Minggu, 22 Maret 2020 - 15:37 WIB

Melintas Titik Koordinat 0 Drajat, 115 Taruna AAL Jalani Prosesi Mandi Khatulistiwa

Surabaya – Sebanyak 115 Taruna Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) menjalani prosesi Mandi Kahatulistiwa saat KRI Makasar 590 yang ditumpanginya itu melintas titik koordinat 0 drajat Garis Khatulistiwa di perairan antara Kalimantan dan Sulawesi, (Selat Makasar) Minggu (22/3).

Ke-115 Taruna AAL Tingkat l Angkatan ke-68 ini, melaksanakan Mandi Khatulistiwa dalam perjalanannya dari Balikpapan menuju Palu dalam Latihan Praktek Layar Pra Jalasesya 2020 di atas gladak KRI Makasar-590.

Menurut Komandan KRI Makasar 590, Letkol Laut (P) Hariono, setiap taruna maupun anggota TNI AL diwajibkan untuk melaksanakan Mandi Khatulistiwa.

“Yang jelas ritual itu boleh dilakukan oleh taruna atau anggota TNl AL lainnya saat kapal melintas di titik nol koordinat Khatulistiwa,” ujar Letkol Laut (P) Hariono.

Lanjutnya, ritual Mandi Khatulistiwa itu sudah dilakukan oleh TNI AL sejak KRI Dewa Ruci ada di Indonesia pada tahun 1953. Mandi Khatulistiwa hanya dilakukan satu kali dan setiap anggota yang melakoni ritual mandi khatulistiwa, akan mendapatkan sertifikat resmi dari TNI AL.

Bahkan kata Hariono, Mandi Khatulistiwa ini, sudah menjadi tradisi pelaut dunia ketika melewati Garis Katulistiwa dan wajib diikuti seluruh awak kapal yang belum melakukan tradisi itu.

Sementara itu Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Prajalasesya 2020, Mayor Laut (P) Yahya Junarko, S.T. mengatakan bahwa selain ritual sakral Mandi Khatulistiwa yang dijalani 115 Taruna AAL Angkatan ke-68 dalam rute pelayaran Balikpapan-Palu ini, sebelumnya mereka juga mendapatkan berbagai materi dan praktek aktifitas sebagai awak kapal perang.

Kegiatan tersebut antara lain olahraga pagi dan sore, latihan PBB, pelajaran pengenalan peran di KRI, pelajaran pengenalan kesenjataan KRI, pelajaran tentang permesinan, pelajaran penyelamatan kapal dan melaksanakan peran-peran di kapal perang. (Rilis/jat)

Artikel ini telah dibaca 125 kali

loading...
Baca Lainnya

Wow, Ketum BPI KPNPA dan Mbah Mar Gugat Dua Media di Dewan Pers

Jakarta – Ketum BPI KPNPA, Tubagus Rahmad Sukendar bersama Maryadi atau akrab disapa Mbah Mar,...

9 Juli 2020, 16:29 WIB

Masyarakat Harus Disiplin Protokol Kesehatan Menuju New Normal

Oleh : Edi Jatmiko Era new normal yang baru dibuka sebulan ini membuat kita boleh...

8 Juli 2020, 22:58 WIB

Menteri KKP Berangkatkan Ekspor Ke 90 Dari PT. Kirana Food

Tuban – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo, memberangkatkan ekspor olahan ikan laut ke...

8 Juli 2020, 21:14 WIB

Mendukung Pengamalan dan Penguatan Ideologi Pancasila

Oleh : Alfisyah Kumalasari Pancasila sebagai ideologi bangsa sudah seharusnya diamalkan oleh seluruh pihak. Jadi...

8 Juli 2020, 17:17 WIB

Waspada Radikalisme di Media Sosial

oleh : Panji Saputra Media sosial adalah tempat untuk bersosialisasi di dunia maya dan kadang...

7 Juli 2020, 22:41 WIB

Ketua Gustu Nasional Puji Maluku Utara Tangani Covid-19

TERNATE – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (Gugus Tugas Nasional) Doni Monardo mengapresiasi langkah-langkah...

7 Juli 2020, 15:53 WIB

loading...