Selasa, 12 November 2019 - 20:59 WIB

Siapa Saja Bisa Jadi Pahlawan

Gayo Lues- Saat ini hidup di masa yang damai dan menikmati hasil jerih payah dari para pahlawan yang telah berhasil melepaskan Indonesia dari tangan penjajahan.

Untuk itu perlunya  memaknai nilai moral yang dapat diambil dari aksi heroik para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan kepada masyarakat Indonesia.” Khususnya generasi muda dapat mencontoh nilai dan moral dari para pahlawan, seperti keberanian, tanggung jawab, rela berkorban dan jiwa kepeminpinan dalam menghadapi tantangan kedepannya,” ujar Bupati Gayo Lues, H Muhammad Amru, saat membacakan amanat Menteri Sosial pada upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019, di halaman kantor  Bupati setempat, Minggu (10/11/2019).

Amru, mengajak peserta upacara untuk menjadikan peringatan Hari Pahlawan sebagai momentum membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan “ Aku  Pahlawan Masa Kini”.

Menurut Bupati, menjadi Pahlawan Masa Kini bisa dapat dilakukan oleh seluruh warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI. Misalnya, menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax dan tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain.

Dikatakannya, jika dulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi bisa dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat dan membawa harum nama bangsa di mata internasional.

Ditegaskan Amru, Hari Pahlawan bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.

Dengan menjadikan diri Pahlawan Masa Kini, maka permasalahan yang melanda bangsa, dewasa ini dapat teratasi. Untuk itu, pemerintah mengajak anak bangsa terus menerus memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur di sanubari segenap insan masyarakat Indonesia. Demikian Amru(Ali Sadikin)

Artikel ini telah dibaca 167 kali

loading...
Baca Lainnya

Kadis PUTR Pasaman Akui Temuan, Tak Ingat Jumlahnya

Pasaman, – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Pasaman Agusti Awizar mengakui...

6 Desember 2019, 19:20 WIB

Gantikan Agus Andrianto, Irjen Martuani Sormin Jabat Kapoldasu

Medan – Irjen Pol Martuani Sormin dipastikan bakal menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara (Sumut) menggantikan...

6 Desember 2019, 17:13 WIB

Ulil Amri Pimpin IJTI ASTARA

Kisaran – Pengurus Daerah Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumut resmi mengukuhkan pengurus Kordinator Daerah...

6 Desember 2019, 16:24 WIB

AKP Fery Kusnadi, SH., MH Jabat Kasat Sabhara Polres Nisel

Nias Selatan, Deliknews – Polres Nias Selatan menggelar Upacara Serah terima jabatan Kasat Sabhara Polres...

6 Desember 2019, 09:30 WIB

Terkait Pengungkapan Kasus USBM, Anggota DPRD Nisel Fraksi PDIP, Samahato Bu’ulolo Apresiasi Kejari Nisel

Nias Selatan, Deliknews – Anggota DPRD Kabupaten Nias Selatan yang merupakan Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan,...

5 Desember 2019, 21:17 WIB

Kabid Sosbudpem Pasaman Pastikan Pamsimas di Dua Koto Sudah Berfungsi

Pasaman, – Kepala Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan (Kabid Sosbudpem) Bagian Bappeda Pemkab Pasaman MHD....

Kabid Sosbudpem MHD. Syafei, SH. MH lakukan uji fungsi Pamsimas di Dua Koto, Kamis (5/12).

5 Desember 2019, 16:50 WIB

loading...