Kamis, 13 Februari 2020 - 09:16 WIB

Pelaksanaan PON XX di Papua Menguatkan Persatuan

Oleh: Zulkarnaen

Pekan Olahraga Nasional ke Dua Puluh atau PON XX akan digelar di Papua pada 20 Oktober hingga 2 November mendatang. Kegiatan ini patut mendapat dukungan oleh segenap rakyat Indonesia, bukan hanya karena merupakan sebuah ajang kompetisi bertaraf nasional tetapi karena even ini merepresentasikan jalinan persaudaraan antar anak bangsa dan mempererat persatuan dan kesatuan Indonesia karena perkuat solidaritas antar daerah dan antar rakyat Papua itu sendiri.

Masyarakat Papua-pun dengan antusias menyambut PON XX di wilayah mereka dan menegaskan komitmennya untuk turut menyukseskan jalannya pagelaran acara ini.
Bagi masyarakat Papua, PON XX memiliki arti tersendiri. Papua dipercaya sebagai tempat penyelenggaraan acara bergengsi nasional, menunjukkan bahwa Papua memang bagian dari Indonesia dan tidak dinomor duakan.

Melalui momen ini, banyak kesempatan yang didapatnya, baik dalam hal pembangunan infrastruktur dan pendukungnya serta bergeraknya roda perekonomian di Bumi Cendrawasih. Selain itu, Papua bisa menunjukkan kepada dunia, talenta-talenta hebat yang dimiliki anak-anak Papua di bidang olahraga.

Presiden Joko Widodo berpesan bahwa pembangunan infrastruktur dan infrastruktur pendukung, tidak hanya dilakukan untuk PON, tetapi harus bisa dimanfaatkan usai penyelenggaraan even tersebut. Penyelenggaraan PON di Papua turut mewujudkan pemerataan pembangunan di Papua.

Untuk diketahui, proses pembangunan venue untuk penyelenggaraan PON XX 2020 masih berjalan, namun Wakil Menteri (Wamen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jhon Wempi Wetipo yang meninjau proses pembangunan beberapa venue PON di Kabupaten Jayapura, Papua, pada Jumat (7/02/2020) memastikan bila pembangunan tersebut berjalan lebih cepat.

Seperti di Stadion Aquatic yang kini pembangunannya sudah mencapai 80 persen dan diyakini akan segera rampung. Sedangkan, pembukaan dan penutupan PON XX akan berlangsung di Stadion Papua Bangkit, yang sudah lebih dulu selesai pembangunannya.

Pemerintah pusat dan pemerintah daerah juga bersinergi dalam melakukan berbagai persiapan menjelang PON XX di Papua, bahkan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali mengungkapkan renacananya untuk membuat kantor sementara di Papua guna meningkatkan koordinasi untuk memastikan dan mempercepat persiapan PON XX di Papua. Menpora yakin bahwa Provinsi Papua sebagai bagian dari NKRI, mampu menyelenggarakan even-even besar apapun yang dapat menambah nilai kemajuan Papua.

Berbagai manfaat dan dampak positif terhadap kemajuan Papua, bahkan kemajuan Indonesia, yang tercipta melalui penyelenggaran PON XX di Papua sehingga sudah sepatutnya didukung oleh seluruh masyarakat Indonesia demi kelancaran dan susksesnya perhelatan nasional tersebut. ()

Pemerhati Sosial Ekonomi

Artikel ini telah dibaca 34 kali

loading...
Baca Lainnya

Omnibus Law Cipta Kerja Memberikan Kemudahan Peluang Usaha

Oleh : Intan Prameswari Makin banyak orang yang ingin membuka bisnis baru, namun sayangnya tebentur...

19 September 2020, 23:32 WIB

Strategi ‘Rem dan Gas’ Seimbangkan Fokus Kesehatan dan Ekonomi di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Oleh: Muhammad Sidiq (Ketua Gerakan Literasi Terbit Regional Kota Bandung) Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan...

19 September 2020, 22:44 WIB

KAMI Ancam Persatuan Bangsa

Oleh : Ahmad Kurniawan Koalisi aksi menyelamatkan Indonesia (KAMI) ditolak mentah-mentah oleh masyarakat, karena dianggap...

19 September 2020, 21:41 WIB

Restoratif Justice Rezka Oktoberia Di Setujui Kejaksaan Tinggi Sumatra Barat, Tokoh Luak 50 Kota: Alhamdulillah

Keluarnya Peraturan Kejagung RI nomor 15 tahun 2020 di sambut baik oleh masyarakat. Apresiasi untuk...

19 September 2020, 15:29 WIB

Omnibus Law Cipta Kerja Menguntungkan Para Pencari Kerja

Oleh : Adiarso Wibowo Peresmian omnibus law Cipta Kerja dinanti-nanti oleh masyarakat Indonesia, terutama para...

18 September 2020, 22:22 WIB

PERAN TOKOH MASYARAKAT DAN MEDIA PENTING DALAM UPAYA MENANGGULANGI PANDEMI COVID-19

Oleh : Alfisyah Kumalasari Wabah pandemi Covid 19 di Indonesia tidak terasa telah memasuki bulan...

18 September 2020, 21:48 WIB

loading...