Senin, 10 Februari 2020 - 23:28 WIB

Dinas PUPR Nisel Survei Badan Jalan pasca Longsor Kadis PUPR : Akan Dilakukan Penanganan Sementara

Nias Selatan, Deliknews – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nias Selatan melakukan Survei pengambilan data kondisi badan jalan pasca longsor, dari Desa Lolohowa Kecamatan Lolowau menuju Desa Tuho Owo Kecamatan Hilimegai Kabupaten Nias Selatan, Senin (10/02/2020).

Pada saat ini, tampak hadir : Staf Dinas PUPR Kabupaten Nias Selatan, Yohanes Duha, Sekcam Hilimegai Stefanus Waruwu, Kepala Desa Tuho Owo, Toniyus Laia, Ketua dan Anggota BPD, perangkat Desa Tuho Owo, Sokhiniwa’o Laia dan sejumlah wartawan dari berbagai Media.

Salah satu Perangkat Desa Tuho Owo, Sokhiniwa’o Laia kepada wartawan mengatakan bahwa kerusakan badan jalan ini akibat longsor pada bulan Desember 2019 lalu. Terkait hal itu, masyarakat terpaksa melakukan gotong royong agar dapat dilalui kendaraan roda dua. Hal ini juga dibenarkan oleh Sekcam Hilimegai, Stefanus Waruwu.

Kepala Desa Tuho Owo, Toniyus Laia mengatakan Apabila jalan dari Desa Lolohowa Kecamatan Lolowau menuju Desa Tuho Owo Kecamatan Hilimegai dapat dilalui kendaraan roda dan roda empat, maka jarak tempuh dari Kecamatan Hilimegai menuju Kecamatan Lolowau lebih dekat dengan jarak tempuh 6 KM.

Sementara kalau melalui Desa Soledua Kecamatan Hilimegai menuju Kecamatan Lolowau harus menempuh jarak 16 KM. Oleh karena itu dia berharap agar jalan ini dapat segera di perbaiki dan dilakukan pelebaran badan jalan menuju Kota Kecamatan Hilimegai.

Terkait pembebasan lahan disekitar jalan tersebut, pihaknya akan berupaya untuk memfasilitasi para pemilik lahan agar lahan disepanjang jalan tersebut dapat dibebaaan, pungkas Toniyus Laia.

Dari pantauan wartawan saat Survei pengambilan data kondisi badan jalan yang longsor dari Desa Lolohowa Kecamatan Lolowau menuju Desa Tuho Owo Kecamatan Hilimegai yang dilakukan oleh Dinas PUPR Kabupaten Nias Selatan, badan jalan dengan ukuran panjang sekitar 50 meter itu, masih dipenuhi material longsor.

Pada kesempatan itu salah satu staf Dinas PUPR Nisel, Yohanes Duha yang merupakan utusan dari Dinas PUPR Kabupaten Nias Selatan, mengatakan Rencana penganan longsor tersebut, harus dilakukan normalisasi sungai, pemasangan Bronjong, pembanguan Drainase, pembuatan Box Cover, penimbunan dan leveling badan jalan, ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nias Selatan, Erwinus Laia, S.Sos., MH mengatakan Penangan jalan dari Desa Lolohowa Kecamatan menuju Desa Tuho Owo Kecamatan Hilimegai Kabupaten Nias Selatan, akan ditangani pada tahun ini juga. Hal ini disampaikan kepada sejumlah wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (10/02/2020) jalan Saonigeho Telukdalam.

“Terlebih dulu Kita akan melakukan penanganan sementara agar jalan tersebut dapat dilalui masyarakat dan kendaraan sambil menunggu penganggarannya di PAPBD 2020” pungkas Erwinus Laia. (Sabar Duha)

Artikel ini telah dibaca 46 kali

loading...
Baca Lainnya

Puji Tuhan, Kantor Balai Desa Fafoe Kecamatan Malaka Barat Akan Dibangun

Malaka – Pemberitaan di salah satu media online lokal Malaka tentang desa Fafoe berjudul 15...

9 Juli 2020, 20:25 WIB

Pernah Jadi Danki Brimob Galus, Ini Sosok Kapolres Carlie

Gayo Lues-Pergantian Kepemimpinan ditubuh Polri merupakan hal yang biasa, dalam menunjang pelaksanaan tugas serta mengayomi...

9 Juli 2020, 16:45 WIB

BaraJP Gayo Lues Minta Dugaan Korupsi DSI dan Dugaan Kasus lainnya yang Ditangani Tipikor Polres Galus Dituntaskan

Deliknews-(Gayo Lues)-Ketua Barisan Relawan Jokowi Presiden(BaraJP) Norman Sembiring meminta semua kasus dugaan korupsi yang dilidik...

9 Juli 2020, 16:14 WIB

Dua Pesantren Jadi Sasaran Penyemprotan Disenfiktan

Satbrimob Polda Aceh, Kamis(09/07/2020) Kompi 4 Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Aceh yang dipimpin oleh...

9 Juli 2020, 16:04 WIB

6.961 Personel Polda Sumbar Siap Amankan Pilkada Serentak

Padang, – Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid humas) Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto,...

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto

8 Juli 2020, 22:11 WIB

Aksi Cepat Polsek Sikakap Tangkap Pelaku Pencabulan

Kepulauan Mentawai, – Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, SH sepertinya benar – benar membuktikan apa...

8 Juli 2020, 07:10 WIB

loading...