Senin, 18 November 2019 - 14:22 WIB

Bupati Blitar Hadiri Pegelaran G3K, Ini Bentuk Cikal Bakal Nusantara

Blitar.deliknews – Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto MM hadiri pagelaran Getih Getah Gula Klapa (G3K).

Pagelaran ini diadakan yang ke tiga kalinya oleh Seniman dan Budayawan Desa Sumberjati yang tergabung dalam Komunitas Sulud Sukma Blitar di Candi Simping, Desa Sumberjati, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Minggu (17/11/2019) malam.

Dalam sambutannya, Bupati Blitar mengatakan, Getah Getih Gula Kelapa tahun ini mengambil tema “Cucuk Lampah” yang bermakna sebagai langkah awal pintu peradaban mewujudkan adanya pusat kajian Majapahit dan perabadaban Nusantara di Candi Simping, Kabupaten Blitar.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan kembali komplek Candi Simping sebagai tempat pendharmaan Nararya Sanggramawijaya kepada masyarakat,” ungkap Bupati Rijanto.

Ia juga mengatakan dengan diselenggarakannya acara tersebut selain komplek Candi Simping lebih dikenal masyarakat juga agar Nusantara khususnya Kabupaten Blitar untuk mendapatkan berkah aman dan tentram dari do’a yang dipanjatkan bersama saat prosesi do’a budaya di atas batu pandharmaan Raden Wijaya.

Sementara kepala Disparbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso, kepada deliknews melalui seluler sangat mengapresiasikan kegiatan tersebut. “Dan ini adalah wujud krearifitas seni yg luar biasa dari seniman – seniman blitar untuk menggelarnya acara mandiri,” ucapnya Senin (18/11/2019).

Menurut Suhendro, Getih getah gula kelapa merupakan peringatan sepasaran berdirinya majapahit. Dimana Sesuai data sejarah, majapahit berdiri 12 november. Maka setiap tanggal 17 November sepasaran berdirinya majapahit di peringati di candi simping yang merupakan tempat pendarmaan Raden Wijaya, pendiri majapahit.

“Tahun ini adalah tahum ketiga pelaksanaan Getah Getih Gulo Kelopo (G3K),” jelas kepala Disparbudpora Kabupaten Blitar.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Panitia G3K, Rahmanto Adi, pagelaran ini merupakan peringatan sepasaran berdirinya kerajaan Majapahit. Menurutnya Kidung Harsawijaya, sejarah dilantiknya Raden Wijaya tepatnya 12 November 1293.

Adapun makna cucuk lampah kata dia adalah sebagai langkah awal mewujudkan citacita adanya Pusat Kajian Budaya Majapahit dan Peradaban Nusantara yang ada di Komplek Candi Simping.

” Di Negarakrtagama pupuh 47:3, Candi Simping adalah salah satu tempat pendharmaan Raden Wijaya, pendiri Kerajaan Majapahit,” ungkap Adi, Senin (18/11/2019).

“lalu, kalo gak ada Raden Wijaya tentu gak ada Kerajaan Majapahit dan tidak ada peradaban Nusantara. Sedangkan makna Nusantara itu sendiri adalah perwujudan dari Sumpah Palapa Gajahmada, yakni Mahapatih Kerajaan Majapahit,” sambung Adi.

Terakhir, Adi mengatakan, tujuan diadakan pagelaran G3K ini untuk mengingatkan keberadaan Candi Simping sebagai tempat pendharmaan Nararya Sanggramawijaya seperti yang terdapat dalam Negarakrtagama pupuh 47.3, menciptakan sebuah etalase kebudayaan sebagai bagian dari cita-cita mewujudkan Candi Simping sebagai Pusat Kajian Budaya Majapahit dan Peradaban Nusantara, kegiatan berbasis masyarakat yang mengedepankan semangat gotong royong dengan prinsip bhinneka tunggal ika tan hana dharma mangrwa. “pungkas Adi.(hms).

Artikel ini telah dibaca 23493 kali

loading...
Baca Lainnya

KPU Tuban Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati – Wabup

Tuban – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban menggelar Launching dan Pengambilan Nomor Urut Pasangan...

24 September 2020, 21:32 WIB

Bantu UMKM Klaster Perikanan Untuk Berkembang, SIG Berikan Bantuan Modal dan Pendampingan

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) terus berupaya meningkatkan kemandirian dan pengembangan usaha...

19 September 2020, 03:28 WIB

Bupati Tuban Perpanjangan Pembatasan Jam Malam

Tuban – Bupati Tuban, H Fathul Huda, memperpanjang pembatasan jam malam di seluruh wilayah Bumi...

15 September 2020, 20:39 WIB

Pengurus Pusat KBPPAL Harus Bisa Bersinergi Dengan Mabes TNI AL

Surabaya – Kopdar kecil-kecilan para inisiator KBPPAL (Keluarga Besar Putra Putri Angkatan Laut) dari Jakarta,...

13 September 2020, 21:48 WIB

HUT FKPPI ke 42, Anggota PD XIII FKPPI Jatim Menggelar Donor Darah

Surabaya – Untuk menyambut HUT FKPPI ke-42, Pengurus PC 1330 KB FKPPI Surabaya menggelar bhakti...

13 September 2020, 12:49 WIB

SIG Manfaatkan Lahan Pascatambang Tanah Liat di Tuban Menjadi Kebun Pisang Cavendish

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) memanfaatkan kawasan lahan pascatambang tanah liat Pabrik...

10 September 2020, 15:17 WIB

loading...