Sabtu, 23 November 2019 - 14:51 WIB

Diperlukan Peran Kongkret Media Untuk Suksesnya Indonesia Maju

Oleh : Devi Santika (Relawan Kajian Kaum Muda Milrneal )

Pada masa ini kita sedang berada di dalam dunia yang sangat terbuka (open world) yang berarti keterbukaan interaksi telah terjadi dan melampaui batas-batas negara.

Ditambah instrumen media saat ini kian membuat hubungan antara sesama dapat terjadi secara langsung tanpa perlu kontak fisik. Hal ini disebabkan karena media komunikasi sudah sangat maju dan beragam bentuknya.

Pada akhirnya hal ini berimbas pada derasnya arus informasi yang hadir kemudian menembus batas-batas nilai ekonomi, budaya, politik, dan hukum. Kita bisa berselancar disamudera informasi (open source informasi), namun hati hati jangan sampai tergelincir.

Karena ini semua menyebabkan kita berada dalam efek media yang mempengaruhi pola pikir dan realitas sosial. Jangan sampai otak pikiran kita dirasuki betita berita yang disinformasi alias hoax.

Selain itu, perkembangan media saat ini pun memberikan asumsi bahwa media memiliki kekuatan pengaruh yang kuat, khususnya dalam mengkonstruksi gambaran khalayak mengenai realitas sosial.

Namun perlu di garisbawahi bahwa perkembangan ini pun memiliki nilai positif, karena mampu berperan penting dalam pembangunan demokrasi dan meneguhkan kebebasan. Media akhirnya mampu memberikan kontrol yang cukup besar dan membangun kesadaran secara kolektif. Sepanjang dilakukan dengan bertanggung jawab.

Kondisi tersebut diatas direspins secara cerdas oleh Presiden RI terpilih Joko Widodo yang langsung mengintruksikan para menterinya di Kabinet Indonesia Maju untuk menciptakan sebuah sistem yang dapat menutup celah terjadinya tindakan korupsi.

Kemudian Presiden juga meminta jajarannya untuk bekerja cepat, keras, dan produktif. Tak lupa, ia pun mengingatkan kabinetnya untuk bekerja berorientasi pada hasil nyata dan selalu cek masalah di lapangan lalu menemukan solusinya.

Poin di atas inilah yang harus terus dikawal oleh jagat media. Sebab, selain berperan dalam menyampaikan berita dan informasi, media juga harus berperan sebagai pengontrol dan pengawas tatanan pemerintahan agar visi dan misi pemerintah dalm membangun bangsa dapat terus terjaga dan sesuai dengan jalur yang ada. Dengan kata lain media juga punya tanggung jawab dalam menyukseskan kepentingan nasional bangsanya. Untuk itu Diperlukan Peran Kongkret Media Untuk Suksesnya Indonesia Maju menuju kemajuan bangsa.

Artikel ini telah dibaca 241 kali

loading...
Baca Lainnya

Indonesia Mengalami Kemajuan Dalam Menangani Covid-19

Oleh : Derry Pranandia Corona masih belum hilang dari Indonesia namun sudah ada kemajuan dalam...

24 November 2020, 02:53 WIB

Harga Pipa PVC Wavin Terbaru November 2020

Pipa PVC atau Polyvinyl Chloride merupakan pipa yang biasanya digunakan sebagai saluran pembuangan air kotor...

24 November 2020, 02:03 WIB

UU Cipta Kerja Berantas Praktik Korupsi

Oleh : Dodik Prasetyo UU Cipta Kerja merupakan sebuah terobosan dalam meringkas persoalan regulasi yang...

23 November 2020, 22:35 WIB

KKSB Lukai Warga Papua

Oleh : Timoty Kayame Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) kembali melakukan aksi saat turun gunung....

23 November 2020, 21:03 WIB

Masyarakat Mendukung Penertiban Baliho Habib Rizieq

Oleh : Raavi Ramadhan Beberapa waktu belakangan ini, Aparat Penegak hukum gencar menurunkan baliho raksasa...

23 November 2020, 20:31 WIB

Kejaksaan Agung Diminta Usut Tuntas Kasus Dugaan Korupsi Bupati Kepulauan Bintan Apri Sujadi

Puluhan pendemo yang tergabung dalam Forum Peduli Pilkada Jurdil (FPPJ) mendatangi Kantor Kejaksaan Agung di...

23 November 2020, 12:47 WIB

loading...