Rabu, 27 November 2019 - 18:46 WIB

Pemkab Nisel Raih Sejumlah Piagam Penghargaan

Nias Selatan, Deliknews – Pemerintah Kabupaten Nias Selatan Melalui Dinas Komunikasi dan informatika meraih sejumlah Piagam penghargaan Tahun 2019, diantaranya : Piagam Penghargaan dari Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri dan Penganugerahan “Cukup Informatif” dari Komisi Informasi Publik.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias Selatan, Deri Dohude, S.Ag.,MM, saat ditemui sejumlah wartawan dari berbagai Media, Rabu (27/11/2018) di ruang kerjanya jalan Arah Lagundri Km. 7 Fanayama.

Piagam penghargaan kepada Kabupaten Nias Selatan dari Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, merupakan Apresiasi dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan karena penerapan e-Planning dengan SIPD di Kabupaten Nias Selatan Integrasi dengan Kementerian Dalam Negeri, ungkap Deri Dohude.

Dari 33 Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara, ada 7 Kabupaten/Kota E-planing terintegrasi di Kementerian Dalam Negeri, termasuk Kabupaten Nias Selatan diberi Apresiasi oleh Kementerian Dalam Negeri. Piagam penghargaan Itu ditandatangani Atas Nama Menteri Dalam Negeri oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah Dr. Ir. Mohammad Hudori, M.Si, jelasnya.

Selain itu, Penganugrahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2029 diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan sebagai badan informasi “Cukup Informatif” yang diberikan oleh Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara, Yang di serahkan langsung oleh Ketua Komisi Keterbukaan Informasi Publik Provinsi Sumatera Utara, Drs. Robinson Simbolon di City Hall Medan, tambah Kadis Kominfo Nisel, Deri Dohude, S.Ag., MM.

Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Nias Selatan, Deri Dohude, S.Ag., MM mengatakan bahwa, ada Beberapa Kategori mengenai Keterbukaan Informasi Publik, Yakni : Sangat Informatif, Informatif, Cukup Informatif, Kurang Informatif dan Tidak Informatif. Sementara Kabupaten Nias Selatan masuk Kategori Cukup Informatif, ujarnya.

Sebelumnya pada Tahun 2018 lalu, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan juga telah menerima penghargaan berupa “Partisipasi” pada Keterbukaan Informasi Publik. Dan Tahun 2019 Penaugrahan “Cukup Informatif”. Untuk itu, kita berharap agar Tahun depan Kabupaten Nias Selatan dapat masuk dalam Kategori Informatif, harapnya.

Untuk memperoleh Piagam Penghargaan “Informatif” ada beberapa tahapan yang dilakukan oleh Komisi Informasi Publik, yakni : Verifikasi lapangan apakah Pemerintah Kabupaten/Kota Cukup Informatif dalam memberi Informasi-Informasi yang dapat diakses oleh masyarakat, seperti : Website, Media Sosial, Fans Page Nias Selatan dan termasuk peran Jurnalistik baik cetak maupun online.

Lebih lanjut, Pemerintah Kabupaten/Kota mengisi Formulir yang menyangkut Regulasi, Manajemen, Peralatan dan Kegiatan Informasi Publik. setelah mengisi formulir yang telah diberikan oleh Komisi Informasi Publik, selanjutnya dilakukan dialog interaktif yang dihadiri oleh Komisi Informasi Publik, cetusnya.

Berharap adanya partisipasi positif dari masyarakat, supaya Keterbukaan Informasi Publik ini dapat dipergunakan dan dapat diakses secara tepat. dan Untuk meraih Kategori “Informatif” tidak semata – mata hanya tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, akan tetapi perlunya dukungan Stakeholder dan masyarakat, imbuh Deri Dohude. (Sabar Duha)

Artikel ini telah dibaca 304 kali

loading...
Baca Lainnya

Kejari Badung Siap Kawal dan Amankan Dana Corona

Badung – Anggaran penanggulangan dampak Covid-19 di Kabupaten Badung menuai sorotan publik. Pasalnya, dana Rp...

Kepala Seksi Intel Kejaksaan Negeri Badung, I Made Gde Bamaxs Wira Wibowo, SH., MH. (Foto: istimewa)

29 Mei 2020, 14:47 WIB

Dinkes Akui Adanya Keterlambatan Pembayaran Honor Petugas Gugus Covid-19

Gayo Lues-Menaggapi keluhan sejumlah tim gugus tugas Covid-19 di Kabupaten Gayo Lues. Kepala Dinas Kesehatan...

29 Mei 2020, 14:39 WIB

Masih Menggantung, 2,2 M DBH-CT Dialihkan Untuk Covit-19

Gayo Lues-Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gayo Lues, Purnama Abdi, menjelaskan soal Silva Anggaran DBH-CT tahun...

29 Mei 2020, 14:34 WIB

Ombudsman: DPRD Badung Harus Berani Kritisi Kebijakan Bupati

Denpasar – Kepala Ombudsman RI (ORI) perwakilan Bali, Umar Ibnu Alkhatab meminta kepada Anggota Perwakilan...

Aktivis LSM Manikaya Kauci, I Nyoman Mardika. (Foto: istimewa)

29 Mei 2020, 13:08 WIB

Cerita Dua Pembobol ATM di Citra Raya Diringkus Polsek Panongan

TANGERANG –  Sat Reskrim Polsek Panongan Polresta Tangerang Polda Banten meringkus dua orang pelaku pencurian...

28 Mei 2020, 21:36 WIB

Lihat, Kapolresta Tangerang Apresiasi Pelaksanaan Ops Ketupat 2020

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol H. Ade Ary Syam Indradi memberikan apresiasi atas pelaksanaan...

28 Mei 2020, 21:02 WIB

loading...