Senin, 2 Maret 2020 - 10:23 WIB

5 Program Target Penanggulangan Kemiskinan Di Nisel T.A 2020

Nias Selatan, Deliknews – Beberapa Program Target penanggulan kemiskinan Di Kabupaten Nias Selatan pada Tahun Anggaran 2020 ini, yakni : Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Non Tunai, Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), Kelompok Usaha Bersama (Kube) dan Kewirausahaan Sosial.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nias Selatan, Intasani Haria kepada wartawan saat ditemui diruang kerjanya, Senin (02/03/2020) jalan Arah Lagundri KM. 7 Fanayama Kabupaten Nias .

Pada Tahun 2019 lalu, Kementerian telah menetapkan Kabupaten Nias Selatan sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH) akses dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 13 ribu Kepala Keluarga dengan nilai sekitar 70 milyar. Dan pada Tahun 2020 ini, penerima manfaat menjadi 14 ribu Kepala Keluarga, ujar Intasani Haria.

Selanjutnya, program Bantuan Sosial non tunai, dengan jumlah penerima sebanyak 28.954 kepala keluarga dengan nilai Rp. 150 ribu/bulan atau sekitar Rp. 52 milyar/tahun. Sebelumnya, bantuan sosial non tunai tersebut, cuma Rp. 110 ribu/KK setiap bulannya.

Selain itu, penanganan 26 masalah penyandang kesejahteraan sosial, dengan pemberian bantuan pangan di : Panti Asuhan, distabilitasi, Lansia terlantar, bencana alam dan sebagainya, urai Intansani Haria.

Untuk program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) jumlah penerima manfaat sebanyak 15 unit.

Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dari ratusan kelompok yang sudah diajukan di Kementerian,hanya 50 kelompok yang di setujui oleh Kementerian.

“Saat ini pendamping lokal yang sudah direkrut oleh Kementerian, akan mengikuti pembekalan untuk memverifikasi data kelompok”, jelaaanya.

“Kuota penerimaan manfaat Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Tahun Anggaran 2020, di seluruh Kabupaten/Kota di Kepulauan Nias, cuma Kabupaten Nias Selatan yang mendapat Kuota”, pungkas Intansani Haria.

Dan terkait program Kewirausahaan Sosial, Kedepanny kita akan berdayakan penerima manfaat agar jangan hanya penerima saja, akan tetapi mampu berwira usaha memulai program seperti KUBE. Sehingga kedepannya bisa mandiri dan segera keluar dari status miskin, harapnya.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nias Selatan, Intasani Haria mengatakan bahwa setiap penerima manfaat, dipastikan datanya harus ada di database Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Apabila calon penerima tidak terdapat di database, maka proposal yang kita ajukan ditolak oleh Kementerian, jelasnya.

Oleh karena itu, diharapkan agar Operator yang ada di setiap desa benar-benar mendata warga yang dianggap keluarga tidak mampu. Dan sesegera mungkin data dari tingkat desa itu, dapat disampaikan di Dinas Sosial. Dimana, pemutakhiran data di tingkat Kabupaten akan berakir pada bulan Maret 2020 ini, tandas Intasani Haria. (Sabar Duha)

Artikel ini telah dibaca 290 kali

loading...
Baca Lainnya

Jumlah Pasien Covid-19 Meningkat, Kapolres Kembali Tinjau Kesiapan RSUDMAK

Gayo Lues-Menindak lanjuti Instruksi Kapolda Aceh untuk melihat kondisi  RS dalam penanganan Pasien Covid-19 dan...

28 September 2020, 23:07 WIB

Kapolresta Tangerang Bagikan 1000 Madu untuk Anggota Polres dan Polsek Jajaran

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi membagikan 1000 botol madu kepada...

28 September 2020, 21:23 WIB

Diduga Manipulasi Anggaran Mamin, Program 1000 hafizd Gayo Lues Terancam Gagal

Jakarta – mencuatnya dugaan manipulasi anggaran untuk makan minum 1000 santri kabupaten Gayo Lues selama...

28 September 2020, 20:54 WIB

Sertifikat Ganda Lahan Diklaim BPD Bali, Ini Penjelasan BPN Denpasar

Denpasar – Sengketa lahan sertifikat ganda yang berbuntut penguasaan lahan seluas 3,85 are dilakukan Bank...

Ruang Penyimpanan Warkah BPN Denpasar.

28 September 2020, 20:24 WIB

Operasi Yustisi, Puluhan Masyarakat Tidak Bermasker Disanksi Polsek Balaraja

TANGERANG – Upaya pendisiplinan masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan terkait COVID-19 gencar dilakukan jajaran Polsek...

27 September 2020, 20:33 WIB

Cerita Polsek Balaraja Sanksi 33 Pengendara Tidak Kenakan Masker

TANGERANG – Jajaran Polsek Balaraja Polres Kota Tangerang Polda Banten gencar melaksanakan kegiatan pendisiplinan masyarakat...

27 September 2020, 20:28 WIB

loading...