Ini Kata Jaksa Soal Pembayaran di MTsN 5 Pasaman

  • Whatsapp
Kasi Intelijen Kejari Pasaman Ikhsan, SH., MH diwawancarai wartawan Deliknews.com, Kamis (5/12).

Pasaman, – Soal sejumlah pembayaran di MTsN 5 Pasaman menurut Kasi Intelijen Kejari Pasaman Ikhsan, SH., MH harus diperdalam, Komite ada aturannya di Permendikbud.

Hal ini disampaikan Ikhsan saat diwawancarai usai dilaksanakannya Sosialisasi Saber Pungli di Kantor Bupati Pasaman, Kamis (5/12).

Ikhsan ditanya soal pembayaran untuk pembelian komputer yang biayanya berasal dari orangtua siswa, menurutnya hal itu harus diperdalam apakah dilakukan rapat Komite atau tidak, Komite ada aturannya di Permendikbud.

BACA JUGA : Polres Periksa Pengadaan Komputer di MTsN 5 Pasaman, Ini Hasil Sementara

“Itu harus diperdalam, apakah dilakukan rapat Komite atau tidak. Pungli tidak sesuai (aturan), Komite ada aturannya di Permendikbud,” kata Ikhsan menjawab pertanyaan wartawan Deliknews.com.

Dijelaskan Ikhsan, untuk membuat suatu kesepakatan harus atas persetujuan keseluruhan anggota Komite. Namun perlu diketahui apakah ada tata tertib komite sebelumnya, karena tidak mungkin hadir 100 persen.

Menurut Jaksa ini, kalau pungutan ditetapkan jumlahnya dan diwajibkan, namun kalau sumbangan tidak ditetapkan jumlahnya dan tidak dipaksakan.

Kemudian ditanya soal pembayaran biaya pemeriahan HUT RI dan pembayaran saat daftar ulang untuk pembelian Al-Qur’an, sampul rapor dan lainnya, dikatakan Ikhsan harusnya komplain ke dinas.

“harusnya dikomplain ke dinas atau kekantor atau kementrian, apakah ini diperbolehkan atau ada kebijakan disitu terkait pengadaan itu, atau ada kesepakatan atau bagaimana”, ungkapnya.

BACA JUGA : Polres Pasaman Segera Dalami Masalah Pembayaran di MTsN 5 Pasaman

Selanjutnya ditanya lagi, bagaimana tindakan Tim Saber Pungli terhadap permasalahan pembayaran di MTsN 5 Pasaman yang telah beberapa kali diberitakan oleh media. Ia menyarankan agar hal itu ditanya kepada Ketua Tim Saber Pungli.

“Ke ketua tim Saber saja tanya, harusnya ke Pak Waka wawancara ini ketua Saber Pungli”, tutup Ikhsan mengakhiri.

Untuk diketahui, pada 3 Desember 2019 kemarin wartawan Deliknews.com telah menyurati (surat wawancara) Ketua Tim Saber Pungli Kabupaten Pasaman terkait permasalahan pembayaran itu, namun belum ada balasan.

(Darlin)

Pos terkait