Selasa, 12 November 2019 - 16:34 WIB

Gubernur Sumbar memberikan sambutan saat meresmikan percontohan air bersih di Ponpes Al Hafidz Ibnu Hajar program Tahfidzil Qur'an Puncak Lawang

Gubernur Sumbar memberikan sambutan saat meresmikan percontohan air bersih di Ponpes Al Hafidz Ibnu Hajar program Tahfidzil Qur'an Puncak Lawang

Sumbar Itu Demokrasi, Tidak Ada Ponpes Ajarkan Islam Radikal

Agam, – Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menegaskan tidak ada Pondok Pesantren (Ponpes) di Sumatera Barat yang mengajarkan Islam radikal, sebab orang Sumbar demokrat yang demokratis dan prakmatis.

Hal ini disampaikannya saat meresmikan percontohan air bersih di Ponpes Al Hafidz Ibnu Hajar program Tahfidzil Qur’an Puncak Lawang, Kabupaten Agam, Selasa (12/11).

Irwan Prayitno berharap pesantren di Sumbar jangan ada yang bermasalah dengan masyarakat setempat, apalagi dengan bangsa dan negara. Saat ini negara Indonesia dilanda isu terhadap Ponpes ada yang radikalisme.

“Alhamdulillah di Sumbar tidak ada ponpes yang mengajarkan ‘Islam Radikal’, kita orang Minang susah untuk radikal, karena kita memiliki sifat demokrat yang demokratis dan prakmatis,” kata Irwan Prayitno.

BACA JUGA : Ini Bencana Mendominasi Selama 3 Tahun Terakhir di Pasaman

Menurut Irwan, justru ponpes yang menjadi benteng bagi pemuda-pemudi Muslim untuk menangkal paham radikal. Di Minangkabau memiliki filosofi “Adat Basandi Syarak – Syarak Basandi Kitabullah” (ABS-SBK) selalu berpedoman Al Qur’an.

“Selama ini Pemda malah menggalakkan gerakan membaca Alquran, bahkan ada program satu rumah satu hafihz. Tak heran, cukup banyak siswa di Sumbar yang memiliki kemampuan hafalan Alquran yang tinggi,” ungkap Irwan.

“Kami adalah umat Islam yg Rahmatallil Alamin. Kami orang Minang sangat toleran dalam kehidupan beragama,” tambah Gubernur Irwan Prayitno.

BACA JUGA : Ketua Ormas GMDM Surabaya Mengelak Lakukan Penipuan Dalam Kasus Narkoba

Pimpinan Ponpes Al Hafidz Ibnuhajar Ustad Effendi Syamsuar Labai Marajo mengucapkan terima kasih pada gubernur Sumbar berkesempatan hadir meresmikan sarana air bersih.

“Alhamdulillah, dengan hadirnya gubernur Sumbar dapat memberikan semangat bagi kami dan bagi masyarakat disini, Insya Allah kami siap bersinergi dengan pemerintah dalam pembangunan,” tuturnya.

Artikel ini telah dibaca 312 kali

loading...
Baca Lainnya

Jumlah Pasien Covid-19 Meningkat, Kapolres Kembali Tinjau Kesiapan RSUDMAK

Gayo Lues-Menindak lanjuti Instruksi Kapolda Aceh untuk melihat kondisi  RS dalam penanganan Pasien Covid-19 dan...

28 September 2020, 23:07 WIB

Kapolresta Tangerang Bagikan 1000 Madu untuk Anggota Polres dan Polsek Jajaran

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi membagikan 1000 botol madu kepada...

28 September 2020, 21:23 WIB

Diduga Manipulasi Anggaran Mamin, Program 1000 hafizd Gayo Lues Terancam Gagal

Jakarta – mencuatnya dugaan manipulasi anggaran untuk makan minum 1000 santri kabupaten Gayo Lues selama...

28 September 2020, 20:54 WIB

Sertifikat Ganda Lahan Diklaim BPD Bali, Ini Penjelasan BPN Denpasar

Denpasar – Sengketa lahan sertifikat ganda yang berbuntut penguasaan lahan seluas 3,85 are dilakukan Bank...

Ruang Penyimpanan Warkah BPN Denpasar.

28 September 2020, 20:24 WIB

Operasi Yustisi, Puluhan Masyarakat Tidak Bermasker Disanksi Polsek Balaraja

TANGERANG – Upaya pendisiplinan masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan terkait COVID-19 gencar dilakukan jajaran Polsek...

27 September 2020, 20:33 WIB

Cerita Polsek Balaraja Sanksi 33 Pengendara Tidak Kenakan Masker

TANGERANG – Jajaran Polsek Balaraja Polres Kota Tangerang Polda Banten gencar melaksanakan kegiatan pendisiplinan masyarakat...

27 September 2020, 20:28 WIB

loading...