Rabu, 13 November 2019 - 16:47 WIB

Anggaran DLHK Nisel Rp. 6,4 M Disepakati Komisi III DPRD

Nias Selatan, Deliknews – Komisi III Bidang Pembangunan DPRD Nias Selatan menyepakati Rp. 6,4 Miliar lebih Anggaran Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pada R-APBD Nisel Tahun Anggaran 2020.

Hal ini disampaikan Sekretaris Komisi III DPRD Nisel, Tongoni Tafonao, BA didampingi Sekwan Nisel, Firman Giawa, SH dan Kadis LHK Nisel, Hartawan Halawa kepada wartawan, Rabu, (13/11/2019) usai pembahasan di tingkat Komisi III, Rabu (13/11/2019) ruang Media Center DPRD Nisel.

Rancangan Peraturan Daerah APBD Nisel Tahun Anggaran 2020 Dinas Lingkungan Hidup Nisel telah disepakati sebesar Rp.6,4 Miliar lebih. dan setelah itu akan dilakukan sikronisasi dengan Tim Badan Anggaran DPRD dan T-APD.

“Dari Rp. 6 miliar lebih DLHK, 50 % diperuntukan untuk gaji tenaga kebersihan atau tenaga harian lepas. Sedangkan 50 persennya diplotkan untuk anggaran pemeliharaan kendaraan pengangkut sampah, pengadaan satu unit kendaraan roda empat pengangkut sampah dan beberapa kegiatan operasional lainnya.

Selain itu, pembangunan taman terbuka di SMP Negeri 3 Kecamatan Huruna dengan besaran anggaran sekitar Rp.150 juta dan pembangunan Taman di SD Negeri Ehosakhozi, Kecamatan Huruna sebesar Rp. 100 juta,” sebutnya.

Anggaran Rp. 6 miliar lebih itu, sangat minim karena kebutuhan di Dinas Lingkungan Hidup sebenarnya sangat menentukan tentang lingkungan yang sehat, baik di sekitar ibukota Kabupaten maupun Kecamatan-kecamatan di Kabupaten Nias Selatan, ujar Tongoni Tafonao.

“Secara menyeluruh sesungguhnya, anggaran untuk Dinas Lingkungan Hidup minimal Rp. 9 sampai Rp. 10 miliar. namun karena kemampuan keuangan daerah kita terbatas, sehingga hal-hal yang sifatnya mendesak yang diprioritaskan,” tandasnya.

Dia juga mengharapkan rekan-rekan pers untuk mempromosikan program-program Dinas Lingkungan Hidup terutama di bidang, kesehatan, kebersihan dan ramah lingkungan.

“Saat pembahasan tadi, yang hadir 10 orang dari 11 orang jumlah Komisi III dan yang satu orang lagi sedang mengikuti Rakornas Partai di Jakarta,” tukasnya. (Sabar Duha)

Artikel ini telah dibaca 426 kali

loading...
Baca Lainnya

Bhayangkari Daerah Banten dan Cabang Kota Tangerang Beri Bantuan untuk Anggota Nakes

TANGERANG – Pengurus Bhayangkari Daerah Banten dan Pengurus Bhayangkari Cabang Kota Tangerang memberikan bantuan tali...

25 September 2020, 22:35 WIB

Kapolresta Tangerang Ajak Komunitas GO Graber Jadi Pelopor Patuh Protokol Kesehatan

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi kembali melaksanakan pembinaan komunitas untuk...

25 September 2020, 22:28 WIB

Kapolresta Tangerang Pimpin Operasi Yustisi, 48 Pelanggar Dihukum Ini

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi memimpin pelaksanaan Operasi Yustisi bersama...

25 September 2020, 22:20 WIB

Intensifkan Operasi Yustisi, Polsek Balaraja Sanksi 45 Warga Masyarakat

TANGERANG – Jajaran Polsek Balaraja Polresta Tangerang Polda Banten kembali menggelar Operasi Yustisi di 11...

25 September 2020, 21:50 WIB

Kapolresta Tangerang Ajak Jemaah Salat Jumat Doakan Pandemi Berakhir

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengajak jemaah Salat Jumat untuk...

25 September 2020, 21:40 WIB

Gelar Operasi Yustisi di 10 Lokasi, Polsek Balaraja Tindak 36 Pengendara

TANGERANG – Setidaknya 36 warga masyarakat disanksi oleh petugas gabungan lantaran tidak menggunakan masker saat...

25 September 2020, 21:30 WIB

loading...