Rabu, 1 April 2020 - 22:05 WIB

Status ODP Di Nias Selatan Hingga 31 Maret 2020, Sebanyak 971 Orang

Nias Selatan, deliknews.com – Status Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Nias Selatan sejak Tanggal : 18-31 Maret 2020, sebanyak 971 (sembilan ratus tujuh puluh satu) orang. Selain itu, yang sudah bebas menjalani masa ODP/isolasi mandiri hingga hari ini sebanyak 45 (empat puluh lima) orang.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan, dr. Henny Kurniawan Duha kepada wartawan saat ditemui di Posko Gugus Tugas Covid – 19 Kabupaten Nias Selatan, Rabu (01/04/2020) jalan Pancasila Kelurahan Pasar Tekuk Dalam.

“Orang Dalam Pemantauan (ODP) itu, belum tentu terjangkit virus – 19. Akan tetapi dipantau, Karena mereka dari daerah transmisi/daerah yang sudah terjangkit covid-19, dan wajib dimasukan kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang harus dipantau selama 14 (empat belas) hari, jelas dr. Henny Duha.

Sementara Orang Dalam Pemantauan (ODP) terbanyak, berada di Kecamatan Teluk Dalam. Hal ini mungkin karena banyak yang Sekolah/Kuliah di luar Nias Selatan, sehingga pulang untuk berlibur, pungkas Henny Duha.

Pada kesempatan itu, Dia menyampaikan bahwa Terkait penanganan Covid – 19 ini, Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH telah memanggil seluruh Kepala Puskesmas dan para Camat sebagai perpanjangan tangan di setiap Kecamatan untuk memantau orang – orang yang masuk dalam daftar ODP, ujarnya.

“Data yang telah kita terima terkait Orang Dalam Pemantauan (ODP), akan kita serahkan di Puskesmas masing – masing sesuai alamat ODP tersebut, untuk terus dipantau kondisi ODP setiap harinya selama 14 (empat belas) hari. Sesudah itu, bebas untuk berbaur dengan masyarakat lainnya, jelas Henny Duha.

“Sampai hari ini, Kabupaten Nias Selatan masih zero Covid – 19. Dan mudah – mudahan hingga kedepan nilainya, zero juga”, harap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan, dr. Henny Kurniawan Duha.

Dalam melakukan pemantauan selama 14 hari itu, ODP tersebut dapat diketahui apakah memiliki gejala buruk/ringan. Apabila ODP itu semakin buruk, pihaknya langsung merujuk ke Rumah sakit rujukan, yakni RSUD Gunungsitoli untuk ditangani lebih serius lagi, pungkasnya.

Terkait peralatan medis yang akan digunakan dalam penanganan Covid – 19 ini, seperti : APD, Repitest, telah dipesan, dan mudah – mudahan Minggu depan sudah bisa dipergunakan, harapnya.

Dia mengatakan bahwa Untuk melakukan skrining bagi orang-orang yang sedang dipantau itu, mempergunakan alat – alat seperti : Termometer gan, karena tidak bersentuhan dengan orangnya langsung. Sementara yang di pakai di setiap Puskesmas, harus memakai alat dengan inisiatif sendiri, karena keterbatasan APD belum ada.

Dengan memakai alat seperti : jas hujan sebagai alat pelindung diri, masker, henskun dan disinfektan sebelum melakukan skrining kepada Orang Dalam Pemantauan (ODP) tersebut, Cetusnya.

Yang menjadi kendala di lapangan yang dialami saat melakukan pemantauan, orang-orang yang akan dipantau memberikan alamat dan nomor HP palsu, sehingga sulit untuk ditemui/dihubungi. Sementara untuk tenaga medis masih mencukupi, jelas dr. Henny Kurniawan Duha. (Sabar Duha)

Artikel ini telah dibaca 349 kali

loading...
Baca Lainnya

Kapolresta Tangerang Bina Komunitas Jadi Pelopor Pelaksanaan Protokol Kesehatan

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi membina komunitas masyarakat untuk menjadi...

22 September 2020, 14:36 WIB

Rencana Aksi Unras Dibatalkan, Polsek Balaraja Gelar Apel Konsolidasi

TANGERANG – Jajaran Polsek Balaraja Polresta Tangerang Polda Banten menggelar apel konsolidasi pengamanan penyampaian pendapat...

22 September 2020, 14:31 WIB

Polsek Tigaraksa Semprot Disinfektan dan Bagi Ratusan Masker ke Ponpes Al Falah

TANGERANG – Guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, jajaran Polsek Tigaraksa Polresta Tangerang...

22 September 2020, 14:26 WIB

Cegah Covid-19, Personel Polresta Tangerang Diberi Extra Fooding

TANGERANG – Berbagai upaya dilakukan oleh jajaran Polresta Tangerang Polda Banten dalam menjaga stamina para...

22 September 2020, 13:50 WIB

Kurang Dari 24 Jam Polsek Bukit Batu Ungkap Identitas Mayat Mr X

Palangka Raya – Kepolisian Sektor Bukit Batu berhasil mengungkap identitas mayat Mr. X yang ditemukan...

22 September 2020, 00:31 WIB

Sertifikat Ganda ! BPD Bali Bantah Serobot Tanah Tapi Tidak Tahu Muasal

Denpasar – Sebidang tanah luas 3,85 are di Jalan Gadung, Desa Dangin Puri Kangin, Kec....

Kepala Divisi Umum dan Kesekretariatan BPD Bali, IB Gede Ary Wijaya Guntur.

21 September 2020, 21:05 WIB

loading...