Senin, 17 Februari 2020 - 09:16 WIB

STAIN Sorong Akan Kembangkan Prodi Haji dan Umrah

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong Papua Barat berencana mengembangkan Program Studi Manajemen Haji dan Umrah. Hal ini diungkapkan Ketua STAIN Sorong  Hamzah saat menerima kunjungan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nizar di Aula Kampus STAIN Sorong, Senin (17/02).

Saat ini STAIN Sorong mempunyai 7 Program Studi. Menurut Hamzah, prospek Prodi Manajemen Haji dan Umrah ke depan cukup menjanjikan. “Kita ingin membuka Prodi Haji dan Umrah, maka dari itu kita ingin mendapatkan arahan langsung dari Dirjen Haji karena prospeknya menjanjikan,” kata Hamzah.

Dirjen PHU Nizar menjelaskan, apabila ingin membuka prodi manajemen haji dan umrah, maka pilihannya ada dua, menempel pada Fakultas Manajemen Dakwah atau menempel pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). “Nanti prodinya bisa menempel pada Fakultas Manajemen Dakwah atau menempel pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI),” kata Nizar.

Untuk Prodi yang menempel di Fakultas Manajemen Dakwah prospeknya bisa menjadi pembimbing haji atau menjadi petugas dari Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI). Sedangkan untuk prodi yang menempel pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, kata Nizar, prospeknya akan menjadi enterpreuner (pengusaha di bidang haji dan umrah).

“Untuk lulusan FEBI nantinya akan menjadi enterpreneur haji dan umrah, entah itu pemilik travel haji dan umrah, pengusaha katering haji, pengusaha akomodasi haji (hotel hospitality), tiketing maupun pengusaha transportasi perhajian,” jelasnya.

Prospek penyelenggaraan haji dan umrah ini, lanjut Nizar, setiap tahun meningkat signifikan. Hal ini tidak terlepas dari visi Arab Saudi tahun 2030 yang menargetkan untuk mendatangkan lima juta jemaah haji dan tiga puluh juta jemaah umrah.

“Saat ini prospek haji dan umrah setiap tahun meningkat untuk mencapai target visi Arab Arab Saudi Tahun 2030. Dengan target mendatangkan lima juta jemaah haji dan tiga puluh juta jemaah umrah,” ujarnya

Selain mengembangkan prodi haji dan umrah, STAIN Sorong juga menyatakan siap untuk kerjasama dalam program sertifikasi pembimbing ibadah haji profesional. Turut hadir dalam pertemuan itu, Kepala Kanwil Kemenag Papua Barat Sudirman Simanihuruk, serta Kasubdit Asrama Haji Kemenag Haryanto.

(Sumber Humas Kemenag)

Artikel ini telah dibaca 31 kali

loading...
Baca Lainnya

Covid-19 Masih Ganas, Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat

Oleh : Agung Priyatna Penyebaran corona makin ganas. Bahkan ada lonjakan pasien beberapa hari ini....

24 September 2020, 21:39 WIB

Mewaspadai Manuver KAMI Jelang Pilkada 2020

Oleh : Putu Prawira Indonesia akan mengadakan pemilihan kepala daerah serentak, desember 2020. Namun acara...

24 September 2020, 19:30 WIB

Omnibus Law Ciptaker Tidak Menghilangkan Mekanisme Pesangon

Oleh : Raavi Ramadhan Pemerintah telah menginisiasi Omnibus Law Ciptaker sebagai terobosan di bidang regulasi....

24 September 2020, 17:55 WIB

Komunitas GESIT Ajak Warganet Dukung Kebijakan Pemerintah Tangani Covid-19

Akhir-akhir ini penyebaran Covid-19 semakin meluas, termasuk di Indonesia, per-22 September 2020, jumlah kasus positif...

24 September 2020, 15:42 WIB

Wasapda Manuver KKSB Jelang Kelanjutan Otsus Papua Jilid 2

Oleh : Rebecca Marian Jelang otonomi khusus jilid 2, kewaspadaan di Papua makin ditingkatkan untuk...

24 September 2020, 01:26 WIB

Mewaspadai Provokasi KAMI Manfaatkan Situasi Pandemi Covid-19

Oleh : Raavi Ramadhan Deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) telah tersebar di berbagai daerah,...

24 September 2020, 00:40 WIB

loading...