Sabtu, 7 Maret 2020 - 23:33 WIB

Bersama Warganet Melawan Monster Hoaks Corona

Oleh: Ajeng Pratiwi ( Pegiat Media Sosial FPMSI)

Novel Coronavirus (2019-nCoV) tengah menjadi perbincangan hangat dunia. Semenjak pertama kalinya dilaporkan menyebar di Wuhan, provinsi Hubei, China pada tanggal 31 Desember 2019 lalu, telah lebih dari 70 negara terjangkit virus corona. Bahkan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan status darurat global virus corona.

Seiring menyebarnya virus tersebut, berita terkait virus corona juga terus menyebar ke seluruh antero dunia, tak terkecuali Indonesia. Berbagai berita tentang perkembangan virus corona terus merebak melalui berbagai media baik cetak maupun digital.

Terkait penyebaran virus corona yang telah merambah berbagai negara, telah menyebar pula berbagai monster hoaks yang sama mengerikannya dengan virus corona. Lantaran sosial media telah membantu mempercepat penyebaran monster hoaks tentang virus corona.

Menyikapi hal tersebut, Ketua MPR, Bambang Soesatyo meminta kepada penegak hukum untuk menindak tegas para pelaku penyebar hoax. Pasalnya menurutnya tindakan penyebaran hoax harus segera dihentikan, sehingga pemerintah dan petugas Dinas Kesehatan bisa fokus untuk menangkal wabah Corona bukan hoaxnya.

Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Republik Indonesia telah mendeteksi bertambahnya monster hoaks terkait penyebaran virus corona yang meresahkan masyarakat. Setidaknya dalam lima minggu pertama sejak dilaporkannya penyebaran virus corona dari Wuhan, Kemenkominfo telah mengidentifikasi sebanyak 154 berita informasi berisi monster hoaks tentang virus corona hingga per 3 Maret 2020. Monster Hoaks tersebut berpotensi menimbulkan kegaduhan dalam masyarakat apabila berita tersebut terus dibagikan berulang-ulang melalui sosial media.

Atas kondisi tersebut, diharapkan masyarakat khususnya Warganet harus cerdas, dengan tidak mudah dirasuki oleh konten disinformasi alias hoax terkait wabah Corona. Peran Warganet dalam menyebarkan informasi positif sangat diperlukan. Terlebih pemerintah saat ini sedang berupaya mengantisipasi bertambahnya korban yang terjerat wabah virus Corona, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah terjaga dan masyarakat dapat mematuhi segala arahan yang diberikan pemerintah.

Selanjutnya Warganet bersama elemen masyarakat diharapkan langsung melakukan counter terhadap “monster hoax” dengan posting konten positip yang berisi informasi-informasi yang resmi dikeluarkan melalui Kementerian Kesehatan dan instansi lainnya. Diharapkan Warganet juga bijak dalam menjaring informasi sehingga yang dapat dicerna adalah informasi dari sumber resmi pemerintah.

Sudah semestinya Warganet harus turun tangan lawan monster Hoax dan Dukung Upaya Pemerintah mengatasi penyebaran Virus Corona Demi terwujudnya Kondusivitas Masyarakat dengan kampanye menjalani pola hidup sehat menuju Bangsa yang Sehat dan Kuat.

Artikel ini telah dibaca 91 kali

loading...
Baca Lainnya

Masyarakat Mendukung Penanganan Covid-19 di Indonesia

Oleh : Raavi Ramadhan Pandemi Covid-19 masih terus berlangsung dan belum ada tanda-tanda kapan akan...

2 Oktober 2020, 00:41 WIB

Mengapresiasi Upaya Pemerintah Menjaga Daya Tahan Ekonomi Keluarga di Masa Pandemi

Oleh : Alfisyah Dianasari Salah satu faktor keberhasilan dari sebuah keluarga adalah dilihat dari ekonominya....

2 Oktober 2020, 00:15 WIB

Mengapresiasi Pemerintah Susun Rencana Vaksinasi Covid-19

Oleh : Edi Jatmiko Pemerintah sedang menyusun skema vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat. Masyarakat pun mengapresiasi...

30 September 2020, 23:19 WIB

Program Pemulihan Ekonomi Nasional Terus Dilaksanakan

Oleh : Aditya Akbar Pemerintah terus berusaha memulihkan sektor perekonomian, meskipun saat ini fokus untuk...

30 September 2020, 22:55 WIB

RUU Cipta Kerja Menambah Kesejahteraan Pekerja Kontrak

Oleh : Rita Efendi Pemerintah telah menginisiasi RUU Cipta Kerja melalui konsep Omnibus Law. Peraturan...

30 September 2020, 22:05 WIB

Omnibus Law RUU Cipta Kerja Untungkan Pekerja dengan Pengaturan Upah Minimum yang Layak

Oleh : Ade Kurniawan Para pekerja deg-degan menunggu peresmian omnibus law RUU Cipta Kerja, karena...

30 September 2020, 05:35 WIB

loading...