Rabu, 13 November 2019 - 23:14 WIB

Diskepang Anggarkan 2 Paket Mesin Pengolah Sagu Di Daerah Kepulauan T.A 2020

Nias Selatan, Deliknews – Anggaran Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Nias Selatan Tahun Anggaran 2020, telah dibahas dan disetujui oleh Komisi II DPRD Kabupaten Nias Selatan, sebesar Rp. 1380.850.000.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Nias, Asazatulo Giawa kepada wartawan usai Pembahasan Anggaran, Rabu (13/11/2019) di Ruang Media Center DPRD Kabupaten Nias Selatan.

Pada kesempatan itu, turut hadir : Wakil Ketua Komisi II DPRD Nisel, Kristian Laia, Sekretaris DPRD Nisel, Firman Giawa, SH dan turut hadir Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Nias Selatan, Ermanjaya Bu’ulolo, S.ST.

“Beberapa Program Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Nias Selatan, setelah dibahas dan disepakati oleh Komisi II DPRD Nisel Bersama Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Nias Selatan, anggarannya sebesar Rp. 1.380.000.850.000. Diluar Dana DAK”, ujar Asazatulo Giawa.

Adapun program Dibas Ketahanan Pangan itu, antara lain : Pengadaan 2 set mesin pengolahan sagu di daerah Kepulauan, pengadaan neraca bahan makanan dan pemanfaatan lahan pekarangan. Melalui program ini, kesehatan masyarakat Nias Selatan dapat lebih baik, cetus Asazatulo Giawa.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Nias Selatan, Ermanjaya Bu’ulolo mengatakan untuk pemerataan perhatian Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH, produk unggulan yang ada di daerah Kepulauan yakni sagu. Untuk itu, sangat membantu masyarakat yang ada di Kepulauan, cetusnya.

Selanjutnya mengenai pemanfaatan lahan pekarangan dengan sasaran PKK dan Kelompok Tani, dengan 1 (satu) lokasi sebagai tempat percontohan. Sehingga apabila ada tim penilai baik dari Provinsi maupun Pusat dapat diarahkan dilokasi tersebut, ujarnya.

Oleh karena itu, dengan adanya lokasi pemanfaatan lahan pekarangan percontohan, maka masyarakat dapat berminat untuk mengolah lahan pemasangannya sendiri. Hal ini dapat membantu mengurangi biaya kebutuhan seperti cabe.

Untuk mengubah sikap, pengetahuan dan ketrampilan para petani itu, bisa melalui penyuluhan. Tidak dengan memberi bantuan bibit dan sebagainya, akan tetapi dengan penyuluhan yang terus – menerus, tandas Ermanjaya Bu’ulolo. (Sabar Duha)

Artikel ini telah dibaca 344 kali

loading...
Baca Lainnya

Kapolresta Tangerang Bagikan 1000 Madu untuk Seluruh Anggota Polres dan Polsek

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi membagikan madu kepada anggota termasuk...

26 November 2020, 18:31 WIB

Kapolres Majalengka Bagi Bantuan Sembako Ke 15 Korban Terpapar Positif Covid-19

MAJALENGKA – Kapolres Majalengka AKBP Dr. Bismo Teguh Prakoso melaksanakan bhakti Sosial dengan memberikan Paket...

26 November 2020, 18:22 WIB

Kabaharkam Polri Beri Pembekalan di Apel Kasatwil 2020, Ini yang Disampaikan

JAKARTA – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, memberikan pembekalan kepada...

25 November 2020, 22:12 WIB

Laksanakan Apel, Polsek Balaraja dan Muspika Siap Gencarkan Operasi Yustisi

TANGERANG – Polsek Balaraja Polresta Tangerang Polda Banten melaksanakan apel persiapan pelaksanaan Operasi Yustisi, Rabu...

25 November 2020, 21:39 WIB

Camat dan Kapolsek Tigaraksa Serahkan Bantuan Sembako untuk Warga

TANGERANG – Kapolsek Tigaraksa Polresta Tangerang Polda Banten Kompol Sumaedi mendampingi Camat Tigaraksa Rahyuni menyerahkan...

25 November 2020, 21:30 WIB

Cegah Penyebaran Covid-19, Polsek Cikupa Apel Operasi Yustisi

TANGERANG – Jajaran Polsek Cikupa Polresta Tangerang Polda Banten melaksanakan apel Operasi Yustisi, Selasa (24/11/2020)....

25 November 2020, 21:22 WIB

loading...