Rabu, 5 Februari 2020 - 15:40 WIB

Dinkes Pasaman Terus Pantau Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Pasaman, – Pemerintah Kabupaten Pasaman melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman melakukan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak yang ada di Kabupaten Pasaman.

Kegiatan ini merupakan program Kementrian Kesehatan dan dilaksanakan secara nasional, pada bulan Februari dan Agustus besok melalui Puskesmas yang ada di Kabupaten Pasaman.

Baca juga : Puskesmas Simpati Pantau Pertumbuhan Balita

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman dr. Arnida melalui Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Rahadian Suryanta, kepada Deliknews.com, Rabu (5/2) sore.

“Pemantauan pertumbuhan dan perkembangan serta pemberian vitamin A pada balita di posyandu merupakan bagian dari strategi penurunan stunting, dilaksanakan secara nasional sesuai surat edaran Kemenkes,” kata Rahadian Suryanta.

Kegiatan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak dilakukan diberbagai tempat di Posyandu, PAUD, TK, hingga langsung kerumah masyarakat untuk yang tidak bisa atau berhalangan hadir ke Posyandu.

Khusus pada bulan Februari dan Agustus ini kegiatan yang dilakukan adalah penimbangan berat badan, pengukuran tinggi/panjang badan, pemantauan perkembangan dengan kuesioner pra skrining perkembangan, pemberian vitamin A kepada balita berumur 6 – 59 bulan, pemberian edukasi kepada ibu balita mengenai pemberian makanan pada bayi dan anak, pemberian obat cacing untuk balita, pemeriksaaan kesehatan ibu hamil, pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil kurang energi kronis dan balita kurus serta pemberian tablet tambahan untuk ibu hamil.

Baca juga : Sumbar Siap Tuan Rumah MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020, Ini Saran Menag

“Dengan terpantaunya tumbuh kembang balita secara rutin, maka akan tumbuh generasi – generasi sehat. Ini akan mencegah stunting. Diharapkan setiap ibu melakukan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak setiap bulannya,” ujarnya.

Menurut Rahadian, suksesnya kegiatan itu memerlukan dukungan dari semua pemangku kepentingan terutama lintas sektor, kader kesehatan dan masyarakat.

(Darlin)

Artikel ini telah dibaca 67 kali

loading...
Baca Lainnya

Ribuan Masyarakat Padati Lapangan Bola Kecamatan Amandraya

Nias Selatan, Deliknews.com – Ribuan masyarakat Kecamatan Amandraya menghadiri pengukuhan Tim Kampanye dan Tim Relawan...

29 Oktober 2020, 16:26 WIB

KPU Nisel Gelar Sosialisasi PKPU Nomor 8 Tahun 2017

Nias Selatan, Deliknews.com – KPU Kabupaten Nias Selatan menggelar Sosialisasi Pendaftaran pemantau pemilihan, lembaga survei...

28 Oktober 2020, 19:11 WIB

Kapolresta Tangerang Dorong Generasi Muda Jadi Pelopor Ini

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mendorong generasi muda untuk senantiasa...

28 Oktober 2020, 19:02 WIB

Polres Majalengka Gelar FGD Tangkal Intoleransi, Radikalisme dan Anarkisme

MAJALENGKA –  Untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) serta menjalin koordinasi yang lebih baik...

28 Oktober 2020, 16:11 WIB

Pasangan HD-FIRMAN Kukuhkan Tim Pemenangan Kecamatan Lolomatua

Nas Selatan, Deliknews.com – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan Periode 2021-2024, nomor...

28 Oktober 2020, 15:01 WIB

Jajaran Polri Siap Dukung Simulasi Protokol Keamanan dan Keselamatan

JAKARTA  – Jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyatakan siap mendukung pelaksanaan simulasi protokol kesehatan...

28 Oktober 2020, 01:18 WIB

loading...