Kamis, 26 Desember 2019 - 15:19 WIB

Durian Tinggi Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan

Pasaman, – Deklarasi stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dilaksanakan di Nagari Durian Tinggi, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Kamis (26/12).

Dekrarasi ini dihadiri langsung oleh Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, Kepala Dinas Kesehatan dr. Arnida, Camat dan kepala OPD lainnya serta wali nagari dan tokoh masyarakat setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, dr. Arnida diwakili Kabid Kesmas, dr. Rahadian Suryanta mengatakan, deklarasi stop BABS itu merupakan program pokok dalam pembangunan masyarakat.

Disampaikan Rahadian Suryanta, ada lima pilar STBM harus diterapkan ditengah masyarakat, stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, mengkonsumsi air minum yang telah diolah, mengolah sampah dan limbah rumah tangga dengan baik.

Nagari Durian Tinggi ini sudah masuk ke dalam pilar pertama (stop BABS). Ini harus menjadi perhatian dan contoh bagi nagari-nagari lainnya di Kabupaten Pasaman. Akses Jamban di Nagari Durian Tinggi pada 2019 sudah mencapai 100 persen.

“Durian Tinggi nagari pertama di Pasaman yang sudah ODF. Diharapkan nagari-nagari lain bisa menyusul dan mencontoh, dimana 100 persen warganya sudah memiliki jamban,” ujarnya.

Camat Lubuksi Saping, Dina Darmayanti mengapresiasi ditunjuknya Nagari Durian Tinggi melaksanakan deklarasi nagari ODF satu-satunya di Pasaman.

“Kesehatan masyarakat itu sangat didukung oleh prilaku hidup sehat. Kebiasaan BAB di sungai apalagi dihalaman harus dihentikan, karena bisa menularkan penyakit. Program ini harus kita sukseskan terus, dibutuh kerjasama dengan semua pihak,” ungkap Dina Darmayanti.

(Darlin)

Artikel ini telah dibaca 41 kali

loading...
Baca Lainnya

Kapolresta Tangerang Bagikan 1000 Madu untuk Seluruh Anggota Polres dan Polsek

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi membagikan madu kepada anggota termasuk...

26 November 2020, 18:31 WIB

Kapolres Majalengka Bagi Bantuan Sembako Ke 15 Korban Terpapar Positif Covid-19

MAJALENGKA – Kapolres Majalengka AKBP Dr. Bismo Teguh Prakoso melaksanakan bhakti Sosial dengan memberikan Paket...

26 November 2020, 18:22 WIB

Kabaharkam Polri Beri Pembekalan di Apel Kasatwil 2020, Ini yang Disampaikan

JAKARTA – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, memberikan pembekalan kepada...

25 November 2020, 22:12 WIB

Laksanakan Apel, Polsek Balaraja dan Muspika Siap Gencarkan Operasi Yustisi

TANGERANG – Polsek Balaraja Polresta Tangerang Polda Banten melaksanakan apel persiapan pelaksanaan Operasi Yustisi, Rabu...

25 November 2020, 21:39 WIB

Camat dan Kapolsek Tigaraksa Serahkan Bantuan Sembako untuk Warga

TANGERANG – Kapolsek Tigaraksa Polresta Tangerang Polda Banten Kompol Sumaedi mendampingi Camat Tigaraksa Rahyuni menyerahkan...

25 November 2020, 21:30 WIB

Cegah Penyebaran Covid-19, Polsek Cikupa Apel Operasi Yustisi

TANGERANG – Jajaran Polsek Cikupa Polresta Tangerang Polda Banten melaksanakan apel Operasi Yustisi, Selasa (24/11/2020)....

25 November 2020, 21:22 WIB

loading...