Senin, 27 April 2020 - 15:26 WIB

Tiga Cara Menjadi Generasi Qurani

Padang, – Generasi Qurani adalah generasi yang menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup bagi mereka, meyakini kebenaran isi Al-Qur’an, membaca, menghafal dan memahami dengan baik dan benar makna yang terkadung dalam Al-Qur’an serta mengamalkan seluruh isinya dalam aspek kehidupan mereka.

Hal itu disampaikan Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharaullah sewaktu mengawali Tadarus Al-Qur’an via Aplikasi ‘Zoom’ bersama pelajar SMPN 26 Padang, yang disiarkan langsung oleh PadangTV, Senin (27/4/20) malam.

Wali Kota Padang Mahyeldi menjelaskan, dalam Qs. Al- Baqarah ayat 185, dikatakan bahwa pada bulan ramadhan didalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan penjelasan mengenai petunjuk itu dan sebagai pembeda (antara yang benar dan batil). Sebagaimana diketahui bahwa manusia memiliki, hati, akal dan fisik. Maka, jika ingin menjadi generasi Qurani ketiga komponen ini harus diisi dengan bacaan ayat suci Al-Qur’an.

Pertama, kata Buya Mahyeldi, hati. Jika ingin menjadi generasi Qurani, maka para generasi muda harus selalu menjadikan Al-Qur’an sebagai hiasan hati dan makanan bagi hati mereka.

“Makanan dari pada hati itulah adalah zikir. Salah satu dari bentuk zikir itu adalah Al-Qur’an (Ad-Dzikru). Maka oleh sebab itu jika ingin menjadi generasi Qurani, yang ruhnya kuat, yang kalbunya kuat, maka dekatkan hati dengan Al-Qur’an, apalagi pada bulan suci ramadhan ini,” ujar Wako.

Kedua, akal, seorang generasi Qurani harus menjadikan Al-Qur’an sebagai pembimbing akal fikirannya. Mereka yang senantiasa ingat kepada Allah, akalnya akan dibimbing Allah kepada kebaikan. Jika fikiran sudah dibimbing Allah maka fikiranya akan lurus, akalnya akan mengagungkan dan membesarkan Allah Swt.

“Itu makanya, orang-orang yang berilmu, makin tinggi ilmunya, semakin mantap keimanannya karena dibimbing oleh akal yang lurus tadi,” ungkapnya.

Ketiga, fisik. Generasi qurani adalah generasi islam yang menjadikan aktivitas fisiknya dibawah bimbingan Al-Qur’an. Amalan-amalannya adalah amalan kebaikan, dari lisan dan lidah keluar kalimat-kalimat yang baik dan kemudian dari seluruh anggota tubuhnya diarahkan untuk kebaikan-kebaikan.

“Kakinya melangkah kepada kebaikan, tangannya digunakan untuk menolong orang-orang dan seluruh ucapan dan tindakannya dilaksanakan dan diarahkan untuk kebaikan,” imbuhnya.

Maka oleh sebab itu, jika ingin generasi muda Kota Padang, terutama dari SMPN 26 Padang, jika ingin menjadi generasi yang Qurani. Maka ketiga hal ini harus ditanamkan sejak dini.

“Untuk itu kepada anak-anak kami semua, terus dan teruslah membaca Al-Qur’an, agar hati kita tenang, fikiran kita jernih serta fisik kita akan diarahkan Allah kepada kebaikan,” tukuknya mengakhiri.

Tadarus Quran kali ini diikuti oleh Kepada Dinas Pendidikan Kota Padang Habibul Fuadi, Kepala Sekolah SMPN 26 Padang dan beberapa perwakilan palajar dari SMPN 26 Padang Reflijon. Selama bulan suci Ramadhan 1441H, Tadarus Alquran akan diikuti oleh pelajar di tingkat SD/Min,SMP/MTSN, SMA/MAN se Kota Padang secara bergilir yang disiarkan langsung oleh PadangTV.

Sumber: Humas Kota Padang

Artikel ini telah dibaca 26 kali

loading...
Baca Lainnya

Pernah Jadi Danki Brimob Galus, Ini Sosok Kapolres Carlie

Gayo Lues-Pergantian Kepemimpinan ditubuh Polri merupakan hal yang biasa, dalam menunjang pelaksanaan tugas serta mengayomi...

9 Juli 2020, 16:45 WIB

BaraJP Gayo Lues Minta Dugaan Korupsi DSI dan Dugaan Kasus lainnya yang Ditangani Tipikor Polres Galus Dituntaskan

Deliknews-(Gayo Lues)-Ketua Barisan Relawan Jokowi Presiden(BaraJP) Norman Sembiring meminta semua kasus dugaan korupsi yang dilidik...

9 Juli 2020, 16:14 WIB

Dua Pesantren Jadi Sasaran Penyemprotan Disenfiktan

Satbrimob Polda Aceh, Kamis(09/07/2020) Kompi 4 Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Aceh yang dipimpin oleh...

9 Juli 2020, 16:04 WIB

6.961 Personel Polda Sumbar Siap Amankan Pilkada Serentak

Padang, – Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid humas) Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto,...

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto

8 Juli 2020, 22:11 WIB

Aksi Cepat Polsek Sikakap Tangkap Pelaku Pencabulan

Kepulauan Mentawai, – Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, SH sepertinya benar – benar membuktikan apa...

8 Juli 2020, 07:10 WIB

Warga Pasaman Temukan Peluru Meriam Diduga Sisa Perang Paderi

Pasaman, – Warga Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman menemukan Peluru Meriam diduga sisa-sisa Perang Paderi yang...

 Penemuan Peluru Meriam diduga peninggalan pahlawan nasional Tuanku Imam Bonjol, pada Perang Paderi melawan Penjajah Belanda, pada 1803-1838, Selasa (07/7/20).

7 Juli 2020, 23:30 WIB

loading...