Penyalagunaan Narkoba Di Jatim Diatas Angka Nasional

  • Whatsapp

Tuban – Tinggi nya penyalahgunaan narkoba di Jawa Timur dari pada angka Nasional terungkap saat  Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI berkunjung ke kantor BNN Kabupaten Tuban di jalan Ronggolawe Tuban, Senin (23/12/2019).

Kepala BNN RI, Komjen Pol. Drs. Heru Winarko, SH saat jumpa pres di kantor BNNK Tuban. menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Pemkab Tuban dalam mendukung operasional BNNK Tuban. Dengan kerja antar instansi dapatnya terus ditingkatkan untuk menjaga kabupaten Tuban dari ancaman narkoba.

Lanjutnya, dengan adanya pembangunan kawasan industri kedepannya di kabupaten Tuban harus mendapat perhatian khusus. Kehadiran industri mampu menciptakan kultur masyarakat yang berbeda dari masyarakat sebelumnya. Hal tersebut sedikit banyak akan merubah pola gaya hidup masyarakat Tuban.

“Kita harus menjaga masyarakat dan generasi muda Kabupaten Tuban dari kebiasaan buruk, seperti obat-obatan terlarang dan narkoba. Sebelum saya ke sini sudah mendiskusikan sama ibu Gubernur Jatim tentang tingginya penyalahgunaan Narkoba di Jatim. Angka penyalahgunaan narkoba di Jawa Timur mencapai 2,1 persen, lebih tinggi dari angka Nasional yaitu 1,8 persen” ujar Komjen Pol. Drs. Heru Winarko, SH.

Di kabupaten Tuban, penyalahgunaan narkoba didominasi peredaran pil karnopen. Saat ini sudah masuk golongan I sehingga bisa diproses secara hukum. “Langkah ini mampu menekan pengguna karnopen di masyarakat, termasuk di kabupaten Tuban. Sehingga penyalahgunaan karnopon bisa menurun,” jelasnya.

Saya menginnstruksikan seluruh BNNK untuk memetakan jaringan peredaran narkoba. Setiap tangkapan dilakukan assessment medis dan pidana. Jika memang memungkinkan akan direhabilitasi. “Pengguna narkoba bukan kriminal, tapi harus direhabilitasi. Berbeda dengan pengedar dan bandar akan ditindak tegas dengan pidana,” pungkasnya. (jat)

Pos terkait

loading...