Rabu, 1 April 2020 - 13:27 WIB

Antisipasi Kenaikan Harga Sembako, Bupati Nisel Keluarkan Surat Edaran

Nias Selatan, Deliknews.com – Untuk mengantisipasi kelangkaan dan kenaikkan harga kebutuhan pokok dan atau barang penting lainnya pada situasi wabah covid – 19, Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH mengeluarkan surat edaran tentang larangan penimbunan barang kebutuhan pokok dan atau barang penting.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nias Selatan, F. Marthin Ley, SE., MM kepada awak media ini saat disambangi diruang kerjanya, Rabu (01/04/2020) jalan Arah Lagundri KM 7 Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan.

Dia mengatakan bahwa langkah – langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Selatan terkait harga sembako dipasaran, pihaknya sudah melakukan monitoring pasar mengenai ketersediaan bahan kebutuhan pokok dan ketersediaan gas elpiji, ujarnya.

“Dari hasil monitoring pasar tersebut di beberapa distributor/pedagang dan melihat secara langsung bahwa, ketersediaan bahan pangan dan gas elpiji di Kabupaten Nias Selatan, masih tersedia untuk kebutuhan 2 (dua) Minggu kedepan”, ujar F. Marthin Ley.

Sementara adanya kenaikan harga sembako dipasaran, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nias Selatan, F. Marthin Ley mengakui bahwa memang ada kenaikan harga beberapa bahan pokok diantaranya gula pasir, namun tidak terlalu signifikan, pungkasnya.

Dia menambahkan bahwa langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Selatan selanjutnya, hari ini akan diedarkan Surat Edaran Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, SH., MH Nomor : 510/5505/Bup/2020 tertanggal : 31 Maret 2020, tentang larangan penimbunan barang kebutuhan pokok dan atau barang penting.

Adapun bunyi Surat Edaran itu, yakni : masyarakat tidak berlebihan dalam berbelanja, terutama barang kebutuhan pokok atau parang penting. Pelaku usaha tidak memanfaatkan situasi dengan menaikka harga kebutuhan pokok dan atau barang penting kepada konsumen yang berbelanja secara berjenjang, serta tidak melakukan tindakan yang merugikan masyarakat, seperti penimbunan barang kebutuhan pokok atau barang penting lainnya.

Dalam situasi kelangkaan dapat dikenakan Pidana sesuai dengan Undang – undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan, sebagai berikut : “Pasal 107 Pelaku usaha yang menyimpan barang kebutuhan pokok dan atau barang penting dalam jumlah dan waktu tertentu pada saat terjadi kelangkaan barang, gejolak harga, dan atau hambatan lalu lintas perdagangan barang sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 29 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan atau pidana denda paling banyak Rp. 50 Milyar”.

“Pasal 108, pelaku usaha yang melakukan manipulasi data dan atau informasi mengenai persediaan barang kebutuhan pokok dan atau barang penting, sebagaimana dimaksud dalam pasal 30 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan atau pidana denda paling banyak Rp. 10 Milyar”.

Dan informasi terkait penimbunan barang kebutuhan pokok atau barang penting, dapat menghubungi Hot Line/WhatsApp : 081 260 338 355 ( Kadis Perindag Nias Selatan), 081 269 832 465 (Sekdin Perindag Nisel) dan 082 167 618 204 (Kabid. Perdagangan Disperindag Nisel).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nias Selatan, F. Marthin Ley, SE., MM mengatakan apabila ditemukan adanya penimbunan barang pokok dan atau barang penting lainnya, akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini Polres Nias Selatan, untuk segera mengambil tindakan, tegasnya.

Untuk itu, pihaknya akan menugaskan 2 (orang) untuk memantau harga sembako setiap harinya di pasaran, Dimana harga pasar itu dapat berubah – ubah. Dan pihaknya akan melakukan monitoring setiap minggunya, tandas Marthin Ley. (Sabar Duha)

Artikel ini telah dibaca 405 kali

loading...
Baca Lainnya

Jaga Kondusifitas Wilayah, Kapolres Majalengka Sambangi Tokoh Agama

MAJALENGKA- Kapolres Majalengka AKBP Dr. Bismo Teguh Prakoso gencar terus melakukan kunjungan ke sejumlah tokoh....

30 November 2020, 22:39 WIB

Polda Aceh Diminta Segera Gelar Perkara Dugaan Kasus Korupsi Makan Minum Karantina Hafiz

BANDA ACEH-M Purba,SH Praktisi Hukum dikabupaten Gayo Lues mengapresiasi penanganan Penyelidikan dugaan korupsi Makan minum...

30 November 2020, 21:50 WIB

Haul di Ponpes Abuya Uci Dipantau Satgas Penanggulangan Covid-19

TANGERANG – Kegiatan Haul Syeh Abdul Qadir Jailani di Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah, Kampung Cilongok, Desa...

30 November 2020, 21:48 WIB

Kapolresta Tangerang Bersama Dandim dan Pemkab Bubarkan Kerumunan Acara Haul

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi bersama Dandim 0510 Tigaraksa Letkol...

30 November 2020, 21:43 WIB

Kapolresta Tangerang dan Dandim Tigaraksa Imbau Jema’ah Haul Tetap Laksanakan Prokes

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi bersama Dandim 0510 Tigaraksa Letkol...

30 November 2020, 21:36 WIB

Polda Aceh Akhirnya Limpahkan Tahap II Perkara Pertambangan Tanpa Izin ke Jaksa

DelikNews(Banda Aceh) Hari ini penyidik telah menyerahkan tugas dan tanggungjawab penyidik kepada Jaksa Penuntut Umum...

30 November 2020, 21:13 WIB

loading...