Senin, 20 April 2020 - 21:51 WIB

Forkopimda Nisel Tinjau Sejumlah Lahan Pertanian

Nias Selatan, Deliknwes.com – Untuk memenuhi ketersediaan pangan ditengah pandemi covid-19, Unsur Forkopimda Nias Selatan meninjau sejumlah lahan kosong untuk ditanami tanaman produksi dan produktif, di Desa Sondegeasi Kecamatan Luahagundre Maniamolo dan Desa Faomasi Hilisimaetano Kecamatan Maniamolo, Senin (20/04/2020).

Turut hadir : Dr. Bupati Hilarius Duha, SH., MH, Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, SE., M.Tr.Hanla, Kapolres Nisel, AKBP I Gede Nakti Widhiarta, S.I.K, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Gayus Duha.

Kepala Dinas Pertanian Ir. Norododo Sarumaha, MM, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ermanjaya Buulolo, S.ST, Camat Luahagundre Maniamolo Rosmanis Zagoto beserta staf, camat Maniamolo, Riang Hati Way, S.Pd, mewakili Danramil 12/Telukdalam, Kepala Desa Faomasi Hilisimaetano, Hosnan Dakhi dan sejumlah rombongan lainnya.

Diselah peninjauan lahan kosong tersebut, Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, SH., MH kepada wartawan mengatakan bahqa, kegiatan hari ini meninjau lahan kosong yang akan ditanami sejumlah tanaman pangan sebagai salah satu untuk mengantisipasi kekurangan ketersediaan bahan pangan ditengah pandemi covid-19.

“Antisipasi ketersediaan bahan pokok ini juga merupakan instruksi dari pemerintah pusat ke kita untuk ketersediaan bahan pangan selama pandemi berlangsung di setiap daerah. Tanaman itu, yakni tanaman yang cepat produktif dan produksi dan mungkin juga sebagai pengganti beras,” ujar Hilarius Duha.

Dia menyampaikan bahwa, Ada sekitar 13 hektar lahan kosong yang akan kita manfaatkan untuk mengantisipasi ketersediaan bahan pangan tersebut selama 3 bulan ke depan, dan akan ditanami sejumlah tanaman bahan pokok, seperti : jagung, singkong dan cabe, tukasnya.

Pemanfaatan lahan kosong itu juga sebagai salah satu upaya pihak unsur Forkopimda Nisel untuk memotivasi masyarakat lain agar dapat memanfaatkan lahan-lahan kosong untuk penanaman tanaman yang cepat berproduksi dan produktif.

“Bisa juga dengan menggunakan dana desa. Artinya para Kepala Desa bisa mengalokasikan dana desa untuk memanfaatkan lahan kosong untuk penanaman bahan pangan selain mengalokasikan anggaran untuk bantuan sosial dalam membantu warganya terdampak Corona,” tuturnya.

Danlanal Nias, Kolonel Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, SE., M.Tr.Hanla menambahkan bahwa kegiatan pemanfaatan lahan kosong tersebut merupakan langkah untuk menghidupkan lahan kosong menjadi lahan produktif dengan merangkul semua stakholder, mulai dari desa hingga ke pemerintah daerah.

“Artinya, bagaimana kita mengantisipasi ketersediaan pangan terkait pandemi Covid ini ke depan. Dan ini juga merupakan wujud sinergitas Polri/TNI dan Pemerintah Daerah dalam memanfaatkan lahan kosong untuk ketahanan pangan,” cetus Jan Lucky.(Sabar Duha)

Artikel ini telah dibaca 1052 kali

loading...
Baca Lainnya

Jumlah Pasien Covid-19 Meningkat, Kapolres Kembali Tinjau Kesiapan RSUDMAK

Gayo Lues-Menindak lanjuti Instruksi Kapolda Aceh untuk melihat kondisi  RS dalam penanganan Pasien Covid-19 dan...

28 September 2020, 23:07 WIB

Kapolresta Tangerang Bagikan 1000 Madu untuk Anggota Polres dan Polsek Jajaran

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi membagikan 1000 botol madu kepada...

28 September 2020, 21:23 WIB

Diduga Manipulasi Anggaran Mamin, Program 1000 hafizd Gayo Lues Terancam Gagal

Jakarta – mencuatnya dugaan manipulasi anggaran untuk makan minum 1000 santri kabupaten Gayo Lues selama...

28 September 2020, 20:54 WIB

Sertifikat Ganda Lahan Diklaim BPD Bali, Ini Penjelasan BPN Denpasar

Denpasar – Sengketa lahan sertifikat ganda yang berbuntut penguasaan lahan seluas 3,85 are dilakukan Bank...

Ruang Penyimpanan Warkah BPN Denpasar.

28 September 2020, 20:24 WIB

Operasi Yustisi, Puluhan Masyarakat Tidak Bermasker Disanksi Polsek Balaraja

TANGERANG – Upaya pendisiplinan masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan terkait COVID-19 gencar dilakukan jajaran Polsek...

27 September 2020, 20:33 WIB

Cerita Polsek Balaraja Sanksi 33 Pengendara Tidak Kenakan Masker

TANGERANG – Jajaran Polsek Balaraja Polres Kota Tangerang Polda Banten gencar melaksanakan kegiatan pendisiplinan masyarakat...

27 September 2020, 20:28 WIB

loading...