Minggu, 9 Februari 2020 - 11:52 WIB

Penyelenggaraan PON XX di Papua Menjadi Bukti Bahwa Papua Damai, Maju, dan Hebat

Oleh: Anwar Ibrahim (Relawan Pegiat Media Sosial Independen)

Pekan Olahraga Nasional (PON) merupakan ajang prestasi anak bangsa dari berbagai daerah dalam menunjukkan talenta olahraganya untuk negeri agar selanjutnya dapat berbicara di kancah internasional serta dapat membawa merah putih di podium dunia, bukan hanya itu. PON mampu menjadi ajang promosi wilayah daerah serta menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Pelaksanaan PON ke-XX yang akan berlangsung di Papua akan diselenggarakan di 4 wilayah, yakni kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika.

PON amat penting bagi Papua karena akan menjadi nilai tambah bagi pemerataan pembangunan di Papua, maupun meningkatnya ekonomi masyarakat, karena sukses PON tidak hanya sebatas sukses penyelenggaraan namun juga memberikan kesempatan para anak bangsa ber-Talenta untuk menunjukan bakti terbaiknya bagi NKRI khususnya bidang olahraga.

Selain itu PON juga dapat berdampak pada meningkatnya ekonomi masyarakat di kampung-kampung, apalagi masyarakat bisa menjajakan cindramata dan locsl wisdom khas Papua, juga makanan-makanan kuliner Papua yang dapat dipromosikan di tempat perhelatan pentas nasional tersebut.

Presiden Jokowi menaruh perhatian besar terhadap suksesnya perhelatan olahraga nasional tersebut melalui Inpres Nomor 10 tahun 2017 tentang dukungan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XX dan pekan Paralimpik Nasional XVI tahun 2020 di Provinsi Papua demi mendukung kelancaran pelaksanaan PON XX di Bumi Cenderawasih, sebagai wujud bahwa pemerintah Infonesia serius dan berkomitmen memajukan Papua disegala bidang.

Tidak hanya dari sektor ekonomi, dan olahraga saja. suksesnya penyelenggaraan PON XX di Papua diharapkan memberi dampak positif terhadap Indonesia melalui karakter bangsa yang dibangun lewat olahraga serta menunjukkan bahwa ditengah isu negatif yang melanda sebelumnya, Papua tetap damai, aman dan maju dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan berbagai dampak positif dari penyelenggaran PON XX di Papua tersebut, sepatutnya seluruh elemen masyarakat termasuk warganet di jagat dunia Maya harus mendukung dan mempromosikan lancar dan suksesnya penyelanggaran PON XX di Papua, karena PON XX Tahun 2020 di Papua merupakan bukti wujud Papua Adalah Indonesia, Papua Damai, Pspua Maju serta Papua Hebat Menuju Sukses Indonesia Maju melalui pemerataan pembangunan nasional.

Ayo Dukung Suksesnya PON XX DI Papua dengan posting konten positip demibpersatuan dan kemajuan bamgsa.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

loading...
Baca Lainnya

Omnibus Law Ciptaker Minimalisasi Dampak Ekonomi Akibat Covid-19

Oleh : Edi Jatmiko Pandemi Covid-19 diyakini akan memukul perekonomian Indonesia. Sejumlah pihak pun mendesak...

1 April 2020, 20:23 WIB

Mendukung Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar

Oleh : Ahmad Kosasih Pemerintah mengambil kebijakan Pembatasan sosial berskala besar dalam menekan laju penyebaran...

1 April 2020, 12:01 WIB

Jaring Pengaman Sosial Disiapkan Pemerintah untuk Atasi Dampak Covid-19

Kebijakan yang diambil pemerintah dalam rangka menangani penyebaran Covid-19 ditetapkan berada pada tiga fokus utama,...

31 Maret 2020, 23:00 WIB

Pemerintah Gratiskan Pelanggan Listrik 450 VA Selama Tiga Bulan Mendatang

Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa sebagai bagian dari jaring pengaman sosial bagi masyarakat lapisan bawah...

31 Maret 2020, 22:30 WIB

Pemerintah Tetapkan Status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat

Presiden Joko Widodo menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat dalam pernyataannya yang disampaikan melalui telekonferensi dari...

31 Maret 2020, 22:15 WIB

Mantul, Bambang Haryo Apresiasi Warga Tulangan Sediakan Pencuci Tangan Cegah Corona

Sidoarjo – Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo, Bambang Haryo Soekartono (BHS) mengapresiasi cara warga RW...

Bambang Haryo saat kunjungan di pasar bluru kidul

31 Maret 2020, 18:00 WIB

loading...