Selasa, 31 Maret 2020 - 23:44 WIB

Status 30 ODR, Pemdes Kebomlati Galang Disinfektan

Tuban – Pemerintah Desa Kebomlati, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban meningkatan kewaspadaan atas pencegahan penyebaran Covid – 19 dengan melaksanakan Disinfektan di lingkungan desanya, Senin (30/3), pagi.

Sejak pagi warga perwakilan dari setiap dusun ikut bergotong royong melaksanakan kegiatan tersebut. Puluhan alat semprot disinfektan dan beberapa obat juga sudah disiapkan sebelumnya. 2 buah kendaraan bak terbuka diisi dengan sound system untuk memberikan pengarahan dan himbauan kepada masyarakat agar waspada dengan virus corona. Sebab, bahaya yang diakibatkan tidak langsung dirasakan, melainkan membutuhkan waktu inkubasi virus.

Terkadang waktu inkubasi virus tersebut jarang disadari masyarakat. Sehingga penyebarannya perlu diantisipasi sejak dini. Maka dari itu, pihak Pemerintah Desa aktif melaksanakan arahan untuk pencegahan musibah nasional itu. Sehingga dikeluarkan Perkades No 01 tahun 2020 tentang pedoman umum tanggap darurat pengurangan resiko bencana pencegahan covid 19.

Pelaksanaannya dilakukan disinfektan di 21 Musolla, 3 Masjid, 4 Tempat Pengajian Quran (TPQ), 6 Sekolah, 1 Balai desa. Setiap titik lokasi atau lingkungan memperoleh 2 botol paket obat disinfektan atau 6 tangki semprot ukiran 16 Liter. Tenaga relawan juga dikerahkan untuk memeperluas area disinfektan hingga di jalan desa dan rumah warga.

“Sosialisasi penyemprotan memakai kendaraan. Sekaligus kita turunkan relawan dan warga untuk aktif menyemprotkan disinfektan. Serentak hari ini dilakukan, jadi menyeluruh di setiap lingkungan, ” terang Kepala Desa Kebomlati, Munijan.

Sementara itu, sesuai data pasien yang sùdah didata dan dilaporkan, ada 30 Orang Dalam Resiko (ODR). Orang ini masuk dalam kategori ODR sebab sepulang dari kota zona merah atau wilayah kabupaten dengan status pasien corona aktif. Sehingga perku diawasi dan didata agar pencegahannya mudah dilakukan dan diawasi.

“ODR ini adalah pasien yang datang ke desa setelah pulang dari zona merah. Seperti Surabaya, Jakarta, Malang, solo, dan kota lainnya. Maka kami data dan kami laporkan ke Puskesmas untuk ditindak lanjuti. Memang ada 1 warga yang dalam pengawasan, mahasiswa yang pulang dari luar negeri. Sudah di lakukan karantina di Batam, dan dinyatakan Negatif, sehat dan aman. Disini tetap diawasi, ” jelas Bidan Desa Kebomlati, Narti.

Akan hal itu, Sekretaris Kecamatan Plumpang, Jusuf Hernowo juga menjelaskan bahwa kegiatan Disinfektan di seluruh desa di wikayahnya sudah usai dilakukan. Ada 18 desa semua sudah melaksanakam kegiatan. Dilakukan sejak sepekan lalu hingga hari ini selesai.

“Setiap desa kita periksa, dampingi dan didata. Terkait proses penyemprotan, data pasien atau warga yang diawasi hingga penyebaran himbauan untuk menjauhi kerumanan warga, ” ungkapnya. (jat)

Artikel ini telah dibaca 565 kali

loading...
Baca Lainnya

Perwakilan P3 KKo/Marimir Jatim Berkunjung ke Prajurit KKo/Marinir Pengangkat Jenazah Pahlawan Revolusi

Banyuwangi – Paguyuban Putra-Putri (P3) KKo/Marinir perwakilan Jatim membesuk salah satu prajurit KKo/Marinir yang mengangkat...

8 Agustus 2020, 14:17 WIB

Melihat Keceriahan Komunitas Layang Layang di Alon Alon Tuban

Tuban – Langit cerah dan angin yang kencang di manfaatkan oleh komunitas layang layang kota...

4 Agustus 2020, 12:39 WIB

Mbak Khozanah Melalui MMA Mensinergikan Dengan Stakeholder

Tuban – Pilbup Kabupaten Tuban yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020, membuat...

3 Agustus 2020, 21:45 WIB

HUT BNI Ke 74, BNI Tuban Berbagi 600 Paket Sembako Dan Masker Ke Warga

Tuban – Kegiatan bakti sosial untuk memperingati HUT BNI ke 74, BNI Tuban membagikan 600...

31 Juli 2020, 21:23 WIB

PT. Semen Indonesia Pabrik Tuban Salurkan 31 Ekor Sapi Ke Pemkab Tuban 

Tuban – Kepala Biro Humas dan CSR PT. Semen Indonesia (SI) Tbk Pabrik Tuban, Setiawan...

30 Juli 2020, 22:48 WIB

Komandan Puslatpurmar 9 Animha Tuban Bantu Evakuasi Warga Korban Gelombang Tinggi Di Bancar

Tuban – Dampak gelombang tinggi di perairan laut Jawa mengakibatkan beberapa rumah nelayan di daerah...

12 Juli 2020, 13:16 WIB

loading...