Rabu, 1 April 2020 - 22:05 WIB

Status ODP Di Nias Selatan Hingga 31 Maret 2020, Sebanyak 971 Orang

Nias Selatan, deliknews.com – Status Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Nias Selatan sejak Tanggal : 18-31 Maret 2020, sebanyak 971 (sembilan ratus tujuh puluh satu) orang. Selain itu, yang sudah bebas menjalani masa ODP/isolasi mandiri hingga hari ini sebanyak 45 (empat puluh lima) orang.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan, dr. Henny Kurniawan Duha kepada wartawan saat ditemui di Posko Gugus Tugas Covid – 19 Kabupaten Nias Selatan, Rabu (01/04/2020) jalan Pancasila Kelurahan Pasar Tekuk Dalam.

“Orang Dalam Pemantauan (ODP) itu, belum tentu terjangkit virus – 19. Akan tetapi dipantau, Karena mereka dari daerah transmisi/daerah yang sudah terjangkit covid-19, dan wajib dimasukan kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang harus dipantau selama 14 (empat belas) hari, jelas dr. Henny Duha.

Sementara Orang Dalam Pemantauan (ODP) terbanyak, berada di Kecamatan Teluk Dalam. Hal ini mungkin karena banyak yang Sekolah/Kuliah di luar Nias Selatan, sehingga pulang untuk berlibur, pungkas Henny Duha.

Pada kesempatan itu, Dia menyampaikan bahwa Terkait penanganan Covid – 19 ini, Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH telah memanggil seluruh Kepala Puskesmas dan para Camat sebagai perpanjangan tangan di setiap Kecamatan untuk memantau orang – orang yang masuk dalam daftar ODP, ujarnya.

“Data yang telah kita terima terkait Orang Dalam Pemantauan (ODP), akan kita serahkan di Puskesmas masing – masing sesuai alamat ODP tersebut, untuk terus dipantau kondisi ODP setiap harinya selama 14 (empat belas) hari. Sesudah itu, bebas untuk berbaur dengan masyarakat lainnya, jelas Henny Duha.

“Sampai hari ini, Kabupaten Nias Selatan masih zero Covid – 19. Dan mudah – mudahan hingga kedepan nilainya, zero juga”, harap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan, dr. Henny Kurniawan Duha.

Dalam melakukan pemantauan selama 14 hari itu, ODP tersebut dapat diketahui apakah memiliki gejala buruk/ringan. Apabila ODP itu semakin buruk, pihaknya langsung merujuk ke Rumah sakit rujukan, yakni RSUD Gunungsitoli untuk ditangani lebih serius lagi, pungkasnya.

Terkait peralatan medis yang akan digunakan dalam penanganan Covid – 19 ini, seperti : APD, Repitest, telah dipesan, dan mudah – mudahan Minggu depan sudah bisa dipergunakan, harapnya.

Dia mengatakan bahwa Untuk melakukan skrining bagi orang-orang yang sedang dipantau itu, mempergunakan alat – alat seperti : Termometer gan, karena tidak bersentuhan dengan orangnya langsung. Sementara yang di pakai di setiap Puskesmas, harus memakai alat dengan inisiatif sendiri, karena keterbatasan APD belum ada.

Dengan memakai alat seperti : jas hujan sebagai alat pelindung diri, masker, henskun dan disinfektan sebelum melakukan skrining kepada Orang Dalam Pemantauan (ODP) tersebut, Cetusnya.

Yang menjadi kendala di lapangan yang dialami saat melakukan pemantauan, orang-orang yang akan dipantau memberikan alamat dan nomor HP palsu, sehingga sulit untuk ditemui/dihubungi. Sementara untuk tenaga medis masih mencukupi, jelas dr. Henny Kurniawan Duha. (Sabar Duha)

Artikel ini telah dibaca 271 kali

loading...
Baca Lainnya

Belum Semua Masyarakat di Gayo Lues Terima BLT DD

Gayo Lues-Polemik Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD), terkait dampak Covid-19 hingga saat ini...

2 Juni 2020, 14:56 WIB

Yes ! Mendagri Bantu Pecalang 5 Juta, Jaya Negara : Masih Kaji

Denpasar – “Sebenarnya secara kajian ada edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) agar Walikota bantu pecalang...

Ilustrasi (Foto: fb)

2 Juni 2020, 08:08 WIB

Kabaharkam Polri Kagum Konsep Kampung Tangguh Semeru

SIDOARJO – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto memberikan apresiasi...

2 Juni 2020, 00:35 WIB

Polsek Panongan Sosialisasi New Normal Ke Masjid Jami

TANGERANG – Menuju New Normal atau tatanan kehidupan baru dengan kembali beraktivitas mengikuti protokol kesehatan,...

1 Juni 2020, 23:01 WIB

Kadinsos Nisel Serahkan Secara Simbolis Paket Bansos Covid-19 Kepada Warga Desa Hilifalawu

Nias Selatan, Deliknews.com – Mewakili Bupati Nias Selatan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nias Selatan,...

1 Juni 2020, 22:55 WIB

Di Balik Banjir Pemogan ! PDAM Badung Untung Warga Buntung

Denpasar – Semalam, ketika hujan datang tidak terhindarkan wilayah Desa Pemogan Denpasar Selatan terendam banjir....

Banjir di Pemogan yang merendam pemukiman warga. (Foto: deliknews.com)

1 Juni 2020, 15:40 WIB

loading...