Rabu, 5 Februari 2020 - 15:40 WIB

Dinkes Pasaman Terus Pantau Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Pasaman, – Pemerintah Kabupaten Pasaman melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman melakukan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak yang ada di Kabupaten Pasaman.

Kegiatan ini merupakan program Kementrian Kesehatan dan dilaksanakan secara nasional, pada bulan Februari dan Agustus besok melalui Puskesmas yang ada di Kabupaten Pasaman.

Baca juga : Puskesmas Simpati Pantau Pertumbuhan Balita

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman dr. Arnida melalui Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Rahadian Suryanta, kepada Deliknews.com, Rabu (5/2) sore.

“Pemantauan pertumbuhan dan perkembangan serta pemberian vitamin A pada balita di posyandu merupakan bagian dari strategi penurunan stunting, dilaksanakan secara nasional sesuai surat edaran Kemenkes,” kata Rahadian Suryanta.

Kegiatan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak dilakukan diberbagai tempat di Posyandu, PAUD, TK, hingga langsung kerumah masyarakat untuk yang tidak bisa atau berhalangan hadir ke Posyandu.

Khusus pada bulan Februari dan Agustus ini kegiatan yang dilakukan adalah penimbangan berat badan, pengukuran tinggi/panjang badan, pemantauan perkembangan dengan kuesioner pra skrining perkembangan, pemberian vitamin A kepada balita berumur 6 – 59 bulan, pemberian edukasi kepada ibu balita mengenai pemberian makanan pada bayi dan anak, pemberian obat cacing untuk balita, pemeriksaaan kesehatan ibu hamil, pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil kurang energi kronis dan balita kurus serta pemberian tablet tambahan untuk ibu hamil.

Baca juga : Sumbar Siap Tuan Rumah MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020, Ini Saran Menag

“Dengan terpantaunya tumbuh kembang balita secara rutin, maka akan tumbuh generasi – generasi sehat. Ini akan mencegah stunting. Diharapkan setiap ibu melakukan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak setiap bulannya,” ujarnya.

Menurut Rahadian, suksesnya kegiatan itu memerlukan dukungan dari semua pemangku kepentingan terutama lintas sektor, kader kesehatan dan masyarakat.

(Darlin)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

loading...
Baca Lainnya

BPBD Semprotkan Desinfektan di Sejumlah Wilayah Ini

TANGERANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang kembali melakukan penyemprotan Desinfektan di sejumlah...

31 Maret 2020, 23:29 WIB

Ngamuk Usai Nabrak Orang, Netizen Buru Instagram Gadis Ini

TANGERANG –  Video pengemudi mobil tabrak pejalan kaki hingga tewas di kawasan perumahan elit Lippo...

31 Maret 2020, 23:21 WIB

Cegah Covid-19, Polda Sumbar Semprotkan 47.000 Liter Disinfektan

Sumbar, – Secara serentak, hari ini seluruh jalan di wilayah Sumatera Barat disemprotkan disinfektan oleh...

Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH, pimpin penyemprotan jalan dengan Disinfektan.

31 Maret 2020, 19:49 WIB

Pasien Corona di Tangerang Akan Ditampung Griya Anabatic

TANGERANG – Pemerintah Kabupaten Tangerang tengah menyiapkan tempat penampungan pasien virus corona (COVID-19). Lokasi yang...

31 Maret 2020, 19:06 WIB

Cerita Polresta Tangerang Kembali Semprotkan Disinfektan di 15 Wilayah

TANGERANG – Sebagai upaya memutus mata rantai peyebaran virus corona Covid–19, Polresta Tangerang Polda Banten...

31 Maret 2020, 18:07 WIB

Mantap, Kerumunan Pemuda di Rental PS Dibubarkan Polsek Cisoka

TANGERANG – Polsek Cisoka Polresta Tangerang Polda Banten kembali membubarkan kerumunan massa. Ya, sekumpulan anak...

31 Maret 2020, 17:05 WIB

loading...