Kamis, 12 Maret 2020 - 11:01 WIB

Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di area Padang – Pekanbaru

Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di area Padang – Pekanbaru

Penolakan JTTS, WALHI dan Warga 50 Kota Minta Audiensi dengan Bupati dan DPRD

Padang, – Proses Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di area Padang – Pekanbaru sepanjang 255 KM yang terbagi terbagi 6 seksi. Perencanaan di mulai tahun 2017 sampai sekarang.

Pembangunan jalan tersebut, baru di kerjakan satu dari Padang–Sicincin, hampir setiap jalur yang di bangun menuai penolakan warga disebabkan karena jalur yang dilewati merupakan kawasan padat penduduk, kawasan produktif dan soal nilai ganti tanah yang akan dilewati tidak sesuai dengan nilai tanah untuk pembangunan jalan tol.

Baca juga: Polda Turunkan 800 Personil Pengamanan Unras di Kantor DPRD Sumbar

Polda Sumbar Disarankan Lebih Terbuka dan Periksa Penjebak NN

Tak hanya itu, penetapan jalur yang tidak bartisipatif (tidak melibatkan masyarakat), sehingga masyarakat baru tahu tanahnya dilewati jalur tol pada saat tahap pengerjaan dimulai.  

Terkait dengan hal tersebut, WALHI Sumbar dengan masyarakat Kabupaten 50 Kota, khususnya wilayah yang masuk dalam rencana pembangunan jalan Tol meminta audiensi dengan Bupati dan DPRD  Kabupaten 50 Kota.

Sebelumnya warga telah mengirimkan surat penolakan, namun kali ini warga berharap dapat menyampaikan aspirasi secara langsung terkait dengan rencana pembangunan jalan tol yang menghubungkan Padang-Pekanbaru. Dimana, rencana pembangunan jalan tol tersebut melewati kawasan padat penduduk, lahan produktif dan fasilitas umum lainnya.

Hal tersebut disampaikan WALHI Sumbar melalui siaran pers No : 042/S. Pers/ED-WSB/III/2020, diterima Deliknews.com, Rabu (11/3/20).

Kepala Dapartemen Advokasi dan Kampanye WALHI Sumbar Yoni Candra mengatakan bahwa WALHI Sumbar telah memasukan surat permohonan audiensi kepada Bupati dan DPRD 50 Kota.

“Kita berharap bupati dan ketua DPRD dapat menjadwalkan untuk bisa mendengar aspirasi masyarakat karena pada prinsipnya masyarakat tidak anti terhadap pembangunan, namun rencana jalan tol tersebut berada pada wilayah kawasan padat penduduk terdapat unit usaha kecil-menengah, lahan produktif pertanian dan peternakan serta fasilitas umum,” katanya.

Baca juga: Deliknews dan LSM Fopbindo Sumbar Mitra BPK

Disurati Soal Dugaan Temuan, Bupati Pasaman Tidak Membalas

Jika bupati dan DPRD dapat mendengar secara langsung aspirasi masyarakat. Sehingga, apa yang menjadi aspirasinya dapat di dengar secara langsung sehingga menjadi bahan pertimbangan dan disampaikan pada pihak yang bertanggung jawab penuh yaitu pemerintah pusat seperti Presiden, PUPR dan lainnya.

Perwakilan tokoh masyarakat Nagari Koto Baru Simalanggang, Kecamatan 50 Kota, Jasriman menyebutkan harapan mereka bisa bertemu dengan Bupati dan DPRD Kabupaten 50 Kota menyampaikan aspirasi secara langsung.

“Kami masyarakat yang di lewati jalur pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru berharap bisa bertemu Bupati dan DPRD Kabupaten 50 Kota agar kami bisa menyampaikan aspirasi secara langsung dan mendengarkan apa yang menjadi alasan kami menolak dan kami berharap pertemuan bisa terlaksana di kampung kami agar masyarakat banyak bisa ikut hadir beramai-ramai menyapaikan alasan dan mendengarkan respon bapak bupati dan DPRD Kabupaten 50 Kota”.

(Darlin)

Artikel ini telah dibaca 57 kali

loading...
Baca Lainnya

Puluhan Pengendara Sepeda Motor di Malaka Terjaring Operasi Yustisi

Malaka – secara rutin Polres Malaka menggelar operasi ketertiban pengendara sepeda motor di Malaka, hasilnya...

19 September 2020, 22:08 WIB

Wabup Barsel Aty Djoedir Rayakan Ultah Ke-64 Tahun

Buntok – Wakil Bupati Kabupaten Barito Selatan, Satya Titik Atyani Djoedir merayakan ulang tahunnya yang...

19 September 2020, 06:16 WIB

3 Pilar Tangerang Gelar Operasi Yustisi di Pasar Sentiong Balaraja

TANGERANG – Tiga pilar Kabupaten Tangerang yakni Polresta Tangerang, Pemkab Tangerang, dan Kodim 0510 Tigaraksa...

18 September 2020, 21:33 WIB

Polsek Cisoka Edukasi Komunitas Pedagang Terkait Protokol Kesehatan

TANGERANG – Jajaran Polsek Cisoka Polresta Tangerang Polda Banten menggelar sosialisasi dan edukasi terkait penerapan...

18 September 2020, 21:19 WIB

Disiplinkan Masyarakat Terapkan Prokes, Polsek Tigaraksa Bagi-bagi Masker

TANGERANG – Jajaran Polsek Tigaraksa Polresta Tangerang Polda Banten membagikan ratusan masker kepada santri Pondok...

18 September 2020, 21:15 WIB

Operasi Prokes, Polsek Kronjo Temukan Puluhan Masyarakat Tak Pakai Masker

TANGERANG – Jajaran Polsek Kronjo Polresta Tangerang menggelar operasi Yustisi Protokol Kesehatan di Pasar Baru...

18 September 2020, 21:00 WIB

loading...