Kamis, 21 November 2019 - 21:32 WIB

Media Menjadi Pilar Suksesnya Pembangunan Nasional Demi Indonesia Maju

Oleh : Ari Susanto (Citizent Jurnalism/ forum jurnalis pesantren)

Media di Indonesia telah menjadi pilar kekuatan demokrasi saat ini. Media seperti seorang penyihir yang mampu menghipnotis pikiran rakyat. Melalui media, rakyat mendapat berbagai informasi, bahkan juga opini. Apalagi di era dunia yang sedemikian terbuka. Semua informasi dari yang paling ringan sampai yang paling berat, dari yang paling baik hingga yang paling jahat bisa diperoleh melalui media.

Buatlah judul berita: “Indonesia Sarang Para Koruptor”. Ini misalnya. Sekedar contoh saja. Tak ada kaitan soal benar atau salah. Ada data atau tidak. Namanya juga contoh. Membaca judul berita itu, spontan pikiran publik akan berimajinasi. Itu baru judul. Inilah dahsyatnya media. Judul saja bisa mempengaruhi mindset, apalagi isinya.

peran media yang saat ini banyak dilakukan oleh generasi milenial harus bisa menjadi gerbang ilmu dan informasi kepada khlayak ramai. Sebab mencermati pesatnya teknologi, generasi millenial di era pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, terutama dalam penggunaan media sosial yang masif, menjadi perhatian utama bagi kebutuhan informasi masyarakat sekaligus dampak negatif salah satunya maraknya informasi hoaks yang justru destruktif bagi kedaulatan bangsa Indonesia. Inilah yang harus menjadi perhatian dan perangi bersama.

Salah satu yang dinilai destruktif adalah peranan media massa yang tidak indepent dan partisan serta berkembangnya disinformasi maupun berita hoaks yang berkembang masif di media sosial dan berdampak langsung terhadap terdistorsinya berbagai hasil capaian pembangunan nasional pada pemerintahan Jokowi diawal.p

Pers harus jadi penyeimbang

Pers adalah bagian dari masyarakat yang harus didukung dan juga dikawal untuk mengontrol jalannya pemerintah, mengawal jalannya kehidupan berbangsa dan bernegara. Kemudian pers harus bisa menjadi penyeimbang dimana di salah satu sisi, harus membantu pemerintah dengan menjadi control, dan pers juga harus bisa menjadi media informasi kepada masyarakat yaitu yang dengan jujur juga harus menyampaikan berbagai capaian pembangunan bukan hsnya sekedar kritik,, hal ini memjadi penting demi menumbuhkan optimisme masyarakat.

Selain itu media harus bisa memberikan informasi yang relevan dengan mencroscek berita tersebut supaya tidak menjadi hoax. Selain itu dalam pers harus bisa menguji kebenaran berita-berita yang bertebaran di kalangan masyarakat sehingga bisa meminimalisir berita yang tidak semestinya.

Hoax adalah musuh bersama

Hoax adalah musuh bersama yang harus ditiadakan karena hampir 160 juta rakyat Indonesia menggunakan internet untuk mengakases berita media. Maka dari itu berita yang tidak relevan harus kita awasi sehingga tidak boleh terjadi berita yang tidak sesuai fakta.

Media harus bisa menjadi orang-orang yang selalu berfikir solutif karena dalam diri media benih-benih intektulaitas itu tumbuh subur dan segar. Media harus bisa mengkaji setiap permasalahan yang ada supaya bisa memberikan solusi dan membantu bangsa serta Negara , bukan justru menjadi provokator yang terus memicu polemik dan perdebatan atas sebuah isu yang kurang bermanfaat sehinggs energi bangsa atau masyarakat terkuras tidak efektip.

Media adalah kekuatan besar Indonesia saat ini, kekuatan tersebut harus dijaga dan dikawal guna memberikan dampak positif yang signifikan bagi suksesnya berbagai kebijakan pembangunan nasional lima tahun kedepan menuju Indonesia Maju.

Artikel ini telah dibaca 219 kali

loading...
Baca Lainnya

Mewaspadai Provokasi Isu PKI

Oleh : Angga Gumelar Isu PKI dan komunisme selalu jadi bahan serangan ke lawan politik...

25 September 2020, 21:06 WIB

Masyarakat Displin Gunakan Masker Sesuai Protokol Kesehatan

Oleh : Rengganis Prameswari Beberapa bulan ini kita memakai masker untuk memenuhi protokol kesehatan. Sayangnya...

25 September 2020, 20:35 WIB

Pilkada Serentak, Sahabat Polisi Ajak Rakyat Taat Protap Covid-19 dan Jaga Stabilitas Keamanan

Jakarta –  Organisasi Sahabat Polisi, mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk taati protap kesehatan covid-19 selama...

Sahabat Polisi saat menggelar audiensi dengan Divhumas Polri, Senin (4/5)

25 September 2020, 19:12 WIB

Covid-19 Masih Ganas, Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat

Oleh : Agung Priyatna Penyebaran corona makin ganas. Bahkan ada lonjakan pasien beberapa hari ini....

24 September 2020, 21:39 WIB

Mewaspadai Manuver KAMI Jelang Pilkada 2020

Oleh : Putu Prawira Indonesia akan mengadakan pemilihan kepala daerah serentak, desember 2020. Namun acara...

24 September 2020, 19:30 WIB

Omnibus Law Ciptaker Tidak Menghilangkan Mekanisme Pesangon

Oleh : Raavi Ramadhan Pemerintah telah menginisiasi Omnibus Law Ciptaker sebagai terobosan di bidang regulasi....

24 September 2020, 17:55 WIB

loading...