Kamis, 20 Februari 2020 - 16:08 WIB

Nias Marine Festival Tahun 2020 Akan Hadirkan Ratusan Pelayar Dunia Di Nisel

Nias Selatan, Deliknews – Kabupaten Nias Selatan akan menggelar Nias Marine Festival Tahun 2020 yang akan berlangsung pada Tanggal 7-10 Aprili 2019 dan direncanakan akan dihadiri ratusan para pelayar dunia (Yachtets) dengan 35 kapal layar.

Hala ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Selatan, Anggreani Dachi, SP kepada wartawan saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (20/02/2020) jalan Arah Lagundri Sorake KM. 7 Fanayama.

“Kabupaten Nias Selatan sebagai daerah tujuan wisata yang sangat kaya dengan aneka ragam potensi wisata. Antara lain potensi wisata bahari dengan pantai pasir putihnya yang mempesona serta gulungan ombak yang begitu menantang dan termasuk dalam daftar ombak terbaik dunia”

“Keindahan alamnya yang mengundang decak kagum setiap orang yang berkunjung dan kekayaan seni dan budaya yang sangat eksotik warisan leluhur masyarakat Nias Selatan serta keramah tamahan penduduknya yang selalu dengan sapa senyum kepada setiap tamu yang datang”.

Pemerintah Kabupaten Nias Selatan berkomitmen kuat untuk mengembangkan dan membangun kepariwisataan yang berdaya saing secara khusus wisata bahari sehingga mampu mengangkat taraf kesejahteraan warga masyarakat Kabupaten Nias Selatan,nujar Anggreani Dachi.

Olahraga surfing di Nias Selatan, salah satu sektor unggulan dan telah menjadi kalender event surfing dunia yang di organisir oleh World Surf League (WSL). Pada tahun 2018 lalu telah sukses menyelenggarakan event kejuaran surfing internasional NIAS PRO 2018 WSL QS 1000. Kesuksesan tersebut kembali diulang pada tahun 2019, NIAS PRO 2019 WSL QS 3000 yang bersamaan dengan event nasional SAIL NIAS 2019.

Salah satu kegiatan yang membanggakan pada penyelenggaraan Sail Nias 2019 yang lalu adalah NIAS YACHT RALLY 2019, sebuah event yang berhasil mendatangkan para pelayar dunia (yachter) dengan membawa kapal-kapal mereka untuk pertama kalinya memasuki perairan Telukdalam Nias Selatan.

Kegiatan YACHT RALLY 219 yang berlangsung pada tanggal 14 – 16 Mei 2019 lalu, di ikuti oleh 9 Kapal Layar Asing berbendera Alaska, Canada, Ingris (2 Kapal), Malaysia, Australia (2 Kapal), Perancis dan USA. Jumlah Wisman (Kapten dan Crew) 21 Orang dari Negara USA, Inggris, Perancis, Spanyol, Canada, Cili, Australia, New Zealand, Finlandia dan Irlandia.

Para Yachter tersebut, tinggal di Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan selama 5 – 7 Hari dan Melanjutkan Perjalanan di Pulau Tello Kabupaten Nias Selatan.

Dampak ekonomi yang dirasakan masyarakat dari para pelayar dunia (Yachter) selama pelaksanaan Nias Yacht Rally 2019 antara lain : belanja BBM, rata – rata per Kapal 400 Liter solar, belanja makan dan minum (Lunch & Dinner) + 1.000.000, perkapal perhari. Selain itu, belanja stock bahan makanan di kapal (buah, roti, gas LPG, bir, minuman kaleng, ikan, daging dan sayur – sayuran), sewa kendaraan roda 4, jasa guide , jasa perbankan (ATM).

Terkait hal itu, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan menyikapi secara serius peluang pengembangan wisata bahari dari sektor pelayaran kapal layar dunia (yacht) yang sangat bisa menjadi salah satu sektor unggulan penunjang keberhasilan pengembangan Kepulauan Nias sebagai gerbang destinasi wisata bahari dunia sebagaimana yang dicanangkan pada pelaksanaan Sail Nias 2019 yang lalu.

Maka pada tahun 2020 ini, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan sebagai salah satu destinasi yang akan dikunjungi oleh para pelayar dunia pada kegiatan Wonderful West Sumatera Rally 2020. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Nias Selatan akan menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang dapat dinikmati oleh para yachter yang dikemas sedemikian rupa dalam acara NIAS MARINE FESTIVAL 2020, ungkap Anggreani Dachi.

Nias Marine Festival akan digelar pada tanggal 7 -10 April 2020 di Telukdalam Kabupaten Nias Selatan dan akan menghadirkan kurang lebih 35 kapal layar asing (yacht) dari berbagai negara dengan jumlah peserta kurang lebih 100 orang pelayar dunia (yachters) dan crew kapal.

Selama di Nias Selatan mereka akan mengunjungi beberapa desa wisata dan menyaksikan atraksi seni budaya warisan para leluhur di Kabupaten Nias Selatan seperti tari perang, lompat batu, musik tradisional dan famadaya harimao. Selain itu mereka akan melakukan visiting school dan melaksanakan english class untuk anak-anak Nias Selatan. Para yachter juga akan diajarkan untuk menganyam bola nafo dan cara membuat Kalabubu.

Di Teluk Dalam para yachters juga akan melakukan provisioning (perpanjangan ijin tinggal) dan shoping persediaan kebutuhan kapal serta pengisian BBM. Dari Teluk Dalam para peserta Nias Marine Festival 2020 selanjutnya akan meneruskan perjalanan ke Kepulauan Batu yang masuk rute rally yang mereka lewati, urai Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Selatan, Anggreani Dachi, SP. (Sabar Duha)

Artikel ini telah dibaca 291 kali

loading...
Baca Lainnya

Wabup Barsel Aty Djoedir Rayakan Ultah Ke-64 Tahun

Buntok – Wakil Bupati Kabupaten Barito Selatan, Satya Titik Atyani Djoedir merayakan ulang tahunnya yang...

19 September 2020, 06:16 WIB

3 Pilar Tangerang Gelar Operasi Yustisi di Pasar Sentiong Balaraja

TANGERANG – Tiga pilar Kabupaten Tangerang yakni Polresta Tangerang, Pemkab Tangerang, dan Kodim 0510 Tigaraksa...

18 September 2020, 21:33 WIB

Polsek Cisoka Edukasi Komunitas Pedagang Terkait Protokol Kesehatan

TANGERANG – Jajaran Polsek Cisoka Polresta Tangerang Polda Banten menggelar sosialisasi dan edukasi terkait penerapan...

18 September 2020, 21:19 WIB

Disiplinkan Masyarakat Terapkan Prokes, Polsek Tigaraksa Bagi-bagi Masker

TANGERANG – Jajaran Polsek Tigaraksa Polresta Tangerang Polda Banten membagikan ratusan masker kepada santri Pondok...

18 September 2020, 21:15 WIB

Operasi Prokes, Polsek Kronjo Temukan Puluhan Masyarakat Tak Pakai Masker

TANGERANG – Jajaran Polsek Kronjo Polresta Tangerang menggelar operasi Yustisi Protokol Kesehatan di Pasar Baru...

18 September 2020, 21:00 WIB

Kapolresta Tangerang Cek Pelaksanaan Protokol Kesehatan di PT. Pemi Balaraja

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengecek pelaksanaan protokol kesehatan di...

18 September 2020, 20:55 WIB

loading...