Senin, 20 April 2020 - 20:04 WIB

Media KataIndonesia Ajak Masyarakat dan Warganet Lawan Hoax dan Dukung Pemerintah Menangani Wabah Pandemi Covid-19

Kalangan Warganet dan Insan media KataIndonesia mengajak komponen masyarakat dan kalangan pegiat media sosial untuk melawan hoax dan menangkal virus Corona dengan aksi posting konten narasi postif melalui ajakan menerapkan pola hidup sehat dan jaga jarak serta dukung upaya pemerintah tangani wabah Covid-19.

Kegiatan yang dilakukan yaitu dengan memberikan literasi agar meningkatkan kesadaran masyarakat luas untuk tidak menebar hoax dan informasi yang tidak benar yang dapat menghambat upaya pemerintah dalam menangani penyebaran virus corona.

Kampanye literasi online tersebut memanfaatkan sarana sosial media dan media online yang dimulai sejak bulan April.

Kegiatan kampanye online yang dikemas dalam aksi kreatif dengan memproduksi meme/infografis dan video kreatif serta berbagai narasi tulisan artikel sebagai bentuk dukungan kalangan media dan warganet terhadap berbagai upaya pemerintah dalam menangkal penyebaran Virus Corona dengan salah satunya mengajak pola hidup sehat dan menerapkan psychal distancing. serta mematuhi aturan yang dikeluarkan pemerintah.

“Diharapkan Warganet tidak mudah dirasuki konten disinformasi alias hoax terkait wabah Covid-19 serta terus melakukan aksi posting konten positif di media sosial yang menumbuhkan optimisme masyarakat guna menghadapi wabah virus Corona,” kata Pemimpin Redaksi Kata Indonesia Hafyz Marshal dalam rilisnya, (19/4/2020).

Hafyz mengatakan bahwa Warganet dan kalangan media harus berkontribusi mendukung upaya pemerintah yang sedang bekerja keras menangani penyebaran virus Corona guna tetap menjaga situasi kondusif di masyarakat.

“Warganet dan media harus berkolaborasi dan optimal mempublikasikan secara luas konten-konten narasi posistif di lini media publik guna menangkal hoax dan propaganda negatif yang menghambat suksesnya berbagai upaya dalam penanganan penyebaran virus corona,” ujar Hafyz.

Hafyz menejlaskan, Media Kata Indonesia merupakan sebuah media online yang memiliki komitmen dan konsistensi memerangi hoax dan terus memproduksi konten berita yang menumbuhkan optimis masyarakat.

Dalam kampanye aksi ini insan media Kata Indonesia bersama Warganet juga mendeklarasikan secara online seruan Warganet Lawan Hoax dan Tangkal Virus Corona, yang isinya yaitu:

Pertama, Siap menjaga Persatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila Dan Undang – Undang Dasar 1945.

Kedua, Siap berkontribusi melakukan aksi kreatif dan posting konten positif guna mendukung pemerintah menangani kasus penyebaran virus Covid19 serta gerakan literasi, edukasi dan kampanye ajakan kepada masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat serta melsksanakan himbauan pemerintah demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Ketiga, Siap melawan hoax dan informasi sesat terkait Penyebaran virus Covid-19 di media publik demi menjaga Kondusivitas di masyarakat serta suksesnya penanganan penyebaran virus Covid19.

Keempat, Siap bekerjasama meningkatkan kolaborasi dan gotong royong semua elemen masyarakat khususnya pengguna media sosial guna mengajak agar berkontribusi dalam mensukseskan upaya penanganan penyebaran virus Covid19 guna percepatan dan suksesnya penanganan penyebaran virus Covid19.

Jakarta 19 April 2020.
Tertanda,
Warganet bersama Insan Media Kata Indonesia.

Artikel ini telah dibaca 957 kali

loading...
Baca Lainnya

Mengutuk Kekejaman KKSB Papua

Oleh : Sabby Kossay Kelompok kriminal separatis bersenjata adalah kumpulan pemberontak yang terus meneror masyarakat...

21 September 2020, 20:53 WIB

Omnibus Law Cipta Kerja Bangkitkan Perekonomian Bangsa

Oleh : Alfisyah Dianasari Pembahasan RUU Cipta Kerja terus dipercepat. Publik pun meyakini bahwa Omnibus...

21 September 2020, 19:53 WIB

Otsus Jilid 2 Dorong Kemajuan Milenial Papua

Oleh : Sabby Kossay Otonomi khusus jilid 2 didukung penuh oleh mahasiswa dan pemuda Papua,...

21 September 2020, 14:28 WIB

RUU Cipta Kerja Jadi Penyelamat Ekonomi

Oleh : Edi Jatmiko Pandemi covid-19 menghantam perekonomian dunia, termasuk Indonesia. Agar tak terjadi krisis,...

21 September 2020, 00:51 WIB

Bahaya Covid-19 masih Mengintai, Perketat Protokol Kesehatan

Oleh : Reza Pahlevi Pandemi Covid-19 belum berakhir meski sebelumnya Indonesia sempat mengalami pelandaian kasus....

21 September 2020, 00:37 WIB

Ikatan Keluarga Santri Depok (IKSD) Salurkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran di Depok 1

Enam rumah permanen terbakar di Jalan Jambu VII, Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, pada...

20 September 2020, 18:48 WIB

loading...