Selasa, 10 Maret 2020 - 10:24 WIB

Perjuangan Pemekaran Provinsi Kepnis Akan Dibahas Melalui Forkada

Nias Utara, Deliknews – Perjuangan pemekaran Provinsi Kepulauan Nias akan dibahas dalam waktu dekat melalui rapat Forum Komunikasi Kepala Daerah (Forkada) Kepulauan Nias. Hal ini disampaikan, Koordinator Forkada Kepulauan Nias yang baru oleh Bupati Nias Utara, M. Ingati Nazara kepada sejumlah wartawan saat diwawancarai usai acara serah terima jabatan Koordinator Forkada Keputusan Nias, Senin (09/03)2020) di Pendopo Bupati Nias Utara, Lotu.

M. Ingati Nazara yang didampingi Wali Kota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua, Bupati Nias Barat, Faduhusi Daely dan Ketua BPP-PKN Perwakilan Kabupaten Nias Selatan, Sidi Adil Harita, S.Sos., M.A mengatakan bahwa apa yang telah dipaparkan oleh oleh Ketua Badan Persiapan Pemekaran Provinsi Kepulauan Nias Perwakilan Kabupaten Nias Selatan, sudah kita terima dan kita telah merespon, ujarnya.

Menurut M. Ingati Nazara, pemekaran Kepulauan Nias merupakan bagian yang pertama kali akan dibicarakan dalam rapat Forum Kepala Daerah (Forkada) Kepulauan Nias dalam waktu dua minggu ke depan. pentingnya persatuan dalam mewujudkan Provinsi Kepulauan Nias, harapnya.

“Sampai saat ini, saya melihat tidak ada hambatan. Jadi, kalau kita bersatu pasti tidak ada hambatan,” tegas Koordinator Forkada Kepulauan Nias, M. Ingati Nazara.

Disamping itu, Ketua BPP-PKN Perwakilan Nias Selatan, Sidi Adil Harita, S.Sos., M.A kepada wartawan menyampaikan bahwa perjuangan pemekaran Provinsi Kepulauan Nias selama ini tidak ada hambatan, apalagi dengan adanya pernyataan beberapa Kepala Daerah Se-kepulauan Nias yang mendukung penuh pemekaran Provinsi Kepulauan Nias ini, cetusnya.

Ada pernyataan selama ini bahwa sepertinya tidak akan mungkin Kepulauan Nias menjadi Provinsi, karena kita diperhadapkan dengan moratorium. saya katakan bahwa ada jalur khusus tentang itu sebagaimana tertuang dalam Pasal 49 Nomor 23 Tahun 2014. dimana ada 3 hal syarat utama kita Kepulauan Nias, sama dengan Papua, yakni : sebagai Daerah Kepulauan, daerah perbatasan serta sebagai daerah ketahanan nasional, ujarnya.

“Artinya, kenapa Papua bisa dan kenapa Kepulauan Nias tidak bisa. Padahal, Kepulauan Nias sama posisinya dengan Papua,” tandas Sidi Adil Harita, S.Sos., M.A.

Pada kesempatan itu, Ia berharap agar seluruh Kepala Daerah dan elemen masyarakat Kepulauan Nias bersatu padu untuk menjadikan Kepulauan Nias menjadi sebuah Provinsi ke depan.

“Tadi sudah kita sampaikan kepada bapak-bapak Kepala Daerah dimana akan ada kegiatan yang akan dilaksanakan rencananya di Teluk Dalam yaitu seminar pemantapan wawasan kebangsaan untuk pembentukan Provinsi Kepulauan Nias”, bebernya.

“Kalau Kepulauan Nias sudah menjadi sebuah Provinsi, dipastikan akan ada peningkatan ekonomi masyarakat dan para ASN juga yang akan menikmati pertama-tama. dimana secara otomatis dijadikan sebagai generasi-generasi yang akan bekerja di Pemerintahan Provinsi Kepulauan Nias,” pungkas Sisi Adil Harita, S.Sos., M.A. (Sabar Duha)

Artikel ini telah dibaca 198 kali

loading...
Baca Lainnya

Saat Hari Santri Nasional 2020, Ini Harapan Kabaharkam Polri

JAKARTA – Kabaharkam Polri sekaligus Kaopspus Aman Nusa II 2020, Komjen Pol Agus Andrianto turut...

22 Oktober 2020, 15:53 WIB

Ketua Bhayangkari Cabang Majalengka Salurkan Bantuan Dalam Rangka Ini

MAJALENGKA – ┬áDalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke 68 tahun 2020, Pengurus Cabang...

22 Oktober 2020, 15:32 WIB

Protokol Kesehatan Terabaikan, Penerima BST Berdesakan di Kecamatan Weliman NTT

Malaka – para warga penerima BST sekecamatan Weliman Kabupaten Malaka memadati kantor Kecamatan Weliman sehingga...

22 Oktober 2020, 14:02 WIB

PORANG ! Tak Punya Dana, Dinas Pertanian Bali Siap Fasilitasi

Denpasar – Dinas Pertanian Provinsi Bali mengaku siap memfasilitasi warga memiliki lahan namun tidak ada...

Ir. Wayan Sunarta selaku Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Provinsi Bali.

22 Oktober 2020, 11:24 WIB

Polres Malaka Gelar Operasi Gabungan Penertiban Pajak Kendaraan Bermotor

Malaka – Gelar Operasi Gabungan penertiban pajak kendaran dan kelengkapan kendaraan beroda 2 dan 4...

22 Oktober 2020, 06:53 WIB

Kapolres Barsel Berpamitan Sama Insan Pres

Barsel – Kepolisian Resort (Polres) Barsel mengelar coffe morning bersama Insan Pers dalam acara pamitan...

22 Oktober 2020, 01:16 WIB

loading...