Sabtu, 7 Desember 2019 - 15:39 WIB

Melek Anggaran: FITRA Jatim Selenggarakan Sekolah Politik Anggaran

SURABAYA – Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Jawa Timur menyelenggarakan sekolah politik anggaran selama 2 hari mulai 6 – 7/12/2019 di Surabaya. Kegiatan ini sebagai upaya untuk mendorong public melek anggaran, yang nantinya akan meningkatkan control public terhadap anggaran daerah. Sekolah anggaran yang diikuti oleh Non Government Organization (NGO), akademisi, aktivis mahasiswa serta anggota DPRD yang berasal dari beberpa daerah di Jawa Timur.

Dalam sekolah politik anggaran peserta difasilitasi oleh fasilitator dari FITRA Jatim dan juga Seknas FITRA peserta diberikan materi tentang filosofi dan politik anggaran daerah, proses dan tahapan anggaran daerah (APBD), serta dalam sekolah anggaran ini peserta juga diajak untuk melakukan praktek analisis anggaran.

Menurut Dakelan (Direktur FITRA Jatim), sekolah politik anggaran ini menjajdi ikhtiar untuk mendorong tata kelola anggaran daerah yang lebih berpihak kepada masyarakat melalui perluasan melek anggaran. “Masyarakat atau public perlu untuk mengetahui lebih banyak informasi tentang anggaran daerah, karena dengan mengetahui informasi anggaran masyarakat dapat terlibat dalam setiap tahapan dan proses penyusunan perencanaan dan penganggaran daerah” ujar Dakelan.

Memahami politik anggaran menjadi cukup penting karena selama ini kebijakan anggaran yang disusun oleh pemerintah daerah hanya sebatas sesuai dengan peraturan, tanpa mempertimbangkan lebih jauh tentang kebutuhan masyarakat. “Secara politik, anggaran harus dimaknai bukan sekedar pelaksanaan permendagri akan tetapi harus dimaknai sebagai alat untuk peningkatan kesejahteraan warga negara” demikian disampaikan oleh Ismail Amir, salah satu Nara sumber.

Dalam sekolah politik anggaran ini juga mendiskusikan tentang struktur APBD, seperti struktur pendapatan daerah, memahami apa saja pendapatan daerah, termasuk juga mengenali dan memahami struktur belanja daerah. Tujuan materi ini sendiri agar peserta memiliki pemahaman terhadap isi atau struktur APBD yang kemudian dapat melakukan analisis APBD di daerah masing-masing.

Sesi selanjutnya peserta diajak bersama-sama untuk praktek analisis APBD, Gulfino dari Seknas FITRA yang memandu praktek ini menyampaikan tujuan analisis APBD, pendekatan analisis dan jenis analisis APBD. Yang terpenting dari analisis ini adalah terbangunya prespektif tentang anggaran daerah terlebih dahulu, karena ini akan mempengaruhi arah dan keperpihakan dari analisis kita.(Rilis/jat)

Artikel ini telah dibaca 734 kali

loading...
Baca Lainnya

SIG Serahkan Bantuan Untuk Tenaga Medis Rumah Sakit dan Puskesmas di Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) memberikan apresiasi kepada tenaga medis yang terlibat...

23 Desember 2020, 16:44 WIB

Hindari Denda, KPP Tuban Himbau Taat Pajak

Tuban – Para Wajib Pajak diingatkan kembali untuk segera melunasi utang pajak yang belum dibayar...

18 Desember 2020, 13:04 WIB

Ganjar Pranowo Ajak Kader Banteng Untuk All Out Menangkan Setia Negara

Tuban – Kader PDI Perjuangan yang juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo turun gunung. Mantan...

28 November 2020, 22:40 WIB

KPP Pratama Tuban Kunjungi Tax Center Unirow

Tuban – Kunjungan ini sebagai bentuk apresiasi atas sinergi yang telah dilakukan kerja sama selama...

26 November 2020, 14:52 WIB

Disaksikan Bupati Tuban, NGRR Tuban Menandatangani Perjanjian Kerja Sama CSR

Tuban – perusahaan energi berskala Nasional, PT Pertamina berkomitmen untuk senantiasa memprioritaskan keseimbangan dan kelestarian...

25 November 2020, 15:28 WIB

Mitra Binaan SIG, Bandeng Mentari Terus Berinovasi Untuk Bertahan di Tengah Pandemi

Gresik – UMKM Mitra Binaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) terus melakukan inovasi guna...

19 November 2020, 18:51 WIB

loading...