Selasa, 10 Desember 2019 - 18:44 WIB

Wabup Sayangkan Motif Kerawang Gayo Lues Diciplak

Gayo Lues-Motif kerawang Gayo Lues sudah mulai diciplak oleh berbagai belahan Asia, misalnya di Thailand. Ini menunjukkan motif kerawang sudah digemari, namun sangat disayangkan bila hal ini dibiarkan berlarut akan menjadi dilema tersendiri.

“Motif kerawang kita udah ada yang disablon oleh orang asing, dengan menggunakan plastik. Contoh tikar yang selama ini kita gunakan warnanya hampir menyerupai bentuk kerawang gayo,” jelas Wakil Bupati Gayo Lues, H. Said Sani, Selasa (10/12/2019) ketika membuka seminar Finalisasi Hak Paten Motif Kerawang Gayo, di Aula Nusa Indah.

Dalam hal ini jelas Wabup, perlu adanya ketegasan dari Pemerintah Daerah terkait motif dan makna kerawang Gayo adalah murni milik masyarakat  Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh.

“Kami sebagai pemerintah tidak menginginkan ada kebudayaan kita yang diambil orang luar, oleh karena itu  kami sangat mendukung dan berharap agar hak paten motif kerawang ini segera terwujud,” tegas Wakil.

Ia berharap, kepada seluruh pengrajin kerawang gayo agar dapat melestarikan dan menjaga kerawang gayo sebagai kebudayaan masyarakat milik Gayo Lues, kedepannya motif kerawang gayo bisa diletakkan pada tempatnya seperti  zaman dulu banyak kalangan yang memakainya baju kerawang seperti Pemimpin atau Reje, Pengangkatan, Anak Gadis atau Seberu.

Selanjutnya, Kepala Dinas Perindustrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Gayo Lues Ridwansyah, melaporkan kegiatan tersebut diikuti sebanyak 100 peserta dari 11 Kecamatan yang terdiri dari tokoh masyarakat Komunitas Pecinta Kerawang (KPK) dan anggota dari MAA.

Ia mengaku, dalam waktu dekat akan mendaftarkan hak paten kerawang gayo ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), setelah itu langsung diumumkan. “Syarat untuk mengajukan hak paten, kita harus membuat kegiatan seminar, sebelumnya kita juga sudah menggelar kegiatan yang sama dengan hari ini, berarti kita sudah tiga kali melakukan seminar,” jelasnya(Ali Sadikin)

Artikel ini telah dibaca 238 kali

loading...
Baca Lainnya

Jaga Kondusifitas Wilayah, Kapolres Majalengka Sambangi Tokoh Agama

MAJALENGKA- Kapolres Majalengka AKBP Dr. Bismo Teguh Prakoso gencar terus melakukan kunjungan ke sejumlah tokoh....

30 November 2020, 22:39 WIB

Polda Aceh Diminta Segera Gelar Perkara Dugaan Kasus Korupsi Makan Minum Karantina Hafiz

BANDA ACEH-M Purba,SH Praktisi Hukum dikabupaten Gayo Lues mengapresiasi penanganan Penyelidikan dugaan korupsi Makan minum...

30 November 2020, 21:50 WIB

Haul di Ponpes Abuya Uci Dipantau Satgas Penanggulangan Covid-19

TANGERANG – Kegiatan Haul Syeh Abdul Qadir Jailani di Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah, Kampung Cilongok, Desa...

30 November 2020, 21:48 WIB

Kapolresta Tangerang Bersama Dandim dan Pemkab Bubarkan Kerumunan Acara Haul

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi bersama Dandim 0510 Tigaraksa Letkol...

30 November 2020, 21:43 WIB

Kapolresta Tangerang dan Dandim Tigaraksa Imbau Jema’ah Haul Tetap Laksanakan Prokes

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi bersama Dandim 0510 Tigaraksa Letkol...

30 November 2020, 21:36 WIB

Polda Aceh Akhirnya Limpahkan Tahap II Perkara Pertambangan Tanpa Izin ke Jaksa

DelikNews(Banda Aceh) Hari ini penyidik telah menyerahkan tugas dan tanggungjawab penyidik kepada Jaksa Penuntut Umum...

30 November 2020, 21:13 WIB

loading...