Trenggalek – Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Jawa Timur telah melaksanakan program melek anggaran untuk mewujudkan kebijakan pembangunan yang responsive gender dan inklusif melalui peningkatan kapasitas pemerintah desa, BPD dan juga masyarakat.

FITRA Jawa Timur berkerjasama dengan KOMPAK menyelenggarakan Sekolah Anggaran Desa (SEKAR DESA) dan menginisiasi terbentuknya posko pengaduan dan aspirasi di tiga desa yaitu, Desa Tangkil, Desa Sawahan dan Desa Banjar di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek.

Program ini yang bertujuan untuk mendorong lahirnya kebijakan perencanaan dan penganggaran desa yang responsive gender dan inklusif melalui peningkatan kapasitas pemerintah desa, BPD dan juga masyarakat.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh FITRA Jatim mendapat apresiasi dari Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin dalam diskusi yang diselenggarakan oleh FITRA Jawa Timur (27/12/2019) bertempat di galeri Juang Trenggalek.

“Kita sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh FITRA Jatim, dengan sekolah anggaran dan Posko Pengaduan, kegiatan ini sangat membantu pemerintah desa dan juga pemerintah daerah dalam mempercepat terwujudnya pembangunan yang lebih responsive melalui peningkatan partisipasi masyarakat” ungkap H. Mochamad Nur Arifin

Lebih lanjut, Bupati trenggalek juga meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPD) Kabupaten Trenggalek untuk mereplikasi sekolah anggaran desa. “Saya sangat mendukung kegiatan baik ini, sebagai bentuk dukungan saya minta DPMPD dalam APBD perubahan 2020 nanti dianggarkan untuk mereplikasi kegiatan sekolah anggaran dengan melibatkan FITRA” tegasnya.

Selain itu Bupati juga meminta DPMPD Kabupaten Trenggalek untuk segera membuat surat edaran agar seluruh BPD menyediakan media pengaduan dan aspirasi bagi masyarakat baik berupa kotak aspirasi maupun media online lainnya seperti penggunaan Wathsapp.

Sementara itu kepala DPMPD Kabupaten Trenggalek, yang juga hadir dalam diskusi tersebut mengatakan akan segera menindaklanjuti dukungan Bupati tersebut. Kegiatan yang dilakukan oleh KOMPAK dan FITRA Jatim ini sangat mendukung pemerintah daerah. (Rilis/jat)