Blitar.delinews – Bupati Blitar, H. Rijanto didampingi kepala dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Blitar, Romelan, menyerahkan bantuan sosial (bansos) Usaha Ekonomi Produktif (UEP) kepada 40 kelompok Usaha Bersama (Kube) yang bertempat di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro.

“Dengan bantuan ini, harapan saya bisa meningkatkan taraf hidup melalui usaha bersama,” tutur Bupati Rijanto dihadapan penerima bantuan. Sabtu (16’/11/2019).

Ia menambahkan, bahwa bantuan sekarang ini akan diserahkan secara simbolis, namun nantinya akan diberikan langsung melalui rekening kelompok masing – masing sebesar 20 juta.

“Bantuan ini didapatkan sesuai dengan pengajuan proposal,” tambahnya.

Sementara, Romelan selaku kepala Dinas Sosial Kabupaten Blitar mengatakan tujuan dari pemberian bantuan Kube itu antara lain meningkatkan kegiatan usaha dan aktivitas keluarga sasaran, agar dapat terwujudnya kehidupan dan kesejahteraan yang lebih meningkat.

Lain itu, supaya dapat mewujudkan kebersamaan dalam kegiatan usaha agar kegiatan usaha kelompok dapat berhasil dan berdaya guna, dapat menggali sumber daya alam serta meningkatkan sumber daya manusia terutama dalam kelompok.

“Penyerahan bantuan terhadap keluarga rumah tangga sasaran, dalam bentuk kegiatan Kelompok Usaha Bersama sasarannya adalah keluarga miskin atau yang kurang mampu,” ungkap Romelan kepada deliknews

Lebih lanjut Romelan mengatakan, dari 40 kelompok itu terdiri dari 4 kelurahan di 2 kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar. Sedangkan Sumber dana bantuan kelompok ini bersumber dari dana APBN melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia.

“Dari masing – masing kelompok mempunyai usaha yang berbeda,” terangnya.(hms).