Blitar.deliknews – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar berhasil meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) terbaik tingkat nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia.

Melalui Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, Penghargaan ini diberikan menurut Plt Walikota Blitar, Santoso, lantaran dianggap sukses mendorong keterlibatan masyarakat dalam meningkatkan dan mempertahankan adaptasi perubahan iklim.

“Apresiasi pembinaan Proklim ini diberikan kepada Pemkot Blitar yang telah menetapkan aturan sekaligus melaksanakan pendampingan dan pembinaan program kampung iklim,” kata Santoso kepada deliknews, Minggu (17/112019) usai menerima penghargaan di Lahan Konservasi Universitas Brawijaya Forest, Desa Sumbersari Kecaramatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Lanjut Santoso, hal ini sebagai wujud nyata upaya Pemkot Blitar dalam pengendalian perubahan iklim. Sedangkan Program Kampung Iklim ini merupakan salah satu upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang dilaksanakan oleh kelompok masyarakat di seluruh Indonesia.

Lalu, Pemerintah Kota Blitar selalu mendorong partisipasi aktif masyarakat untuk melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim, “Dan ini salah satu kuncinya,” ungkap Santoso.

Menurutnya, kenapa program kampung iklim ini harus digalakkan, agar generasi mendatang dapat melihat bahkan merasakan secara langsung betapa pentingnya lingkungan bagi kehidupan.

“Dengan bergotong royong program ini akan sukses ditingkatkan lagi. Sehingga, kedepan anak cucu kita akan merasakan manfaatnya,” terangnya.

Sekedar diketahui lain daripada itu, prestasi yang didapat pada saat ini adalah Pemkot Blitar juga menerima penghargaan terbaik Pengguna Bahasa Indonesia pada Media Luar Ruang dari Balai Bahasa Jawa Timur Kategori Lembaga Pemerintahan pada hari Senin (11/11/2019) lalu. “ucap Santoso mengakhiri wawancaranya. (hms).