Jumat, 3 April 2020 - 17:03 WIB

13 Warga Binaan LP Kelas III T. Dlm Asimilasi Dirumah

Nias Selatan, Deliknews.com – Berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2020 tentang Asimilasi di rumah, 13 (tiga belas) Nara Pidana warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan, mendapat asimilasi di rumah.

Hal ini disampaikan oleh Kepala UPT Lembaga Permasyarakatan Kelas III Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan, Yamansudi Harefa, SH didampingi oleh Kasubsi Admisi dan Orientasi, Jefri Erisman Harefa saat ditemui awak media ini, Jum’at (03/04/2020) di ruang kerjanya.

Adapun yang mendapat asimilasi yang telah menjalani setengah dari masa hukuman dan 2/3 per tanggal : 31 Desember 2020 dan tanpa hukuman denda, yakni : Pada tanggal : 1 April 2020 sebanyak 9 (sembilan) orang, masing – masing : Anuari Gowasa, Armia Duha, Eki Warsita, Fasawa’a Giawa, Teorifi Laoli, Elisama Waoma, Jonifirius Laia, Abdinius Bu’ulolo dan Suara hati Ndruru.

Selanjutnya, pada tanggal : 2 April 2020 sebanyak 3 (tiga) orang, masing – masing : Toni Agustinus Waruwu, Aminullah Siregar dan Asrin Nasution. Kemudian pada tanggal : 3 April 2020/ ini hari 1 (satu) orang, yakni : Febri Hayanti Buaya Bin Waosokhi Buaya.

Yamansudi Harefa mengatakan bahwa, Napi yang mendapat asimilasi rumah itu, napi yang sudah menjalani setengah dari hukumannya, dan 2/3 maksimal sampai tanggal : 31 Desember 2020. Sementara napi kasus narkoba dengan hukuman dibawah 5 tahun dan tidak mempunyai denda.

Dia menambahkan bahwa Nara Pidana yang mendapat asimilasi rumah itu, wajib menandatangani pernyataan sebagai berikut, pertama : selama nenjalani asimilasi dirumah, tidak akan bepergian keluar rumah selama menjalankan asimilasi. Kedua : Menyesali dan menyadari sepenuhnya perbuatan yang per ah dilakukan dan berjanji tidak akan mengulangi lagi perbuatan yang melanggar hukum.

Terkait pengawasan para Napi yang sedang menjalankan asimilasi dirumah itu, Yamansudi Harefa mengatakan bahwa, sesuai Permenkum Ham RI, asimilasi dirumah di awasi oleh Balai Pemasyarakatan (Bapas) yang berdomisili di Kota Sibolga dan juga di awasi Kejaksaan Negeri setempat. Sementara Surat Keputusan ditandangani langsung oleh KUPT, jelasnya.

Sementara, Jumlah penghuni lembaga pemasyarakatan kelas IIII Telukdalam Kabupaten Nias Selatan, sebelum asimilasi dirumah, berjumlah 65 orang, yang terdiri dari : warga binaan 45 (empat puluh lima) orang dan 20 (dua puluh) orang titipan Kejaksaan dan Pengadilan.

Dan setelah asimilasi di rumah, Sisa penghuni Lapas Teluk Dalam sebanyak 52 orang, yang terdiri dari : 32 orang warga binaan/yang sedang menjalani hukumannya, dan 20 orang tahanan titipan Kejaksaan dan Pengadilan, urai Yamansudi Harefa. (Sabar Duha)

Artikel ini telah dibaca 515 kali

Baca Lainnya

Kapolres Barito Timur Lakukan Pengecekan Posko PPKM Skala Mikro

Barito Timur, Kalteng, deliknews – Guna menekan penyebaran dan penularan di masa pandemi Covid-19, Kapolres...

26 Februari 2021, 14:03 WIB

Hasil Rapat, Kades Umanen Lawalu Membagikan Pupuk Bersubsidi ke Petani Sesuai RDKK

Malaka, NTT, deliknews – Kades Umanen Lawalu mengadakan rapat membahas pupuk bersubsidi dengan warga desa...

26 Februari 2021, 13:57 WIB

Soal Dugaan Prostitusi, Kapolresta Padang Bantah Adanya Laporan Hotel Ibis

Padang, – Kapolresta Padang, Kombes Pol Imran Amir mengatakan bahwa pihaknya belum ada menerima laporan...

26 Februari 2021, 07:39 WIB

Berhasil Ungkap Kasus dan Berkinerja Baik, 25 Personel Polresta Tangerang Diberi Penghargaan

TANGERANG – Sebanyak 25 personel Polresta Tangerang diberi penghargaan atas keberhasilan mengungkap kasus dan memiliki...

24 Februari 2021, 23:10 WIB

Dedikasi dan Loyalitas Yanmas, Polresta Tangerang Raih Penghargaan Trust Award

TANGERANG – Polresta Tangerang Polda Banten menyabet penghargaan Trust Award dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian...

24 Februari 2021, 23:03 WIB

Sukseskan PPKM untuk Tekan Angka Covid-19, Polresta Tangerang Lakukan Ini

TANGERANG – Jajaran Polresta Tangerang Polda Banten kembali melaksanakan kegiatan pembagian masker dan Operasi Yustisi,...

24 Februari 2021, 22:56 WIB

loading...