yang sudah bekerja 616.952 orang.

“Hal ini dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 3.37%, sedangkan jawa Timur 4,10% dan Nasional 5,34%, maka tingkat pengangguran di Kabupaten Blitar lebih rendah dari tingkat Jawa Timur dan Nasional,” kata Haris.

Tambahnya, Kabupaten Blitar adalah daerah agraris, bukan daerah industri sehingga kesempatan kerja yang banyak adalah di sector pertanian yang mana sector ini kurang diminati bagi pengangguran.

“Alternatifnya, untuk mengatasi masalah tersebut Dinas tenaga kerja melaksanakan program peningkatan kesempatan kerja. Dalam program ini diantaranya dilaksanakan kegiatan Pameran Bursa Kerja Dalam Negeri dan Informasi Pasar Kerja, serta Pelayanan Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri,” papar kepala dinas itu.

Lebih lanjut, kegiatan ‘Job Matching’ ini menurut Haris adalah suatu kegiatan untuk menginformasikan adanya lowongan pekerjaan dan mempertemukan antara perusahaan dengan pencari kerja. Sehingga pencari kerja dapat memilih dan menentukan jenis pekerjaan yang mereka inginkan sesuai dengan bakat dan minatnya. Sedangkan perusahaan juga dapat memilih calon karyawan sesuai dengan kriteria dan persyaratan yang dibutuhkan.

Haris yang didampingi Kepala Sekolah (KS) SMKN 1 Kademangan, Drs.Yulianto M.Pd menambahkan bahwa pihaknya melalui Bursa Kerja Khusus (BKK) yang ada di lembaganya telah mendatangkan 33 perusahaan yang bergerak di bidang industri dari daerah Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan 93 lowongan kerja yang membutuhkan 1.556 karyawan.

“Hal ini semoga menjadi menjadi peluang bagi siswa – siswi kita untuk segera bisa bekerja dengan keterampilan-keterampilan yang ada, sehingga bisa diterima oleh perusahaan yang membutuhkannya,” pungkasnya.(hms).

 

Artikel ini telah dibaca 23368 kali

loading...
Baca Lainnya

KPU Tuban Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati – Wabup

Tuban – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban menggelar Launching dan Pengambilan Nomor Urut Pasangan...

24 September 2020, 21:32 WIB

Bantu UMKM Klaster Perikanan Untuk Berkembang, SIG Berikan Bantuan Modal dan Pendampingan

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) terus berupaya meningkatkan kemandirian dan pengembangan usaha...

19 September 2020, 03:28 WIB

Bupati Tuban Perpanjangan Pembatasan Jam Malam

Tuban – Bupati Tuban, H Fathul Huda, memperpanjang pembatasan jam malam di seluruh wilayah Bumi...

15 September 2020, 20:39 WIB

Pengurus Pusat KBPPAL Harus Bisa Bersinergi Dengan Mabes TNI AL

Surabaya – Kopdar kecil-kecilan para inisiator KBPPAL (Keluarga Besar Putra Putri Angkatan Laut) dari Jakarta,...

13 September 2020, 21:48 WIB

HUT FKPPI ke 42, Anggota PD XIII FKPPI Jatim Menggelar Donor Darah

Surabaya – Untuk menyambut HUT FKPPI ke-42, Pengurus PC 1330 KB FKPPI Surabaya menggelar bhakti...

13 September 2020, 12:49 WIB

SIG Manfaatkan Lahan Pascatambang Tanah Liat di Tuban Menjadi Kebun Pisang Cavendish

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) memanfaatkan kawasan lahan pascatambang tanah liat Pabrik...

10 September 2020, 15:17 WIB

loading...