Senin, 10 Februari 2020 - 23:28 WIB

Dinas PUPR Nisel Survei Badan Jalan pasca Longsor Kadis PUPR : Akan Dilakukan Penanganan Sementara

Nias Selatan, Deliknews – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nias Selatan melakukan Survei pengambilan data kondisi badan jalan pasca longsor, dari Desa Lolohowa Kecamatan Lolowau menuju Desa Tuho Owo Kecamatan Hilimegai Kabupaten Nias Selatan, Senin (10/02/2020).

Pada saat ini, tampak hadir : Staf Dinas PUPR Kabupaten Nias Selatan, Yohanes Duha, Sekcam Hilimegai Stefanus Waruwu, Kepala Desa Tuho Owo, Toniyus Laia, Ketua dan Anggota BPD, perangkat Desa Tuho Owo, Sokhiniwa’o Laia dan sejumlah wartawan dari berbagai Media.

Salah satu Perangkat Desa Tuho Owo, Sokhiniwa’o Laia kepada wartawan mengatakan bahwa kerusakan badan jalan ini akibat longsor pada bulan Desember 2019 lalu. Terkait hal itu, masyarakat terpaksa melakukan gotong royong agar dapat dilalui kendaraan roda dua. Hal ini juga dibenarkan oleh Sekcam Hilimegai, Stefanus Waruwu.

Kepala Desa Tuho Owo, Toniyus Laia mengatakan Apabila jalan dari Desa Lolohowa Kecamatan Lolowau menuju Desa Tuho Owo Kecamatan Hilimegai dapat dilalui kendaraan roda dan roda empat, maka jarak tempuh dari Kecamatan Hilimegai menuju Kecamatan Lolowau lebih dekat dengan jarak tempuh 6 KM.

Sementara kalau melalui Desa Soledua Kecamatan Hilimegai menuju Kecamatan Lolowau harus menempuh jarak 16 KM. Oleh karena itu dia berharap agar jalan ini dapat segera di perbaiki dan dilakukan pelebaran badan jalan menuju Kota Kecamatan Hilimegai.

Terkait pembebasan lahan disekitar jalan tersebut, pihaknya akan berupaya untuk memfasilitasi para pemilik lahan agar lahan disepanjang jalan tersebut dapat dibebaaan, pungkas Toniyus Laia.

Dari pantauan wartawan saat Survei pengambilan data kondisi badan jalan yang longsor dari Desa Lolohowa Kecamatan Lolowau menuju Desa Tuho Owo Kecamatan Hilimegai yang dilakukan oleh Dinas PUPR Kabupaten Nias Selatan, badan jalan dengan ukuran panjang sekitar 50 meter itu, masih dipenuhi material longsor.

Pada kesempatan itu salah satu staf Dinas PUPR Nisel, Yohanes Duha yang merupakan utusan dari Dinas PUPR Kabupaten Nias Selatan, mengatakan Rencana penganan longsor tersebut, harus dilakukan normalisasi sungai, pemasangan Bronjong, pembanguan Drainase, pembuatan Box Cover, penimbunan dan leveling badan jalan, ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nias Selatan, Erwinus Laia, S.Sos., MH mengatakan Penangan jalan dari Desa Lolohowa Kecamatan menuju Desa Tuho Owo Kecamatan Hilimegai Kabupaten Nias Selatan, akan ditangani pada tahun ini juga. Hal ini disampaikan kepada sejumlah wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (10/02/2020) jalan Saonigeho Telukdalam.

“Terlebih dulu Kita akan melakukan penanganan sementara agar jalan tersebut dapat dilalui masyarakat dan kendaraan sambil menunggu penganggarannya di PAPBD 2020” pungkas Erwinus Laia. (Sabar Duha)

Artikel ini telah dibaca 62 kali

loading...
Baca Lainnya

Polsek Balaraja Gencarkan Operasi Yustisi, Beri Efek Jera Kepada Masyarakat

TANGERANG – Jajaran Polsek Balaraja Polresta Tangerang Polda Banten gencar melaksanakan Operasi Yustisi Pendisiplinan dan...

21 September 2020, 16:11 WIB

Polsek Balaraja Tindak Puluhan Pengendara yang Langgar Protokol Kesehatan

TANGERANG – Setidaknya 51 orang pengendara disanksi lantaran mengabaikan Protokol Kesehatan saat beraktivitas di luar...

21 September 2020, 15:58 WIB

Gandeng Komunitas di Balaraja, Polresta Tangerang Himbau Patuhi Prokes

TANGERANG – Polresta Tangerang Polda Banten menggandeng Komunitas sepeda, vespa, ojek online,dan GMDM dalam rangka...

21 September 2020, 15:49 WIB

Polresta Tangerang, Pemkab, dan Kodim Tigaraksa Gelar Operasi Yustisi di Pasir Jaya Cikupa

TANGERANG – Jajaran Polresta Tangerang Polda Banten memaksimalkan operasi yustisi pendisiplinan dan penegakan hukum Protokol...

21 September 2020, 15:40 WIB

Demi Disiplinkan Masyarakat, Kapolresta Tangerang Pimpin Operasi Yustisi

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi memimpin langsung pelaksanaan Operasi Yustisi...

21 September 2020, 15:34 WIB

114 Tahun Pekik Semangat Perang Puputan Badung

Denpasar – ┬áKidung atau ‘kakawin babad’ cikal bakal pekik semangat perang ‘puputan’ diperdengarkan, bersaut dalam...

Ilustrasi

21 September 2020, 13:16 WIB

loading...