Minggu, 9 Februari 2020 - 11:52 WIB

Penyelenggaraan PON XX di Papua Menjadi Bukti Bahwa Papua Damai, Maju, dan Hebat

Oleh: Anwar Ibrahim (Relawan Pegiat Media Sosial Independen)

Pekan Olahraga Nasional (PON) merupakan ajang prestasi anak bangsa dari berbagai daerah dalam menunjukkan talenta olahraganya untuk negeri agar selanjutnya dapat berbicara di kancah internasional serta dapat membawa merah putih di podium dunia, bukan hanya itu. PON mampu menjadi ajang promosi wilayah daerah serta menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Pelaksanaan PON ke-XX yang akan berlangsung di Papua akan diselenggarakan di 4 wilayah, yakni kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika.

PON amat penting bagi Papua karena akan menjadi nilai tambah bagi pemerataan pembangunan di Papua, maupun meningkatnya ekonomi masyarakat, karena sukses PON tidak hanya sebatas sukses penyelenggaraan namun juga memberikan kesempatan para anak bangsa ber-Talenta untuk menunjukan bakti terbaiknya bagi NKRI khususnya bidang olahraga.

Selain itu PON juga dapat berdampak pada meningkatnya ekonomi masyarakat di kampung-kampung, apalagi masyarakat bisa menjajakan cindramata dan locsl wisdom khas Papua, juga makanan-makanan kuliner Papua yang dapat dipromosikan di tempat perhelatan pentas nasional tersebut.

Presiden Jokowi menaruh perhatian besar terhadap suksesnya perhelatan olahraga nasional tersebut melalui Inpres Nomor 10 tahun 2017 tentang dukungan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XX dan pekan Paralimpik Nasional XVI tahun 2020 di Provinsi Papua demi mendukung kelancaran pelaksanaan PON XX di Bumi Cenderawasih, sebagai wujud bahwa pemerintah Infonesia serius dan berkomitmen memajukan Papua disegala bidang.

Tidak hanya dari sektor ekonomi, dan olahraga saja. suksesnya penyelenggaraan PON XX di Papua diharapkan memberi dampak positif terhadap Indonesia melalui karakter bangsa yang dibangun lewat olahraga serta menunjukkan bahwa ditengah isu negatif yang melanda sebelumnya, Papua tetap damai, aman dan maju dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan berbagai dampak positif dari penyelenggaran PON XX di Papua tersebut, sepatutnya seluruh elemen masyarakat termasuk warganet di jagat dunia Maya harus mendukung dan mempromosikan lancar dan suksesnya penyelanggaran PON XX di Papua, karena PON XX Tahun 2020 di Papua merupakan bukti wujud Papua Adalah Indonesia, Papua Damai, Pspua Maju serta Papua Hebat Menuju Sukses Indonesia Maju melalui pemerataan pembangunan nasional.

Ayo Dukung Suksesnya PON XX DI Papua dengan posting konten positip demibpersatuan dan kemajuan bamgsa.

Artikel ini telah dibaca 27 kali

loading...
Baca Lainnya

Komunitas GESIT Akan Gelar Podcast Warganet Ajak Masyarakat Dukung Kebijakan Pemerintah Atasi Pandemi Covid-19

Penyebaran pandemi Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menangani dan...

23 September 2020, 09:12 WIB

Omnibus Law Cipta Kerja Menguntungkan UMKM

Oleh : Zakaria Omnibus Law Cipta Kerja didesain oleh pemerintah, tidak hanya untuk pekerja tapi...

22 September 2020, 23:58 WIB

Kalangan Media dan Milenial Harus Aktif Dukung Penanganan Covid-19

Oleh : Rahmat Soleh Pemerintah saat ini sedang fokus menangani Covid-19 yang masih terus terjadi....

22 September 2020, 23:50 WIB

Masyarakat Menolak Konsep Usang KAMI

Oleh : Putu Raditya KAMI yang diprakarsai oleh Din Syamsudin dkk berjanji akan menyelamatkan Indonesia....

22 September 2020, 04:20 WIB

Mengutuk Kekejaman KKSB Papua

Oleh : Sabby Kossay Kelompok kriminal separatis bersenjata adalah kumpulan pemberontak yang terus meneror masyarakat...

21 September 2020, 20:53 WIB

Omnibus Law Cipta Kerja Bangkitkan Perekonomian Bangsa

Oleh : Alfisyah Dianasari Pembahasan RUU Cipta Kerja terus dipercepat. Publik pun meyakini bahwa Omnibus...

21 September 2020, 19:53 WIB

loading...