Minggu, 22 Maret 2020 - 15:37 WIB

Melintas Titik Koordinat 0 Drajat, 115 Taruna AAL Jalani Prosesi Mandi Khatulistiwa

Surabaya – Sebanyak 115 Taruna Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) menjalani prosesi Mandi Kahatulistiwa saat KRI Makasar 590 yang ditumpanginya itu melintas titik koordinat 0 drajat Garis Khatulistiwa di perairan antara Kalimantan dan Sulawesi, (Selat Makasar) Minggu (22/3).

Ke-115 Taruna AAL Tingkat l Angkatan ke-68 ini, melaksanakan Mandi Khatulistiwa dalam perjalanannya dari Balikpapan menuju Palu dalam Latihan Praktek Layar Pra Jalasesya 2020 di atas gladak KRI Makasar-590.

Menurut Komandan KRI Makasar 590, Letkol Laut (P) Hariono, setiap taruna maupun anggota TNI AL diwajibkan untuk melaksanakan Mandi Khatulistiwa.

“Yang jelas ritual itu boleh dilakukan oleh taruna atau anggota TNl AL lainnya saat kapal melintas di titik nol koordinat Khatulistiwa,” ujar Letkol Laut (P) Hariono.

Lanjutnya, ritual Mandi Khatulistiwa itu sudah dilakukan oleh TNI AL sejak KRI Dewa Ruci ada di Indonesia pada tahun 1953. Mandi Khatulistiwa hanya dilakukan satu kali dan setiap anggota yang melakoni ritual mandi khatulistiwa, akan mendapatkan sertifikat resmi dari TNI AL.

Bahkan kata Hariono, Mandi Khatulistiwa ini, sudah menjadi tradisi pelaut dunia ketika melewati Garis Katulistiwa dan wajib diikuti seluruh awak kapal yang belum melakukan tradisi itu.

Sementara itu Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Prajalasesya 2020, Mayor Laut (P) Yahya Junarko, S.T. mengatakan bahwa selain ritual sakral Mandi Khatulistiwa yang dijalani 115 Taruna AAL Angkatan ke-68 dalam rute pelayaran Balikpapan-Palu ini, sebelumnya mereka juga mendapatkan berbagai materi dan praktek aktifitas sebagai awak kapal perang.

Kegiatan tersebut antara lain olahraga pagi dan sore, latihan PBB, pelajaran pengenalan peran di KRI, pelajaran pengenalan kesenjataan KRI, pelajaran tentang permesinan, pelajaran penyelamatan kapal dan melaksanakan peran-peran di kapal perang. (Rilis/jat)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

loading...
Baca Lainnya

Banyak Pasien Positif Covid-19 Di Daerah Sembuh

Oleh : Edi Jatmiko Jumlah pasien positif corona memang mengalami peningkatan, namun bukan berarti tidak...

2 April 2020, 21:34 WIB

Tidak Mudik Dapat Melindungi Diri dan Keluarga Dari Penyebaran Corona

Oleh: Xeraphine Siwi Pemerintah Indonesia terus menerus melakukan berbagai upaya secara maksimal dengan mempertimbangkan berbagai...

2 April 2020, 21:20 WIB

Stafsus Presiden Milenial Billy Mambrasar Buka -bukaan Tugasnya di Gugus Tugas COVID-19

Seluruh Staf Khusus Presiden gugus Milenial mendapat sorotan dan kritik dari masyarakat di tengah pandemi...

2 April 2020, 15:12 WIB

Ngeri! Masker Harga Selangit Marak Lagi di Tokopedia & Bukalapak Cs

JAKARTA – Aksi para perdagang online menawarkan masker kesehatan dengan harga ‘setinggi langit’ atau harga...

2 April 2020, 01:57 WIB

Omnibus Law Ciptaker Minimalisasi Dampak Ekonomi Akibat Covid-19

Oleh : Edi Jatmiko Pandemi Covid-19 diyakini akan memukul perekonomian Indonesia. Sejumlah pihak pun mendesak...

1 April 2020, 20:23 WIB

Mendukung Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar

Oleh : Ahmad Kosasih Pemerintah mengambil kebijakan Pembatasan sosial berskala besar dalam menekan laju penyebaran...

1 April 2020, 12:01 WIB

loading...