Jumat, 3 Januari 2020 - 23:44 WIB

Wali Kota Tarakan Pimpin Upacara Hari Amal Bhakti Kementrian Agama ke 74

Tarakan – Wali Kota Tarakan dr. H. Khairul. M.Kes, bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke 74, bertempat di halaman kantor Kementrian Agama kota Tarakan, Jumat (3/1).

Kementrian Agama setiap tanggal 3 Januari selalu memperingati hari Depertemen Agama atau sekarang dinamakan Hari Amal Bhakti. Peserta upacara Hari Amal Bhakti diikuti oleh puluhan pegawai Kementrian Agama kota Tarakan.

Dalam upacara memperingati HAB ke-74 dihadiri ketua MUI Kaltara, Ketua MUI Kota Tarakan, Kepala Kemenag Kota Tarakan, FKUB Kota Tarakan, Forkopindo Kota Tarakan dan instansi vertikal kota Tarakan.

Walikota Tarakan dr. H. Khairul.M.Kes, menyampaikan untuk memperingatan Hari Amal Bahkti Ke-74 tahun 2020 Kementerian Agama merefleksikan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Penghargaan terhadap para perintis dan pendiri Kementerian Agama, kita semua bisa berdiri tak lepas dari perjuangan serta pengorbanan generasi terdahulu.

“Kementerian Agama dibentuk pada 3 Januari 1946 dengan Menteri Agama pertama Haji Mohammad Rasjidi. Kementerian agama lahir ditengah kancah revolusi fisik bangsa Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan dari penjajahan. Kementrian agama sebagai bagian dari perangkat bernegara dan pemerintahan. Kementerian Agama hadir dalam rangka pelaksanaan 29 undang-undang dasar 1945” ujar dr. H. Khairul.M.Kes.

Saya menyampaikan amanat Menteri Agama Fachrul Raji bahwa Pentingnya Kerukunan Umat Untuk Menuju Indonesia Maju. Dalam undang-undang dasar negara kita, pasal 29 bahwa “Negara berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa” dan “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing serta untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya.

Lanjutnya, tugas utama kementerian agama adalah membangun jiwa manusia sebagai landasan terbentuknya mental bernegara yang baik, tentu memiliki fungsi strategis misalkan fungsi agama dan fungsi pendidikan.

Dan seiring dengan agenda reformasi birokrasi, restrukturisasi dan penyederhanaan birokrasi, kita semua dituntut untuk terus beradaptasi dengan tuntutan perubahan dan percepatan pelayanan publik yang mengedepankan prinsip efisiensi, transparansi dan akuntabilitas serta bebas dari KKN.

Masih menurutnya, fundamental moral yang harus melandasi penyelenggaraan negara, pemerintah dan pembangunan serta menyinari seluruh ruang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, juga secara otomatis aktif melindungi hak dan kewajiban beragama juga beribadat setiap pemeluk agama, serta jangan melakukan propaganda anti agama, penistaan, ujaran kebencian, kekerasan pemeluk agama dan sebagainya.

“Agama dan Negara saling membutuhkan dan saling mengokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia, tentu perlu penguatan indentitas kebangsaan yang tidak boleh dipisahkan apalagi dipertentangkan, jika tidak negara dapat melahirkan redikkalisme beragama” ungkapnya.

Maka sejalan dengan tema “Hari Amal Bahkti Kementerian Agama” tahun 2020 yaitu “Umat Rukun, Indonesia Maju”, saya mengajak seluruh masyarakat untuk memperkuat kerukunan umat beragama di Tanah Air, sebab kerukunan umat ini akan menjadi modal kita bersama membangun negara menjaga integritas nasional, artinya kita hadir melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama, pungkasnya. (aspian)

Artikel ini telah dibaca 31 kali

loading...
Baca Lainnya

Kapolresta Tangerang Bagikan 1000 Madu untuk Seluruh Anggota Polres dan Polsek

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi membagikan madu kepada anggota termasuk...

26 November 2020, 18:31 WIB

Kapolres Majalengka Bagi Bantuan Sembako Ke 15 Korban Terpapar Positif Covid-19

MAJALENGKA – Kapolres Majalengka AKBP Dr. Bismo Teguh Prakoso melaksanakan bhakti Sosial dengan memberikan Paket...

26 November 2020, 18:22 WIB

Kabaharkam Polri Beri Pembekalan di Apel Kasatwil 2020, Ini yang Disampaikan

JAKARTA – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, memberikan pembekalan kepada...

25 November 2020, 22:12 WIB

Laksanakan Apel, Polsek Balaraja dan Muspika Siap Gencarkan Operasi Yustisi

TANGERANG – Polsek Balaraja Polresta Tangerang Polda Banten melaksanakan apel persiapan pelaksanaan Operasi Yustisi, Rabu...

25 November 2020, 21:39 WIB

Camat dan Kapolsek Tigaraksa Serahkan Bantuan Sembako untuk Warga

TANGERANG – Kapolsek Tigaraksa Polresta Tangerang Polda Banten Kompol Sumaedi mendampingi Camat Tigaraksa Rahyuni menyerahkan...

25 November 2020, 21:30 WIB

Cegah Penyebaran Covid-19, Polsek Cikupa Apel Operasi Yustisi

TANGERANG – Jajaran Polsek Cikupa Polresta Tangerang Polda Banten melaksanakan apel Operasi Yustisi, Selasa (24/11/2020)....

25 November 2020, 21:22 WIB

loading...