Rabu, 27 November 2019 - 18:46 WIB

Pemkab Nisel Raih Sejumlah Piagam Penghargaan

Nias Selatan, Deliknews – Pemerintah Kabupaten Nias Selatan Melalui Dinas Komunikasi dan informatika meraih sejumlah Piagam penghargaan Tahun 2019, diantaranya : Piagam Penghargaan dari Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri dan Penganugerahan “Cukup Informatif” dari Komisi Informasi Publik.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias Selatan, Deri Dohude, S.Ag.,MM, saat ditemui sejumlah wartawan dari berbagai Media, Rabu (27/11/2018) di ruang kerjanya jalan Arah Lagundri Km. 7 Fanayama.

Piagam penghargaan kepada Kabupaten Nias Selatan dari Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, merupakan Apresiasi dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan karena penerapan e-Planning dengan SIPD di Kabupaten Nias Selatan Integrasi dengan Kementerian Dalam Negeri, ungkap Deri Dohude.

Dari 33 Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara, ada 7 Kabupaten/Kota E-planing terintegrasi di Kementerian Dalam Negeri, termasuk Kabupaten Nias Selatan diberi Apresiasi oleh Kementerian Dalam Negeri. Piagam penghargaan Itu ditandatangani Atas Nama Menteri Dalam Negeri oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah Dr. Ir. Mohammad Hudori, M.Si, jelasnya.

Selain itu, Penganugrahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2029 diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan sebagai badan informasi “Cukup Informatif” yang diberikan oleh Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara, Yang di serahkan langsung oleh Ketua Komisi Keterbukaan Informasi Publik Provinsi Sumatera Utara, Drs. Robinson Simbolon di City Hall Medan, tambah Kadis Kominfo Nisel, Deri Dohude, S.Ag., MM.

Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Nias Selatan, Deri Dohude, S.Ag., MM mengatakan bahwa, ada Beberapa Kategori mengenai Keterbukaan Informasi Publik, Yakni : Sangat Informatif, Informatif, Cukup Informatif, Kurang Informatif dan Tidak Informatif. Sementara Kabupaten Nias Selatan masuk Kategori Cukup Informatif, ujarnya.

Sebelumnya pada Tahun 2018 lalu, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan juga telah menerima penghargaan berupa “Partisipasi” pada Keterbukaan Informasi Publik. Dan Tahun 2019 Penaugrahan “Cukup Informatif”. Untuk itu, kita berharap agar Tahun depan Kabupaten Nias Selatan dapat masuk dalam Kategori Informatif, harapnya.

Untuk memperoleh Piagam Penghargaan “Informatif” ada beberapa tahapan yang dilakukan oleh Komisi Informasi Publik, yakni : Verifikasi lapangan apakah Pemerintah Kabupaten/Kota Cukup Informatif dalam memberi Informasi-Informasi yang dapat diakses oleh masyarakat, seperti : Website, Media Sosial, Fans Page Nias Selatan dan termasuk peran Jurnalistik baik cetak maupun online.

Lebih lanjut, Pemerintah Kabupaten/Kota mengisi Formulir yang menyangkut Regulasi, Manajemen, Peralatan dan Kegiatan Informasi Publik. setelah mengisi formulir yang telah diberikan oleh Komisi Informasi Publik, selanjutnya dilakukan dialog interaktif yang dihadiri oleh Komisi Informasi Publik, cetusnya.

Berharap adanya partisipasi positif dari masyarakat, supaya Keterbukaan Informasi Publik ini dapat dipergunakan dan dapat diakses secara tepat. dan Untuk meraih Kategori “Informatif” tidak semata – mata hanya tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, akan tetapi perlunya dukungan Stakeholder dan masyarakat, imbuh Deri Dohude. (Sabar Duha)

Artikel ini telah dibaca 388 kali

loading...
Baca Lainnya

Terima Penghargaan dari Komisi Informasi, Ini Kata Nevi Zuairina

Padang, РAnggota DPR  RI Hj. Nevi Zuairina dinobatkan oleh Komisi Informasi (KI) Sumbar sebagai...

Penyerahan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik & Achievement Motivation Award Person 2020 di Hotel Grand Zuri, Padang, Rabu (25/11/20).

27 November 2020, 07:02 WIB

Kapolresta Tangerang Bagikan 1000 Madu untuk Seluruh Anggota Polres dan Polsek

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi membagikan madu kepada anggota termasuk...

26 November 2020, 18:31 WIB

Kapolres Majalengka Bagi Bantuan Sembako Ke 15 Korban Terpapar Positif Covid-19

MAJALENGKA – Kapolres Majalengka AKBP Dr. Bismo Teguh Prakoso melaksanakan bhakti Sosial dengan memberikan Paket...

26 November 2020, 18:22 WIB

Kabaharkam Polri Beri Pembekalan di Apel Kasatwil 2020, Ini yang Disampaikan

JAKARTA – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, memberikan pembekalan kepada...

25 November 2020, 22:12 WIB

Laksanakan Apel, Polsek Balaraja dan Muspika Siap Gencarkan Operasi Yustisi

TANGERANG – Polsek Balaraja Polresta Tangerang Polda Banten melaksanakan apel persiapan pelaksanaan Operasi Yustisi, Rabu...

25 November 2020, 21:39 WIB

Camat dan Kapolsek Tigaraksa Serahkan Bantuan Sembako untuk Warga

TANGERANG – Kapolsek Tigaraksa Polresta Tangerang Polda Banten Kompol Sumaedi mendampingi Camat Tigaraksa Rahyuni menyerahkan...

25 November 2020, 21:30 WIB

loading...