167 Kades Dilantik, Bupati Blitar: Perbedaan Bukan Musuh

  • Whatsapp

Blitar.deliknews – Bupati Blitar, Drs. H.Rijanto, MM melantik 167 kepala desa terpilih masa jabatan 2019 – 2025, di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Jumat (13/12/2019).

Dalam kesempatannya ia mengatakan, jabatan Kepala Desa merupakan amanah. Untuk itu, dalam melaksanakan amanah harus penuh rasa tanggungjawab demi kemajuan desanya.

Bacaan Lainnya

Rijanto juga menuturkan, proses pemilihan kepala desa dari awal sampai pelaksanaan pemilihan yakni pada tanggal 15 Oktober 2019 tentu diwarnai dengan banyaknya perbedaan pilihan dan berharap perbedaan itu tidak membuat jarak permusuhan antara pendukung satu dengan yang lain.

“Untuk kades yang baru saja dilantik secara sah menjabat kepala desa, saya harap harus mampu menyatukan semua perbedaan. Sehingga bisa membangun desa bersama-sama agar menjadi lebih baik,” tuturnya.

Bupati Blitar juga berpesan, kepala desa yang baru saja dilantik memiliki kewenangan, hak, fungsi, tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan berdasarkan ketentuan perundang-undangan.

Terkait hal itu, kepala desa harus segera melakukan konsolidasi dengan seluruh elemen, menyatukan komitmen guna kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, dituntut untuk segera menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang memuat visi dan misi Kepala desa dengan mengacu pada RPJMD Kabupaten Blitar untuk mewujudkan Visi Bupati/Wakil Bupati Blitar, Menuju Kabupaten Lebih Sejahtera, Maju dan Berdaya Saing.

Lebih lanjut, ia berpesan kepada seluruh kepala desa yang baru saja dilantik untuk memastikan masyarakat mendapat pelayanan yang terbaik, mempersingkat prosedur birokrasi, bersikap ramah, dan terbuka. Juga secara profesional dan inovatif memantapkan program kegiatan dengan tepat sasaran dapat dinikmati manfaatnya oleh masyarakat.

Terakhir, Bupati Blitar menyampaikan rasa terima kasih kepada kades periode 2013-2019 atas pengabdiannya dan juga kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan penyelenggaraan Pilkades Serentak di Kabupaten Blitar Tahun 2019 mulai tahap awal sampai pelantikan. (Jun)

Pos terkait

loading...