Jumat, 17 Januari 2020 - 16:40 WIB

Kondisi Bangunan Jembatan Air Ampang Gadang, Jum'at (17/01/19).

Kondisi Bangunan Jembatan Air Ampang Gadang, Jum'at (17/01/19).

Jalan Nasional Membuat Resah, Penegak Hukum Mohon Turun Tangan

Sumbar, – DPD LSM Forum Peduli Bangsa Indonesia (Fopbindo) Sumbar menduga Pembangunan Penggantian Jembatan Air Ampang Gadang Kabupaten Pasaman kegiatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun 2019 tidak sesuai spesifikasi.

Pasalnya, pembangunan jembatan jalan lintas Sumbar – Sumut itu dilaksanakan Satker Pelaksanan Jalan Nasional Wilayah l Provinsi Sumbar dengan pagu dana Rp 2,5 miliar lebih, terlihat telah rampung. Namun meresahkan pengendara dan masyarakat setempat karena telah mengalami kerusakan beberapa waktu lalu, sudah diperbaiki, tapi telah mulai rusak kembali. Tak tanggung – tanggung, kondisi bangunan jembatan itu sudah tampak miring.

Berangkat dari persolan itu, Ketua DPD LSM Fopbindo Sumbar Ahmad Husein mempertanyakan kualitas pembangunan itu, sebab jembatan tersebut sudah miring tidak seperti semula.

Baca juga : Bermasalah, Kantor BPBD Sumbar Harus Dibongkar ?

“Kita menduga pembangunan jembatan ini tidak sesuai spesifikasi, badan jalan ada yang rusak dan jembatan miring, ini meresahkan pengendara dan jangan sampai merugikan negara, kalau merugikan negara harus diproses sesuai hukum yang berlaku,” kata Ahmad Husein, Jum’at (17/1).

Ahmad Husein meminta pihak – pihak terkait termasuk para penegak hukum agar mengecek dan meninjau kondisi jembatan itu, bila benar tidak sesuai spesifikasi, mohon dibongkar dan diperbaiki.

“Kalau perlu, kita juga meminta para instansi pusat seperti KPK, Kejagung dan Polri, memonitor dengan baik pembangunan itu, sebab infrastruktur merupakan program kebanggaan Presiden Jokowi, jadi jajarannya mesti memperhatikan dengan baik,” pinta Ahmad Husein.

Sebelumnya pada (24/12/19) lalu, Kasatker PJN Wilayah l Sumbar, Albar Daeng, menyampaikan pekerjaan itu masih tahapan pemeliharaan dan badan jalan atau oprit jembatan yang rusak pasti dibongkar.

“Iya pekerjaan itu telah PHO dan sekarang masih masa pemeliharaan. Kalo badan jalan atau dalam hal ini oprit jembatan rusak, pasti diperbaiki dan dibongkar. Masih masa pemeliharaan sampai dengan FHO Oktober 2020,” katanya.

Baca berita terkait : Soal Jembatan Meresahkan, Kasatker PJN Sumbar Angkat Bicara

Namun waktu itu, soal jembatan yang terlihat miring, Albar Daeng membantah, akan dilihat designnya dan akan diukur.

“Kalo jembatan menurut saya ga miring. kalo pun ntar miring, coba kita liat dr designnya seperti apa dan coba nanti di ukur. Kalo untuk perbaikan, intinya selama masih dalam masa pemeliharaan masih tanggung jawabnya kontraktor,” ungkap Albar Daeng.

Pantauan Deliknews.com, hingga hari ini (17/1) pembangunan jembatan itu tampak semakin miring bila dibandingkan dengan kondisi awal.

(Darlin)

Artikel ini telah dibaca 111 kali

loading...
Baca Lainnya

Jumlah Pasien Covid-19 Meningkat, Kapolres Kembali Tinjau Kesiapan RSUDMAK

Gayo Lues-Menindak lanjuti Instruksi Kapolda Aceh untuk melihat kondisi  RS dalam penanganan Pasien Covid-19 dan...

28 September 2020, 23:07 WIB

Kapolresta Tangerang Bagikan 1000 Madu untuk Anggota Polres dan Polsek Jajaran

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi membagikan 1000 botol madu kepada...

28 September 2020, 21:23 WIB

Diduga Manipulasi Anggaran Mamin, Program 1000 hafizd Gayo Lues Terancam Gagal

Jakarta – mencuatnya dugaan manipulasi anggaran untuk makan minum 1000 santri kabupaten Gayo Lues selama...

28 September 2020, 20:54 WIB

Sertifikat Ganda Lahan Diklaim BPD Bali, Ini Penjelasan BPN Denpasar

Denpasar – Sengketa lahan sertifikat ganda yang berbuntut penguasaan lahan seluas 3,85 are dilakukan Bank...

Ruang Penyimpanan Warkah BPN Denpasar.

28 September 2020, 20:24 WIB

Operasi Yustisi, Puluhan Masyarakat Tidak Bermasker Disanksi Polsek Balaraja

TANGERANG – Upaya pendisiplinan masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan terkait COVID-19 gencar dilakukan jajaran Polsek...

27 September 2020, 20:33 WIB

Cerita Polsek Balaraja Sanksi 33 Pengendara Tidak Kenakan Masker

TANGERANG – Jajaran Polsek Balaraja Polres Kota Tangerang Polda Banten gencar melaksanakan kegiatan pendisiplinan masyarakat...

27 September 2020, 20:28 WIB

loading...