Rabu, 5 Februari 2020 - 10:31 WIB

Upaya Polsek Kresek Cegah Kekerasan Anak

TANGERANG – Polsek Kresek Polresta Tangerang menggencarkan sosialisasi guna mencegah kemungkinan terjadinya kekerasan maupun tindak pelecehan terhadap anak.

“Sosialisasi secara rutin guna meningkatkan pemahaman masyarakat terkait dengan hak dan pola perlindungan terhadap warga yang masih dalam kelompok anak-anak,” kata Kapolsek Kresek AKP Suyana, Selasa (4/2/2020).

Berbagai tindak kekerasan, pelecehan, perundungan, dan pelanggaran terhadap anak biasanya oleh orang-orang yang berada dekat anak tersebut, antara lain keluarga, saudara, dan tetangga dekat.

Untuk itu, guna mencegah kemungkinan terjadinya kekerasan dan tindak pelanggaran hukum lain terhadap anak, pihaknya secara berkala memberikan sosialisasi kepada berbagai elemen masyarakat, terutama para pejabat pemerintahan dan para orang tua.

“Secara rutin kami gelar sosialisasi kepada masyarakat, terutama di daerah yang dinilai rawan, baik secara kelompok maupun perorangan,” ujarnya.

“Hal ini sesuai dengan arahan dan harapan Kapolresta Tangerang Kombes Pol H. Ade Ary Syam Indradi,” imbuh Kapolsek.

Salah satu kegiatan sosialisasi dilakukan Kapolsek Kresek kepada warga di Kampung Tonjong Desa Kemuning Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang.

“Selain upaya pencegahan kekerasan terhadap anak, dalam sosialisasi itu kami juga menjelaskan tentang prosedur hukum penanganan perkara anak, baik anak sebagai korban maupun anak sebagai pelaku tindak pidana,” katanya.

Menariknya, sosialisasi juga diisi dengan tanya jawab untuk memperdalam materi sekaligus membuka kesempatan bagi warga yang ingin menyampaikan informasi kepada personel.

Para peserta yang sebagian besar kaum perempuan tersebut juga dimaksudkan agar para ibu makin termotivasi untuk membantu membangun kemandirian keluarga.

“Pemberdayaan perempuan juga penting untuk dikedepankan agar keluarga makin mandiri dan kuat perekonomiannya sehingga upaya perlindungan anak bisa terwujud,” tutupnya.

Artikel ini telah dibaca 440 kali

loading...
Baca Lainnya

New Normal Akan Diterapkan, Hindari Euforia Berlebihan

Oleh : Deka Prawira Pemerintah berencana melakukan pemulihan ekonomi melalui New Normal. Namun demikian, masyarakat...

5 Juni 2020, 00:18 WIB

Sahabat Polisi Dukung Kebijakan New Normal

Jakarta – Meski kebijakannya belum diputuskan. Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Sahabat Polisi mendukung Polri bersiap...

Sahabat Polisi di Polda Metro Jaya, Senin, (13/4) Foto : deliknews.com

4 Juni 2020, 22:22 WIB

Komjen Pol Agus Andrianto: Polri Siap Dukung Penerapan New Normal

Jakarta – Walau kebijakan penerapan tatanan kehidupan normal baru (New Normal) belum diputuskan, Polri telah...

4 Juni 2020, 21:51 WIB

Kapolresta Tangerang Imbau Pemilik Toko Pasang Partisi

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mendorong pemilik toko atau pusat...

4 Juni 2020, 19:40 WIB

Surat Telegram Kapolri Dukung Program Padat Karya Pemerintah

JAKARTA – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menerbitkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1576/VI/Ops.2/2020 yang memerintahkan...

4 Juni 2020, 19:12 WIB

PWI Tangerang Bagikan Sembako Ke Masyarakat Terdampak Covid-19

TANGERANG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang kembali menyalurkan paket sembako kepada masyarakat terdampak...

4 Juni 2020, 18:57 WIB

loading...