Senin, 9 Maret 2020 - 00:28 WIB

Jangan Panik! Mari Percaya Dan Dukung Pemerintah Tangani Penyebaran Virus Corona

Oleh: Anwar Ibrahim (Relawan Pegiat Media Sosial GESIT)

Darurat Virus Corona sedang dihadapi dunia. Angkanya terus bertambah. Update hari ini diberitakan bahwa virus mematikan dari Kota Wuhan, Propinsi Hubei di Tiongkok telah menjangkau lebih dari 70 negara dan menyebabkan puluhan ribu orang lebih terinfeksi. Jumlah orang yang meninggal mencapai ratusan jiwa. Angka ini pun bisa jadi semakin hari semakin bertambah.

Indonesia pun sudah memiliki kasus virus Corona pertama dengan 2 orang yaitu ibu dan anak yang terinfeksi setelah terjadi kontak langsung dengan warga asing di Infonesia pada suatu acara.

Berbagai langkah telah cepat diambil oleh pemerintah RI dengan menempuh berbagai upaya untuk menangkal persebaran virus corona. Pemerintah tanggap dan respek menyadari serta langsung melakukan counter terhadap penyebaran dan perluasan virus Corona melalui Kementerian Kesehatan dan instansi pihak lainnya, diantaranya:

1. Kontrol Pintu Masuk Internasional

Begitu virus corona terkonfirmasi di Indonesia, pemerintah Indonesia langsung mengaktifkan dan menyebar thermal scanner, pendeteksi panas di 135 pintu masuk negara, baik jalur darat, laut, maupun udara. Pendeteksi panas ini dilengkapi layar monitor yang terpantau langsung oleh petugas, sehingga ketika mendeteksi suhu tubuh di atas normal, akan langsung dilakukan penanganan cepat.

Selanjutnya, tim medis akan membantu petugas melakukan langkah-langkah medik yang diperlukan agar virus corona tidak menyebar. Selain itu, pengunjung China yang mendatangi Indonesia juga mendapat kartu waspada. Kartu ini berfungsi sebagai penghubung antara petugas medik dengan pengunjung dari China, Jepang, Korea, dan negara yang telah terjangkit sehingga ada indikasi paparan virus corona, mereka akan langsung diperlakukan secara khusus.

2. Menutup Jalur ke China, Italia, Iran, dan Korea Selatan.

Terhitung sejak Kamis (5/3) Indonesia pun menghentikan penerbangan dari dan menuju Iran, Italia, dan Korea Selatan guna menangkal masuknya virus Corona.

Banyak Negara Terjangkit, Indonesia Tetap Kondusif dan Stabil

Patut disyukuri, di tengah kepanikan global akibat tersebut, Indonesia masih pulih dan stabil serta terus membentengi diri dari infeksi corona yang lebih luas. Dalam sepekan terakhir, beberapa pasien yang diduga terjangkit corona di berbagai kota ditangani dengsn seksama dan tepat. Namun, pemeriksaan lanjutan menunjukkan para pasien itu hanya menderita demam dan radang tenggorokan biasa. Tentu, kita layak mengapresiasi langkah cepat pemerintah menangkal virus corona.

Meskipun begitu, seperti disampaikan presiden, kita harus tetap waspada terhadap persebaran virus corona. Tanpa harus panik, kita musti membiasakan diri hidup sehat sehingga tidak mudah terpapar virus apapun. Mari beri dukungan dan percaya kepada pemerintah bahwa kasus virus Corona telah ditangani secara professional dan sesuai standar WHO sehingga diharapkan masyarakat tidak perlu takut dan cemas untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Artikel ini telah dibaca 48 kali

loading...
Baca Lainnya

Menolak Radikalisme dan Khilafah Demi Keutuhan NKRI

Oleh: Anwar Sadat Ibrahim (Ketua Forum Pegiat Media Sosial Independen Regional Kota Tangerang) Sejak 1998,...

23 Januari 2021, 11:06 WIB

UU Cipta Kerja Memacu Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Oleh : Alfisyah Dianasari UU Cipta Kerja penting sebagai landasan transformasi ekonomi dalam rangka memacu...

23 Januari 2021, 08:24 WIB

Gempar, Pasien Covid-19 Terekam CCTV Mesum di ruang Isolasi

NTB – Laman media sosial tengah viral dengan video mesum pasien Covid-19 yang terjadi di...

22 Januari 2021, 23:11 WIB

OPM Menyerang Rumah Ibadah Di Intan Jaya Papua

Oleh : Rebecca Marian OPM agaknya enggan menyerah dan terus membuat ulah. Nyawa-nyawa yang telah...

22 Januari 2021, 22:54 WIB

SIG Prioritaskan Bantuan Medis Untuk Korban Gempa di Mamuju, Sulawesi Barat

Jakarta, deliknews – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui program Corporate Social Responbility (CSR)...

22 Januari 2021, 10:55 WIB

Membumikan Nilai-Nilai Pancasila Tangkal Ancaman Radikalisme Ditengah Pandemi corona

Oleh: Azhar Idrus (Koordinator Forum Pegiat Media Sosial Independen Regional Kota Depok) Indonesia masih rawan...

22 Januari 2021, 05:40 WIB

loading...