Ombudsman Sarankan Masyarakat Segera Melapor Soal Pembayaran di MTsN 5 Pasaman

  • Whatsapp

Padang, – Ombudsman Perwakilan Sumbar menyarankan agar masyarakat atau orang tua siswa MTsN 5 Pasaman segera membuat laporan kepada Ombudsman terkait masalah pembayaran disekolah itu.

Hal itu disampaikan Asisten Ombudsman Perwakilan Sumbar Adel Wahidi ketika dikonfirmasi via WA, Rabu (26/2).

Menurut Adel Wahidi, tidak ada kewenangan komite sekolah melakukan pungutan.

Baca juga : Ombudsman Sumbar Tegaskan Tak Ada Kewenangan Komite Lakukan Pungutan

“Kalau dia wajib, maka itu bukan kewenangan komite, karena kewenangan komite hanya sebatas sumbangan dan bantuan”, tegasnya.

Ia juga menegaskan bahwa tidak boleh ada biaya atau pungutan ketika daftar ulang disekolah.

“Gak ada uang untuk daftar ulang, jangankan daftar ulang, pungutan mendaftar pertama saja tidak boleh. Gak boleh ada dana daftar ulang,” tegasnya lagi.

Selanjutnya, pembelian buku atau seragam disekolah, kata Adel Wahidi, boleh saja disediakan dikoperasi sekolah, tapi sifatnya suka rela, beli disekolah silahkan, beli diluar silahkan, namun harus dipastikan harganya sama dengan yang di pasar.

Adel Wahidi menyarankan agar masyarakat atau orang tua siswa segera membuat laporan kepada Ombudsman supaya bisa diverifikasi apakah pembayaran itu diperbolehkan atau tidak.

“Saya menyarankan masyarakat yang ada di Pasaman atau orang tua siswa MTsN, segera membuat laporan ke Ombudsman, agar kami bisa verifikasi apakah itu dibolehkan atau tidak, jadi saya tidak bisa memutuskan ini pungli atau tidak,┬ákarena perlu pemeriksaan atau dokumen terkait yang perlu kami pelajari, itu boleh atau tidak,” ujarnya.

Menyoal saran yang disampaikan itu, kembali ditanyakan apakah Ombudsman tidak bisa melakukan verifikasi langsung tanpa adanya laporan dari masyarakat. Namun Asisten Ombudsman Perwakilan Sumbar Adel Wahidi tidak menjawab.

Menurut informasi ada empat jenis pembayaran di MTsN 5 Pasaman sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, yaitu biaya untuk pembelian komputer, pembayaran 18 macam barang ketika daftar ulang, biaya pemeriahan HUT RI dan pembelian buku LKS.

Baca berita terkait : Siswa MTsN 5 Pasaman Terpaksa Setor Uang Rp500rb

Siswa MTsN 5 Pasaman Bayar Biaya Pemeriahan HUT RI ke-74

Siswa Masuk MTsN 5 Pasaman Bayar Rp695 ribu

Siswa Masuk MTsN 5 Pasaman Bayar Rp695 ribu

Untuk diketahui, pada Desember 2019 lalu, Deliknews.com telah menyurati (surat wawancara) Ketua Tim Saber Pungli Kabupaten Pasaman yaitu Waka Polres Pasaman perihal pembayaran di MTsN 5 Pasaman itu, namun hingga kini belum ada balasan.

(Darlin)

Pos terkait

loading...